14 Hours 14 Minutes With Delta Airlines

Dearbon 8 Januari 2012. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, akhirnya SL.com tiba dengan selamat di Dearborn Michigan USA setelah menempuh perjalanan panjang selama 14 jam 14 minutes dengan pesawat Delta Airlines dari Hongkong ke Detroit Michigan. Kabar bagusnya, SL.com menikmati perjalanan jauh ini. Badan pegel-pegel sangat terasa dibagian pinggang dan kaki.  

Singkat cerita, SL.com meninggalkan Jakarta hari Sabtu subuh 7 Januari pukul 00.05 dan check in di Bandara Soekarno Hatta pada hari Jumat malam sekitar pukul 22.00WIB. Dengan pesawat Airbus 330-300 Cathay Pacific CX798, SL.com terbang 4 jam lebih dan tiba di Hongkong sekitar pukul 05.450 waktu Hongkong. Istirahat sebentar sambil menunggu counter transit Delta Airlines dibuka.

Ya, counter transfer flight Delta Airline tak lama kemudian dibuka sekitar pukul 07.00 dan SL.com langsung check in untuk melanjutkan penerbangan berikutnya langsung (non stop) ke Detroit USA dengan pesawat Delta Airlines DL 186. Dari catatan penerbangan tertulis, departure dari Hongkong pukul 10.45 AM dan arrival di Detroit pukul 12.25 PM (siang hari).

Di bandara Hongkong SL.com menunggu dengan waktu yang cukup lama sampai jam 09.30 sebelum merapat ke pintu Delta Airlines DL186 yang mulai disesaki penumpang tujuan Amerika sekitar pukul 10.00. Untung saja fasilits free Wi-Fi di Hongkong Airport sangat mudah didapat, sehingga BBM, Facebook, dan aktifitas social media lainnya berjalan dengan lancar.

Pukul 10.00 penumpang tujuan Detroit mulai dipanggil masuk kedalam pesawat. SL.com masuk dalam zone 4 yang harus menunggu paling akhir. Antrian mulai berjalan masuk ke pintu pesawat dan yang tidak disangka sebelum masuk pintu pesawat masih ada “lagi pemeriksaan” dari pihak security khusus, dan semua tas tentengan penumpang yang akan dibawa ke dalam cabin harus dibuka lebar-lebar.

SL.com dapat jatah duduk di kursi No. 41H, artinya ditengah diantara G dan I. Asal tau aja, DL186 menggunakan pesawat Boeing 777-200LR dengan kursi kelas ekonomi 3-4-3. Ya, kabar bagusnya SL.com diapit oleh dua orang wanita manis keturunan Asia yang punya ukuran badan ramping. Sehingga, walaupun duduk ditengah tapi tidak sampai senggol-senggolan.

Rasa capek dan ngantuk membuat SL.com rada males untuk berbicara dengan penumpang disebelah. Sekitar pukul 11.00 penerbangan DL186 pun dimulai dan terdengar suara pilot memberikan sambutan sekaligus informasi penerbangan bahwa pesawat DL186 ini akan mengambil jalur, lewat Tokyo kemudian ke laut Bering Alaska, terus ke Alaska, Canada dan kemudian mendarat di Detroit Michigan USA.

Well.. akhirnya penerbangan Delta Airlines selama 14 jam 14 menit ini dengan jalur melewati Alaska berjalan dengan aman dan lancar. Dibilang bosan ya juga. Tapi kali ini sangat exciting karena ada pengalaman baru dengan waktu yang lebih lama dari waktu sebelumnya, soalnya pengalaman SL.com pernah menjalani penerbangan dari Malaysia ke London selama 12 jam. Yups.. yang pasti SL.com tiba di Metro Detroit Airport USA pada siang hari sekitar pukul 12.25 waktu setempat.

Urusan imigrasi dan custom tidak ada masalah, semua berjalan dengan lancar. Pertanyaan petugas: Mau ngapain kamu di Amerika? Jawab SL.com: ada undangan dari Ford. Dan petugas pun memberikan batasan masuk di Amerika selama sebulan, padahal visa dari US Embassy diberikan selama lima tahun. Ya, mudah-mudahan saja masih ada kesempatan yang lain bisa datang ke USA lagi.

Menuju pintu keluar, terlihat orang petugas bule membawa gambar logo FORD. Langsung saja disapa, sekaligus absen bahwa SL.com sudah hadir. Tak lama kemudian SL.com dianter ke mobil Ford Truck F150 Double Cabin warna merah. Yang jadi supir orang bule dan SL.com duduk di kursi depan disamping kanan. 15 menit kemudian SL.com sudah tiba di Hotel The Henry.

Oops.. masuk hotel ternyata ngantuk dan lapar. Akhirnya urusan makan harus didahulukan, dan SL.com keluar hotel menuju shopping mal Fairlane Town Center yang didalam mall ada beberapa nama besar seperti Macys, Sears, JC Penney. Yang dicari SL.com adalah food court dan dengan menu makanan chinese cuisine, akhirnya nemu juga Master Wok untuk santap siang.

VIDEO (Arrival in Detroit-Dearbon Michigan US)

ALBUM PHOTO

One thought on “14 Hours 14 Minutes With Delta Airlines

  1. [...] gedung dibawah diambil oleh SL.com saat baru tiba di Dearbon Michigan hari Sabtu (7/1/12) yang menunjukkan gedung kantor Ford Headquarter (Ford HQ Dearbon) [...]

Leave a Reply