The 1st Anniversary Blog www.stephenlangitan.com

Anniversary 1st Year copyJakarta, 29 Juni 2009. Nggak terasa kalau blog ini memasuki usia satu tahun. The 1st Anniversary! Jadi ingat waktu bulan Juni tahun 2008 yang lalu, penulis duduk di meja komputer dirumah mulai masuk kedunia blogger, tapi lucunya waktu itu sambil nonton TV kejuaraan Tennis Wimbledon. Artinya kala itu tidak terlalu serius, alias masih setengah hati.

Rupanya kejadian di tahun 2008 yang lalu, terulang lagi di tahun 2009, ketika lagi asyik ketik-mengetik menyusun dan merapikan beberapa artikel, layar TV di rumah tetap menyajikan pertandingan Tennis Wimbledon yang memang sedap untuk  ditonton. Ya, memang Wimbledon selalu digelar tiap tahun dibulan Juni/Juli. Padahal isi blog ini bukan tentang hobi tennis, melainkan dibidang otomotif.

Sebenarnya blog ini www.stephenlangitan.com mulai di perkenalkan ke publik sekitar pertengahan Juni 2008, namun akhirnya pemilik blog ini, yaitu saya sendiri memberanikan diri untuk memberikan pengumuman resmi kalau tanggal 1 Juli 2008 blog telah dibuka untuk umum.

Sosialiasasi pada awalnya dimulai dari milis dan forum komunitas HTML antara lain melalui milis Honda-Tiger@yahoogroups.com dan website www.Honda-Tiger.or.id

Harus diakui bahwa pengalaman bersama komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) adalah awal dari semuanya, karena komunitas ini memiliki milis dan forum website dengan jumlah  anggota yang sudah ribuan. Demikian pula seluruh rangkaian pengalaman touring, dan Safety Riding dimulai dari perkenalan saya bersama komunitas HTML yang sudah digeluti sejak akhir tahun 2004.

Apa sih alasan menulis blog ini?

Meskipun yang punya blog ini masih sebagai seorang “pegawai biasa” di sebuah perusahaan swasta, tapi setidaknya penulis blog ini punya alasan khusus dan sederhana dalam menyalurkan hobi.

Hal ini sebagaimana sudah dijelaskan pada Kata Pembuka, yaitu ditulis sbb:

Awal keinginan menulis di weblog karena ada banyak catatan dan hasil foto digital yang tersimpan bisu, dan setidaknya ia juga bisa berbicara atau diwujudkan dalam suatu kumpulan artikel yang menarik.

Beberapa aktifitas yang terekam segera ditampilkan di weblog ini. Antara lain ketika melakukan perjalanan, ketika hadir ke sebuah event, ketika melakukan pengamatan langsung, merekam obrolan, dan bahkan ketika harus serius meliput sebuah berita, sekaligus wawancara dengan nara sumber.

Semua informasi ditata sedemikian rupa, dan pada akhirnya muncul beberapa artikel ringkas, sekaligus menyajikan foto-foto sebanyak mungkin yang enak dilihat.


Namun dalam perkembangannya, ternyata ada banyak permintaan dari para pembaca ataupun pengunjung blog ini yang notabene adalah bikers untuk membawa blog ini sebagai media informasi tentang otomotif, khususnya dibidang roda-dua.

Pokoknya apa saja yang bisa ditulis tentang roda-dua!

Satu persatu artikel mulai dimuat dan penulis blogg inipun harus lebih kreatif dengan mencari sumber-sumber artikel dari berbagai nara sumber dengan cara interview, perkunjungan, peliputan, serta menghadiri undangan-undangan otomotif. Tak itu saja, fotografi dan foto-foto yang disajikan adalah syarat mutlak dari blog ini untuk menyampaikan artikel dengan fakta, mapun hal-hal yang lebih aktual.

Apa yang sudah didapat stelah berjalan satu tahun?

Banyak sekali!

Hal ini tak dapat dijelaskan satu persatu. Tapi tak dipungkiri, jika kemudian makin bertambah daftar teman, tambah lagi relasi, berkenalan dengan klub & komunitas motor/mobil, juga berkenalan dengan pabrikan, berkenalan dengan para pengusaha otomotif, berkenalan dengan wartawan otomotif, berkenalan dengan sesama bloggers, hingga photografers dan model foto, bahkan berkenalan dengan top selebriti juga ada.

Wah.. pokoknya banyak deh!

Singkat kata jadi seorang blogger aktif bakalan mendapat banyak kenalan baru,  yang paling banyak adalah kenalan baru dari para pembaca atau pengunjung blog itu sendiri, meskipun sebatas online!

Menyadari penting-nya networking, maka kartu nama ID penulis atau ID Blogger kemudian dicetak dan dibagikan kepada setiap pertemuan dengan kenalan baru. Hal ini perlu untuk menyakinkan para penerima kartu nama tersebut, bahwa penulis blog www.stephenlangitan.com adalah seorang “Independent Blogger” yang punya indentas jelas dan karya tulisnya dapat dipertanggungjawabkan.

Apa efeknya?

Yang namanya opportunity yang bisa memberikan berkah dan keuntungan (mutual benefits) jangan pernah ditepis.

Syukur-syukur jika ada perusahaan, pabrikan, maupun pengusaha yang melirik dan mau memperhitungkan blog ini.

Hal ini tidak saja untuk waktu sekarang, tapi juga untuk masa depan.

STATISTIK BLOG

Memasuki bulan ke-12 jumlah total pengunjung blog berjumlah 280,000-an viewers. Untuk bulan Juni 2009 tercatat ada 52,00-an pengunjung. Untuk jumlah viewers per hari-nya, belakangan ini berada dilevel 1,500-an s/d 2,000-an  user.

Tapi harap maklum, angka ini sebenarnya masih sangat jauh atau belum seberapa jika dibandingkan dengan “blogger otomotif” yang sudah kawakan dan konon jumlah pengunjung per harinya sudah tembus diatas angka 5,000.

Sebagai fakta, pergerakan pertumbuhan pengunjung blog yang  sedang anda baca ini, tepatnya untuk 12 bulan pertama, diagram statistiknya bisa terbaca dengan kata “slow but sure“, yaitu sebagai berikut:

Stats June 2009 copy

Info data blog www.stephenlangitan.com hingga 29 Juni 2009:

Jumlah Artikel: 254
Jumlah Komentar: 3,455
Jumlah Kategori: 43
Jumlah Tags: 1,330

Harapannya?

Semoga blog ini masih tetap eksis dan mampu menyajikan artikel-artikel yang “lebih informatif” dan berguna bagi kalangan masyarakat luas, maupun bagi industri otomotif khususnya di tanah air Indonesia.

Sejalan dengan pameran IIMS 2009 (Indonesian International Motor Show 2009), yaitu sebagai ajang pameran otomotif mobil dan motor antara GAIKINDO & AISI pada tanggal 24 Juli 2009, maka kemungkinan besar blog ini akan “menyinggung” beberapa tulisan atau artikel dibidang otomotif roda-empat. Harap maklum. :-)

Thanks To All

Dua kata. Terima Kasih!

Kalimat pendek ini ditujukan khusus kepada semua pembaca, pengunjung, pengusaha dan para industri yang sudah terlibat didalam pertumbuhan blog ini.

Yang juga secara khusus dicucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah memberikan komentar, memberikan saran, maupun pertanyaan, semoga saja semua bisa terjawab dengan baik. Namun mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada komentar yang belum terjawab, hal itu terjadi tidak lain karena masalah waktu (SL).

22 thoughts on “The 1st Anniversary Blog www.stephenlangitan.com

  1. Selamat ulang tahun Bro!
    Usia setahun, kalau anak kecil, lagi belajar jalan.
    Tapi bagi Bro Stephen ini malah sudah ngikut lari sprint……hehehehe

  2. Selamat ulang tahun ya Om…
    moga2 tetap eksis dan menyajikan tulisan yang menarik dan bermanfaat buat pembacanya……:thumbsup:

  3. @stephen
    wah,gak beda jauh sama saya bro statistiknya..
    cuman ente konsisten sejak awal berdiri.kalo saya mah pas pertama masih utak atik dulu,nyambi di blog lain karena konsen dan waktu saya yang terbatas, akhirnya fokus ke blog sendiri.cuman ya itu,konsisten emang susyah. malah sempat vakum satu bulan lebih,he3x..

    keep writing brother..

  4. Happy Anniversary bro Stephen untuk the great blognya, keep the good article ^^

    Two Thumbs Up!!!!

  5. Selamat buat Bro Stephen!!! Two Thumbs Up… Baru Setahun sudah banyak yang menjadikan Blog ini santapan sehari-hari.. Ini adalah cerminan dari orang yang bekerja dengan hati… Jaga kejujuran dan idealisme niscaya bertambah besar penggemar berita-beritamu..BRAVO

  6. SELAMAT !!!!! Untuk OmBro Stephen….. artikel yg banyak informasinya….. semoga terus berkarya dan berjaya…Hidup Blogger!!!…..

  7. Selamat Pak Stephen !!

  8. Selamat ulang tahun pak, jangan bosen2 yah ngasih infonya :D

  9. Selamat ulang tahun http://www.stephenlangitan.com, semoga semakin eksis dan makin informatif, terimakasih dari saya, karena telah banyak memberikan inspirasi dan pembelajaran dari tulisan-tulisan Bro Stephen, semoga suatu saat kita bisa bekerjasama dalam memajukan “dunia perbloggeran” di Indonesia, saya-pun hari ini masih belajar untuk konsisten, semoga suaru hari nanti saya bisa bergabung dengan KoBOI…………..salam sukses selalu Bro…!!!

  10. Selamat Ultah Blognya mas Stephen, mudah2an sukses terus. Rgds, EP

  11. Terima kasih ya bro & sis.. atas atensinya dan memberikan ucapan selamat untuk The 1st Anniversary Blog ini.

    Semoga blog ini tetap eksis, konsisten, bisa menjadi sentra informasi, dan juga bisa memberikan inspirasi/dorongan bagi mereka yg lagi memulai penulisan blog.

  12. salut om, saya banyak belajar dari om stephen….

  13. indra_alif says:

    selamat ya pak stephen…
    semoga blog ini tetep eksis……
    salam hangat dari makassar…

  14. Halo pak Stephen, Salam Kenal,,udah setahun yah blog nya? wuaaaah….selamat yah, untuk blog saya masih ada 358 hari lagi neh untuk jadi setahun….lama juga ya :)

  15. Selamat ulang tahun yang ke -1 untuk Blognya,
    bro Stephen…

  16. Alon2 Asal Kelakon says:

    Selamat Om. . .
    Semoga blognya Om Ephen laris manis selalu… Amin :) .!

  17. Selamat ya bro Stephen atas ulang taon pertama blognye…
    makin mantap aja nii…

    all the best for your blog =)

  18. Stephen, luar biasa man, blognya sudah berkembang pesat seperti ini. Gue terus mengikutin sambil belajar bagaimana caranya punya blog rame kayak gini.

    Well done….

  19. Aduuuuhhhh, Dinda ketinggalan kayaknya nih, tapi gak apa-apa deh, yang penting Dinda mau ngucapin Selamat Ulang Tahun yang pertama buat Blognya mas Stephen, semoga selalu memberi informasi yang bermanfaat, menambah pengetahuan bagi pengunjung blognya, dan tetap menjadi blogger yang cool dan asyik, Amiiiinnnnnn

  20. Happy Anniversary…

  21. @giri,
    jangan-jangan motor sampeyan itu juga nyambi bro……huahahaha…

  22. makasih dinda atas perhatiannya, demikian pula untuk kesetiannya yang sudah berkenan membaca artikel serta memberi koment.. siip dah.. ;)

Leave a Reply