Sekilas Wulung ‘Ungki” Damardoto

image006

8 Februari 2012. “Kalau mau punya cita-cita atau mimpi, gantungkanlah setinggi-tingginya, siapa sangka jika suatu hari mimpi anda nanti bisa terwujud.” Itulah kata-kata yang terucap dari mulut seorang biker bernama Wulung ‘Ungki’ Damardoto saat di temui pada acara LA Comunee Gathering 3 di Cijantung pada Sabtu (4/2). Mimpi bro Ungki untuk keliling Indonesia itu akhirnya terwujud. 

Tahun 2011 lalu Bro Ungki bersama sang fotografer Aditya Birawa sudah pernah mengelilingi dan menikmati keindahan kota-kota di wilayah barat Tanah Air dalam misi yang bernama Indonesia Exploride, hanya menggunakan motor BMW F800 GS. Di dalam misi Indonesia Exploride bro Ungki mencari, mengangkat, menggali kekayaan potensi wisata, kebudayaan, dan kuliner di seluruh Tanah Air ini.

Bagi Ungki mengatakan bahwa ini merupakan langkah awal dari mimpi mereka ditahun 1998 untuk menjelajahi negeri ini selama 184 hari dengan menempuh jarak 19.100 kilometer, sedangkan untuk mimpi berikutnya akan menjelajahi wilayah timur Indonesia seperti Sulawesi, Maluku, Irian, dan NTT. Untuk kegiatan ini Ungki dan timnya mendapatkan dukungan Djarum Foundation.

Sebagai alumni sekolah pariwisata di Bandung ini juga memberikan beberapa tips bagaimana menghindari rasa jenuh saat melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

“Supaya tidak bosan sebisa mungkin ngobrol dengan motor kita. Jangan pernah mendengarkan musik selama perjalanan, sebaiknya bernyanyi-nyanyi saja. Meskipun motor benda mati, kita perlu bicara. Intinya bagaimana membunuh kebosanan selama di jalan,” kata Ungki.

Idealnya, lanjut Ungki, setiap 2-3 jam riding, langsung beristirahat. Bahkan untuk mengejar target untuk pengambilan gambar di sebuah kota, Ungki pernah 5 jam penuh melaju di jalan. Jenuh? “Tidak lah, ada sesuatu yang baru. Ini bagian dari mimpi besar. Tidur dengan fasilitas seadanya pun tidak jadi masalah.

Kadang Ungki dengan motor besarnya melesat lebih dulu meninggalkan dua mobil pendamping di belakangnya. Tapi mereka sudah sepakat untuk bertemu di titik-titik tertentu. “Tersesat? Ndak mungkin lah, karena dilengkapi GPS. Kalaupun tersesat kita senang, ada pengalaman baru menjelajahi daerah tersebut. Kita nikmati,” ulang Ungki lagi.

Dalam perjalanan, tim Indonesia Exploride kadang menemukan hal-hal diluar jadwal yang telah direncanakan. Seperti di Way Kambas, mereka menemukan turis yang mengaku mempraktikkan berkomunikasi dengan gajah.

“Turis tadi hanya melihat gajah, memandangnya, mereka mengaku berkomunikasi, dan gajah tersebut mendatangi turis itu,” kata Ungki menceritakan pengalamannya.

Memiliki latar belakang pendidikan pariwisata, Ungki pun memperhatikan berbagai hal terutama masalah kebersihan objek wisata, fasilitas hotel dan sebagainya dalam melayani para bikers.

“Kalau jalan, tidak soal jalan rusak atau berlubang. Itu disenangi bikers. Yang penting kebersihan di objek wisata terjaga, toilet tersedia, air lancar. Demikian juga pelayanan laundry cepat. Pagi di-order, sore selesai. Itu maunya bikers, karena bikers tidak pernah berlama-lama di suatu tempat,” katanya.

Menurut mantan PR sebuah hotel ini, potensi wisata untuk menjaring para bikers ini sangat besar.

“Obsesi saya mempromosikan Indonesia melalui bikers. Masak kita kalah dengan Nigeria. Indonesia punya segalanya, ada hutan, gunung, gurun ada Bromo. Bikers asing ke Indonesia kok tidak ada yang mengelola? Ini potensi besar lho,” katanya bersemangat.

Melalui Indonesia Exploride ini, Ungki dan Ditto sudah memulai langkahnya mewujudkan mimpinya mempromosikan Indonesia. Hasil perjalanan ini nantinya akan ditayangkan di stasiun televisi swasta. “Ini (Indonesia Exploride) bukan acara bikers. Ini murni upaya untuk mempromosikan Indonesia. Kebetulan saya hobi naik motor, saya bisa rasakan jalannya, pemandangan, suka duka,” ujarnya.

Kini tim Indonesia Exploride baru menjelajahi Sumatera. Berikutnya ke Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Untuk menjelajahi Indonesia Timur, menurut Ungki, saat ini masih tahap negosiasi dengan Pemprov Papua. “Kalau jadi, dari Makassar tim akan nyeberang ke Ambon dan Papua,” kata Ungki.

Usai Indonesia Exploride, impian Ungki berikutnya adalah membuat program wisata bagi pengguna motor besar untuk menjelajahi Sumatera, Kalimantan, dan Indonesia Timur, bukan Jawa-Bali. “Ini mimpi berikutnya,” tambahnya.

“Saya optimis Indonesia Exploride 2011 akan mampu membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal, mencintai dan bangga terhadap bangsanya sendiri, karena sedemikian kayanya negeri ini,” ujar Ungki.

Dia menuturkan, acara ini bukan sekedar acara jalan-jalan biasa, tapi juga sarat akan ajakan positif untuk mengenal kembali serta menambah wawasan kita sebagai orang Indonesia. Artis-artis yang akan menyertai Ungki dalam perjalanan ini adalah Jessica Iskandar (Palembang), Bangka (Sandra Dewi), Atiqah Hasiholan (Pekan Baru), Artika Sari Devi (Batam), Marissa Nasution (Medan), Cut Mini (Aceh), Nadine Chandrawinata (Nias), Titi Sjuman (Bukit Tinggi).

ALBUM PHOTO

VIDEO

One thought on “Sekilas Wulung ‘Ungki” Damardoto

  1. [...] Bagi para pencinta turing motor pasti sudah mengenal dengan nama Bro Ungki yang memiliki program Indonesia Exploride, yaitu berkendara sepeda motor keliling nusantara [...]

Leave a Reply