Touring Wajib Ke-7 YVCI Jakarta Chapter

image006

10 Februari 2012. Lagi, Yamaha Vixion Club Indonesia Jakarta Chapter (YVCI-JC) bikin acara Touring Wajib tujuan Pantai Kelapa Rapat, Lampung yang telah di adakan pada hari Jumat-Senin, 20-23 Januari 2012 yang lalu. Kegiatan ini merupakan agenda rutin YVCI- JC, dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan YVCI-JC secara organisasi kepada seluruh anggotanya, dan tentunya untuk mempererat dan meningkatkan hubungan secara emosional antar anggota. 

“Eksotisme Pantai Klara di Ranah Sang Bumi Ruwa Jurai Bersama Pertamax” adalah tema yang dilaksanakan pada acara ini, dan diikuti kurang lebih sekitar 70 member YVCI-JC plus 26 calon anggota baru.

Perjalanan touring start pada Jumat malam jam 21.30 di Sekretariat YVCI-JC di Pejompongan yang sebelumnya diawali dengan briefing oleh panitia untuk menjelaskan kepada seluruh peserta touring tentang rute, nomor urut touring dan aturan selama perjalanan.

Mengambil rute Pejompongan, Ciledug, Tangerang, Serang, Cilegon, Merak, Bakauheni, Kalianda, Lampung dan tiba di Pantai Klara Lampung sekitar pukul 09.30 wib, di keesolan harinya.Adapun kegiatan yang dilakukan disana adalah:

1. Pelantikan Angkatan 7 YVCI-JC

Serangkaian acara pelantikan yang telah disusun panitia dengan baik terus diikuti oleh peserta yang akan dilantik. Acara yang berlangsung sejak Sabtu siang dilanjutkan sampai larut malam yang dilengkapi dengan api unggun yang samar-samar menerangi dan menghangatkan tubuh kami.

Acara dimulai dengan ice breaking dan games yang bertujuan untuk menyemarakkan suasana agar keakraban antar anggota semakin terjalin sekaligus sebagai bentuk pengembangan individu dan pengenalan organisasi, sekaligus sebagai ajang saling mengenal lebih mendalam sesama calon anggota yang akan dilantik.

Games yang dikemas secara menarik dan interaktif berlangsung dengan meriah dan diikuti dengan semangat oleh semua peserta yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan disiplin, membangun inisiatif kebersamaan, melatih proses berpikir, berimajinasi, aksi, mengambil resiko sekaligus membuat solusi untuk menyelesaikan masalah.

Setelah serangkaian games, pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pelantikan yang terdiri dari 5 pos, yaitu sejarah, organisasi, tata tertib (tatib), trouble shooting dan safety riding, komitmen dan brotherhood dan pos terakhir adalah pos pengukuhan atau pelantikan.

Adapun jumlah anggota yang dilantik dalam Angkatan 7 ini adalah 26 orang dan dihadiri oleh sekitar 44 anggota lainnya. Suasana kekeluargaan yang terbangun disini membuat calon anggota baru yang dilantik merasa seperti berada dalam satu keluarga baru yang siap membangun YVCI-JC menjadi lebih besar dan maju.

Mewakili pengurus dan panitia kami mengucapkan selamat atas dilantiknya Angkatan 7 “Eksotisme Pantai Klara”, selamat bergabung dengan Keluarga Besar YVCI Jakarta Chapter seutuhnya, jaga terus rasa persaudaraan dan nama baik YVCI Jakarta Chapter pada khususnya dan YVC Indonesia pada umumnya.

2. Wisata Alam & Aksi Peduli Lingkungan

Acara ini dikhususkan untuk lebih memperkenalkan obyek-obyek wisata baik alam dan sejarah yang dimiliki Indonesia khususnya Lampung sekaligus sebagai bentuk kecintaan terhadap negeri tercinta sekaligus untuk memperkenalkannya di dunia luar.

Selain itu, dalam event ini YVCI-JC bekerjasama dengan YVC Indonesia Regional Lampung juga mengadakan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian kita dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada sesama serta menumbuhkan persepsi yang positif tentang kalangan bikers kepada masyarakat umum.

Tujuan dari pada event ini adalah untuk melestarikan lingkungan hidup di sekitar Pantai Klara dengan penanaman pohon bibit bakau, meningkatkan kepedulian masyarakat setempat terhadap lingkungan pesisir. Juga untuk meningkatkan peran serta dan kepedulian komunitas terhadap lingkungan dalam kegiatan yang nyata, mengenalkan dan mempromosikan wisata alam Pantai Klara Lampung kepada anggota YVCI-JC secara khusus dan masyarakat pada umumnya.

Penanaman bibit bakau dilakukan di tepi Pantai Klara yang terdapat muara atau pertemuan antara arus sungai dengan laut yang berjarak kurang lebih satu kilometer dari basecamp. Bibit yang ditanam sebanyak 100 pohon yang merupakan sumbangan dari PT Pertamina (Persero) sebagai bentuk Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang disalurkan melalui club atau komunitas. Semoga langkah nyata tersebut dapat bermanfaat di masa yang akan datang.

3. It’s Pertamax-Vixion Tank Challenge!

Event Touring Wajib 7 ini juga merupakan salah satu kegiatan sosialisasi penggunaan bahan bakar non subsidi yaitu Pertamax yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum akan penggunaan bahan bakar non subsidi.

Dalam touring ini diambil konsep “Vixion Tank Challenge” yang bertujuan untuk menguji konsumsi atau penggunaan bahan bakar yang menggunakan satu tangki isi full bahan bakar untuk digunakan selama perjalanan dari Jakarta – Lampung – Jakarta tanpa mengisi kembali bahan bakar.

Vixion Tank Challenge ini berhasil dilakukan dan ditembus oleh Vixion yang menggunakan bahan bakar PertamaxPlus tanpa mengisi kembali bahan bakarnya. Adapun perbandingan penggunaan bahan bakarnya adalah sebagai berikut :

- PertamaxPlus : jarak tempuh 473 km, konsumsi bahan bakar 10 liter, perbandingan 1 : 47,3

- Pertamax : jarak tempuh 454 km, konsumsi bahan bakar 10 liter, perbandingan 1 : 45,4

Perhitungan konsumsi bahan bakar ini dilakukan metode pengukuran yang sederhana dengan rute Jakarta – Lampung – Jakarta. Alat ukur yang digunakan adalah odometer standar motor untuk mengukur jarak tempuh dan literan SPBU untuk mengukur volume bahan bakar.

Dari hasil test sederhana tersebut dapat disimpulkan bahwa Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang paling irit dengan perbandingan konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh adalah 1 : 47,3.

Setelah serangkain acara dari Sabtu sampai dengan Minggu pagi, acara Touring Wajib 7 sekaligus pelantikan Angkatan 7 YVCI-JC diakhiri dengan pembagian hadiah sekaligus pesta durian untuk menambah kebahagiaan dan kebersamaan.

Dalam event ini juga dihadiri para tamu dari sesame rider Vixion, yaitu dari YVC Indonesia Regional Lampung, YVC Indonesia Palembang Chapter, YVC Indonesia Pekanbaru Chapter dan lain sebagainya. Dengan kehadiran para tamu, tentunya semakin menambah marak acara yang digelar dan bisa menjadi ajang saling bertukar pikiran serta informasi. Semoga dengan acara ini keakraban antar sesama bisa terus terjalin dan menguat.

Kejadian demi kejadian selama acara pelantikan berlangsung adalah kenangan tersendiri bagi masing-masing peserta. Setiap detik denyut jantung yang berdegub di dada menyemangati kami untuk menjadi keluarga besar yang mempunyai nama dan hati yang semakin besar.

JCSquads pasti bangga pada diri dan saudaranya. Rasa sakit yang dialami sebagian kita akan terasa juga oleh sebagian lainnya. Semua hal jelas tidaklah selalu manis seperti apa yang diinginkan. Namun tentu saja setiap hal pasti menjadikan YVCI-JC semakin dewasa dan maju. JCSquads adalah SATU KELUARGA. SELAMAT DATANG ANGKATAN TUJUH.

“JCSQUAD Sejati..Takkan Berhenti..Beri Manfaat itu Pasti..”

ALBUM PHOTO

Leave a Reply