Touring Baksos Pertamina Motor Club Ke Kuningan

image006

24 Januari 2012. Bro.. diam-diam bikers Pertamina bikin acara touring, sekaligus baksos ke Kuningan. Ya, Bro Jules Rimet dari Tim Liputan SL.com hari Sabtu (21/01) pagi subuh sudah melayap ke kantor pusat Pertamina di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta. Ia bergabung dengan rekan-rekan Pertamina Motor Club (PMC), untuk ikut meliput aksi touring dan bakti sosial PMC ke Kuningan, Jawa Barat.

Touring ini merupakan kegiatan sosial pertama, dan pembuka kegiatan PMC di tahun 2012. “Acara ini merupakan tradisi dari Pertamina Motor Club, jika akan melakukan perjalanan touring selalu ada misi sosial didalamnya,” jelas Bro Sutrisno, Ketua Umum Pertamina Motor Club dalam sambutannya sebelum start.

Berikut ini sedikit cerita perjalanan rombongan PMC ke Kuningan dari Tim Liputan SL.com.

Sebelum berangkat sekitar pukul 04.00 subuh para biker PMC satu per satu berkumpul di Kantor Pusat Pertamina yang berlokasi di Gambir. Setelah itu mereka sholat berjamaah dan sarapan.

Tepat pukul 06.00 rombongan yang berjumlah 30 motor berangkat dengan pengawalan dari kepolisian. Sementara dibagian belakang rombongan ada safety car yang dilengkapi dengan 4 orang mekanik yang selalu membuntuti, dan siap membantu jika terjadi sesuatu selama perjalanan.

PMC memilih jalur pantura sebagai jalur berangkat. Dengan rute Pertamina Pusat – Cempaka Putih – Pulo Gadung – Bekasi – Cikarang – Karawang – Cikampek – Loh Bener – Balongan – Cirebon – dan Kuningan.

Rombongan melakukan 3 kali perhentian untuk istirahat, sholat, makan (ISOMA), dan mengisi bahan bakar. Yang pertama di SPBU Cikampek, kedua di SPBU Loh Bener, terakhir di SPBU Pertamina COCO (Company Own Company Operate) Cirebon.

Pada perhentian terakhir rombongan PMC Jakarta disambut oleh rombongan PMC Kuningan dan Bandung, dengan kehadiran mereka otomatis jumlah biker bertambah menjadi sekitar 100 motor. Meski demikian, jumlah biker PMC yang bertambah 3 kali lebih banyak dari sebelumnya, masih tetap dikawal oleh kepolisian. Rombongan PMC berjalan dengan tertib, tidak arogan dan tetap menghargai pengguna jalan lain.

Setibanya di kota Kuningan, Jawa Barat sekitar pukul 14.30, atau lebih cepat 2 jam dari jadwal. Rombongan pun beristirahat dan menginap di Prima Resort Sangkahurip, yaitu penginapan yang cukup eksklusif, didesain menyerupai arsitektur rumah desa khas Kuningan, menggunakan anyaman bambu sebagai dindingnya dan berpadu batu alam sebagai pondasinya.

Dari pantauan di lapangan perjalanan Pertamina Motor Club ini ke Kuningan ini sangat menarik, pasalnya Bro Sutristno sebagai Ketum PMC yang juga menjabat sebagai Staff Ahli Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Tbk, ikut serta menggunakan motor Harley Davidson Electra Glide Police Edition.

Iapun tidak segan-segan ataupun malu untuk touring bersama dengan biker PMC yang kebanyakan hanya menggunakan motor biasa seperti merek Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, Piaggio, Bajaj, baik kelas batangan, maupun kelas bebek. “Buat apa malu atau gengsi namanya touring itu kan hobby, tidak perduli apapun motor yang dipakainya.” kata Sutrisno yang sudah memiliki cucu ini.

Woow.. kalau begitu semua karyawan yang bekerja di Pertamina, mulai dari operator SPBU hingga jajaran Direktur boleh bergabung menjadi anggota PMC dong pak Tris? (panggilan akrab bro Sutrisno).

“Tentu saja boleh, kenapa tidak? PMC terbentuk sejak 2005 ini, dan dulunya pernah dipimpin oleh Haris Budiarto (Alm) dan Giri Suseno tidak pernah memandang status kepegawaian di Pertamina. Jiwa seorang biker PMC adalah brotherhood dan kebersamaan, tanpa perdui apakah dia hanya seorang office boy atau direktur sekalipun,” tambah Sutrisno yang juga tercatat sebagai member di Harley Owners Group.

Mantap!

ALBUM PHOTO

Leave a Reply