Visit Product Development Center Ford

image006

19 Januari 2012. Kunjungan SL.com bersama global blogger ke Dearborn Michigan US, yang paling penting adalah mengunjungi kantor pusat Ford World Headquater pada hari Selasa (10/1/12). Lokasi Ford World HQ ini sangat luas yang mana setiap departement saling terpisah. Ya, kota Dearborn memang terkenal sebagai basis World Ford yang sangat lengkap dengan berbagai departement seperti Research & Advanced Engineering Center, dan Product Development Center. 

So, ngapain aja selama di kantor pusat Ford tersebut? Acaranya sangat singkat tapi padat. Dimulai dengan breakfast dan kami kemudian masuk ke dalam sebuah ruangan aula, dimana setiap meja berisi 8 peserta. Di aula tersebut kami mengikuti acara panel diskusi mengenai “Innovating through Design”.

Setelah itu kami berpindah gedung dari ruangan aula ke gedung PDC. Kami bergegas pakai jaket atau mantel tebal, dan jarak lokasi ke PDC tidak jauh, tapi kami tetap naik bus, karena udara diluar sangat dingin jadi sebaiknya kami harus naik bus. Tak lama kami sudah tiba di gedung departement Product Development Center (PDC). Wah tau aja dong.. yang namanya PDC itu apa sih?

SL.com bersama rombongan sejumlah 150 orang ini akhirnya dipecah dalam beberapa grup kecil selama berada di dalam gedung PDC Ford ini. Antara lain melihat dari dekat soal Ford Design Workshops & Demonstrations, Interactive Car Design Workshop, Digital Design Tools Presentation, Clay Modeling Experience, Sustainable Materials Lab Demonstration. Oh ya.. setiap kunjugan ada presentasi atau penjelasan yang diberikan oleh staff ahli Ford.

Nah, yang agak lucu tapi ini sangat nyata adalah, Ford kini mengembangkan bahan material mobil dengan sustainable foods seperti coconuts, soybeans dan carrots. Inilah perkembangan pada saat ini, yaitu menggunakan sisa bahan tumbuh-tumbuhan (green innovation) yang sudah tidak terpakai, tapi masih bisa dipakai lagi untuk pembuatan material mobil.

Setelah itu SL.com mendapat informasi lengkap soal SYNC Demonstrations seperti Active Park Assist dan juga teknologi Ford dalam hal Command Voice untuk mengaktifkan semua perangkat audio, mobile phone, audio music melalui perintah suara manusia. Bagi mereka pemilik Ford Fiesta dijamin sudah paham soal beginian.

Kunjungan ke HOPS (Human Occupant Package Simulator) Lab Demonstration lumayan seru. Wah.. canggih banget bro.. dimana Ford mendesign mobil dengan simulator untuk membaca tingkat kenyamanan dan keamanan bagi para pengemudi dan penumpangnya. Ford menciptakan mobil tak hanya bicara soal teknologi desain dan mesin, tapi juga kebutuhan-kebutuhan yang lainnya yang telah di uji melalui alat high tech simulator yang bersifat virtual.

Lagi-lagi masalah waktu dan jumlah peserta yang ikut sangat besar. Maka tak heran semua informasi yang didapat tak dapat direkam seluruhnya. Demikian waktu untuk tanya jawab sangat terbatas. Namun demikian tak apalah bagi SL.com yang sangat gembira dan exciting mengikuti seluruh acara selama di kantor pusat World Ford HQ ini. Selain terheran-heran karena kagum, juga bangga bisa ikut acara ini.

Harap maklum, soalnya kunjungan ke Ford World HQ Office ke Dearborn Michigan USA ini merupakan pengalaman pertama bagi SL.com. Menurut informasi, tak sembarangan tamu bisa masuk secara bebas ke kantor Ford, apalagi diizinkan memotret secara bebas selama berada di dalam kantor Ford.

VIDEO

ALBUM PHOTO

One thought on “Visit Product Development Center Ford

  1. [...] Motor Company, pemimpin global dalam industri otomotif yang berbasis di Dearborn, Michigan USA adalah produsen dan distributor kendaraan bermotor di enam benua. Dengan kurang lebih 172.000 [...]

Leave a Reply