Peluncuran Buku BRANDMATE: Mengubah Just Friends Menjadi Soulmates

17 Februari 2012. Ada kabar baik lagi nih.. khususnya buat para penikmat buku-buku yang inspiratif dan berbobot. Sebuah buku unik yang berjudul “Brandmates: Mengubah Just Friends menjadi Soulmates” telah diluncurkan pada hari Kamis kemarin (16/2) di Kafe Pisa Jl. Mahakam Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Keunikan dari buku ini dikarenakan Amalia E. Maulana, Ph.D sang penulis buku tersebut menggunakan cara-cara analogi pertemanan untuk mengupas secara tuntas konsep branding sebuah perusahaan.

Seperti diketahui saat ini banyak sekali perusahaan besar yang salah kaprah mengenai branding atau mengangkat brand image. Kebanyakan dari perusahaan tersebut cenderung melakukan tugas-tugas mengangkat brand perusahaannya hanya melalui seorang Brand Manager atau melalui divisi Marcomm (Marketing Communication). Banyak pula diantaranya yang berpikir bahwa brandnya bisa terangkat cukup dengan membuat logo, mengadakan pameran, atau memasang iklan saja.

Nah,, dalam buku ini penulis berusaha mengubah wawasan serta mengajak para pembuat keputusan untuk lebih memahami konsumen, serta tips-tips bagaimana membuat menciptakan konsumen yang dekat dengan brand, layaknya seorang sahabat sejati (konsumen loyal).

“Menciptakan konsumen yang dekat dengan brand, tidak mudah. Semua itu harus direncanakan dan diusahakan oleh pemilik merek,” kata Amalia sang penulis buku Brandmates: Mengubah Just Friends menjadi Soulmates. Buku ini menjelaskan proses branding yaitu bagaimana tahapan proses konversi dari teman biasa (konsumen pemula) menjadi sahabat (konsumen loyal).

Selain itu penulis juga mengajak bagaimana perusahaan untuk memikirkan INTERNAL BRANDING. Pemahaman perspektif di dalam organisasi tentang cita-cita brand seringkali diabaikan. Konfik internal dibiarkan saja. Padahal tanpa kekompakan dalam perusahaan, mustahil perusahaan bisa menciptakan “enjoyable customer experience’.

Disinilah akar permasalahan PEMBOROSAN INVESTASI pemasaran perusahaan. Pengambil keputusannya tidak memahami filosofi dasar branding. STRATEGI BRANDING tidak tepat. Pemborosan yang tak terlihat di mata karena MarCom tidak efisien dan tidak efektif. Kegiatan MarCom menjadi arena GAMBLING saja.

Ketika ditanyai mengenai ide menulis buku ini Amalia menjelaskan bahwa awalnya ini lahir dari pengalamannya sebagai seorang Brand Consultant. Dimana dalam kesehariannya, penulis menemui banyak pengambil keputusan di perusahaan yang belum memahami prinsip branding.

“Tanpa riset yang mendalam, termasuk dengan studi etnografi, maka perusahaan akan terus berada pada situasi gambling dalam spending uang perusahaan melalui badget marcom-nya,” tambah Amalia pada talkshow bukunya yang dimoderatori oleh Andy F. Noya.

Jadi intinya tugas branding sebuah perusahaan, adalah tugas yang harus dilaksanakan semua jajaran, mulai dari Office Boy hingga Direksi.

ETNOMARK Consulting, penyelenggara acara ini juga mengundang Andy F. Noya, Pembicara Tamu dari Samsung Electronics Indonesia, untuk berbagi tentang pengalaman dan perjalanan brand Samsung. Sebagai brand yang telah terbukti mampu mengkonversi kedudukannya di hati konsumen dari sekedar teman biasa menjadi teman sejati – Samsung sudah menjadi brand yang kuat dan dicari konsumen di pasar.

Tentang Penulis

Amalia E. Maulana, Ph.D. adalah seorang Brand Consultant & Ethnographer. Mengkombinasi pemahaman strategic brand management dengan studi etnografi untuk memecahkan persoalan bisnis.

Dikenal sebagai pionir di bidang etnografi pemasaran di Indonesia. Bukunya “Consumer Insights via Ethnography” (2009), telah banyak berguna bagi perusahaan dan menginspirasi student di sekolah bisnis. Pendiri dan Director dari ETNOMARK Consulting, perusahaan konsultan branding yang menangani brand audit dan knowledge building di berbagai perusahaan.

Memperoleh gelar Ph.D. dari School of Marketing, University of New South Wales, Sydney, Australia mendukung sisi akademik pemahamannya tentang konsep branding. Pengalaman yang panjang sebagai praktisi pemasaran dan branding dari berbagai perusahaan multinasional, membuatnya menjadi seorang well-trained Ph.D. yang mengerti kompleksitas dunia bisnis dan penerapan konsep branding secara lebih membumi.Info

Penjualan Buku

Buku ‘BRANDMATE: Mengubah Just Friends menjadi Soulmates’ ini bisa dibeli dengan memesan ke info@etnomark.com. Harga normal Rp 75,000 dan selama 1 bulan masa peluncuran ini harga khusus Rp 60,000 – sudah termasuk ongkos kirim untuk wilayah DKI.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply