All-New Ford EcoSport Hadir di New Delhi Auto Expo

6 Januari 2012. Bro.. akhirnya Ford dipastikan akan meluncurkan All-New Ford EcoSport di New Delhi Auto Expo 2012 tanggal 7 s/d 11 Januari 2012. Mobil SUV compact ini merupakan mobil ketiga dari 8 mobil global One Ford baru yang akan diperkenalkan khusus untuk pasar ASEAN hingga pertengahan dasawarsa. Hal ini ditegaskan oleh Ford melalui siaran pers yang diterima SL.com hari ini (6/1/12).

Modern dan inovatif, all-new EcoSport dirancang untuk menggabungkan rancangan, teknologi, kualitas dan keamanan terbaik di kelasnya yang bertujuan untuk menarik generasi konsumen baru di berbagai pasar global. Gambar konsep mobil all-new Ford EcoSport sudah pernah ditampilkan di halaman ini.

Diciptakan sebagai produk global One Ford terbaru, EcoSport akan menjadi model utama dalam memperluas keberadaan Ford di pasar berkembang utama di seluruh dunia, termasuk ASEAN. EcoSport telah dikembangkan di Amerika Selatan di salah satu dari delapan pusat pengembangan produk global Ford bersama dengan tim dari Asia, Eropa dan Amerika Utara untuk memenuhi kebutuhan pasar di dunia.

“All-New Ford EcoSport mencerminkan komitmen kami dalam menyediakan mobil dan truk yang benar-benar diinginkan dan dihargai pelanggan kami,” ujar Alan Mulally, President dan CEO, Ford Motor Company. “Tim engineering kami memanfaatkan pengalaman bertahun-tahun dengan EcoSport agar setiap aspek dalam EcoSport generasi selanjutnya bahkan lebih kuat.”

All-New Ford EcoSport mencerminkan DNA kendaraan global Ford dan keserbagunaannya memperluas cakrawala mobilitas dan penggunaannya. Ciri khas SUV sejati terlihat dari kestabilan sasis, yang diperkuat dengan struktur bodi yang tangguh, kekakuan torsional yang tinggi serta tingkat perlindungan penumpang yang tinggi. Namun, rancangannya yang inovatif mengurangi berat sekaligus memastikan penghematan bahan bakar yang baik.

Bentuk EcoSport baru yang kontemporer

Bentuk All-New EcoSport yang kontemporer mencerminkan keyakinan yang menggabungkan penyempurnaan dan semangat berpetualang dalam paket yang modern dan pintar. EcoSport memiliki ciri khas SUV seperti kuda-kuda yang meyakinkan, posisi berkendara yang dominan serta ban cadangan unik yang dipasang pada swing-gate di bagian belakang kendaraan.

Karakter EcoSport yang tangguh dan kuda-kuda yang kuat memberi kesan kendaraan yang lebih lapang sekaligus mempertahankan kelincahan dan kepraktisan mobil compact. EcoSport memiliki ground clearance yang tinggi dan mengintegrasikan lapisan bagian bawah bodi yang mencerminkan ketangguhan.

Bagian belakang kendaraan ditandai dengan jendela belakang yang besar yang membungkus bagian samping serta lampu belakang berbentuk miring. Karakteristik ini mendefinisikan kepribadian keluarga EcoSport yang mengesankan: mobil yang sporty sekaligus santai bagi konsumen yang ingin menikmati hidup dan tampil beda dengan cara yang pintar dan ramah lingkungan.

Produk global baru untuk pasar berkembang

EcoSport baru dikembangkan pada platform segmen B global baru Ford, yang akan menjadi dasar bagi serangkaian produk mobil kecil baru Ford di tahun-tahun mendatang. Pada pertengahan dasawarsa, rangkaian kendaraan platform B baru Ford akan mewakili lebih dari 2 juta unit produksi tahunan karena mobil compact terus mendorong pertumbuhan global.

EcoSport telah menjadi fenomena pasar sejak diluncurkan di Amerika Selatan tahun 2003 sebagai SUV terjangkau pertama di wilayah tersebut dan berhasil terjual sebanyak 750.000 unit dalam sembilan tahun. EcoSport menciptakan segmen baru dan mempopulerkan fitur yang diinginkan banyak konsumen.

EcoSport sebagai kendaraan global adalah contoh kemampuan teknis rekayasa global Ford dan tingkat integrasi yang tinggi dari pusat rekayasa dan rancangan di seluruh dunia.

Proyek ini dipimpin oleh pusat pengembangan Ford di Camaçari, Brasil, salah satu yang mengkhususkan diri dalam pengembangan mobil compact. Tim ini memanfaatkan kekuatan rekayasa dan keahlian SUV Ford dari seluruh dunia untuk menciptakan All-New EcoSport.

“All New EcoSport merupakan tonggak signifikan bagi proses pengembangan produk global kami,” ujar Derrick Kuzak, Group Vice President, Global Product Development. “EcoSport membuktikan bahwa model mobil kecil yang luar biasa untuk pasar yang berkembang dapat diciptakan di pasar berkembang itu sendiri, menggunakan One Ford yang memanfaatkan rancangan global dan keahlian rekayasa kami.”

Pengembangan EcoSport dibentuk melalui penelitian pasar di seluruh wilayah tempat EcoSport akan dipasarkan. Hal ini membantu menciptakan kendaraan unik yang berfokus pada kebutuhan dan keinginan konsumen. EcoSport akan dijual di hampir 100 pasar di seluruh dunia.

Mendorong ekspansi di Asia dan wilayah lain

All-New EcoSport merupakan bagian penting dari rencana global Ford yang agresif untuk mencapai sasarannya meningkatkan penjualan global sampai sekitar 50 persen pada pertengahan dasawarsa menjadi 8 juta kendaraan per tahun. Dari jumlah tersebut, 60 sampai 70 persen diperkirakan berasal dari wilayah Asia Pasifik dan Afrika.

“Kami berjanji untuk membawa lebih dari 50 kendaraan dan powertrain baru ke Asia Pasifik dan Afrika sampai pertengahan dasawarsa dan All-New EcoSport melanjutkan pemenuhan janji tersebut,” ujar Joe Hinrichs, President, Ford Asia Pacific and Africa. “Dilengkapi dengan fitur yang akan disukai dan dihargai konsumen, SUV compact yang menarik ini akan mendefinisikan segmen baru di pasar mobil kecil.”

EcoSport merupakan kendaraan ketiga dari delapan produk baru yang dijadwalkan akan diluncurkan di ASEAN hingga pertengahan dasawarsa dan akan terus menciptakan momentum dalam transformasi bisnis yang telah dimulai oleh Ford Fiesta setahun lalu.

“All-New Ford EcoSport akan terus mengembangkan penawaran di showroom kami di ASEAN dan mendukung strategi perkembangan agresif yang kami rencanakan untuk wilayah ASEAN,” ujar Peter Fleet, President Ford ASEAN. “SUV compact ini akan memiliki daya tarik yang signifikan di pasar ASEAN, semakin banyak menarik pelanggan baru Ford yang mencari kendaraan terdepan di kelasnya yang berhubungan dengan kehidupan dan gaya hidup mereka.”

All-New EcoSport akan diproduksi di pabrik baru Ford Thailand yang modern di Rayong, Thailand.

Kekuatan di bawah bentuk baru EcoSport

Dirancang untuk menyediakan performa seimbang di jalan beraspal maupun off road, All-New Ford EcoSport ideal untuk konsumen perkotaan yang menginginkan keserbagunaan untuk bersantai di luar kota.

Dikembangkan sesuai standar produk kelas dunia melalui sistem pengembangan produk global Ford, model generasi baru ini memberikan keunikan utama yang diinginkan konsumen di seluruh dunia:

Smart – Teknologi dan fitur baru dari Ford akan menjadi pusat pengalaman kepemilikan All-New Ford EcoSport. EcoSport akan menawarkan peralatan inovatif yang biasanya tidak ditemukan pada kelas kendaraan ini.

Green – Penghematan bahan bakar merupakan faktor utama dalam proses pengembangan, bersamaan dengan Ford menargetkan EcoSport untuk memberikan penghematan bahan bakar terkemuka di segmennya.

Safe – All-New Ford EcoSport dirancang untuk memenuhi standar keselamatan paling ketat di berbagai pasar sebelum dipasarkan. Bodinya yang berdaya tahan tinggi dengan berat yang optimal dikembangkan dengan alat desain dan perangkat lunak canggih menggabungkan zona yang bertujuan menyerap energi benturan melalui sel yang sangat kaku untuk melindungi penumpangnya.

Quality – All-New Ford EcoSport memberikan tingkat kualitas dan pengerjaan yang mengagumkan, mencerminkan rekayasa dan rancangan kelas dunia barunya, sekaligus berhasil melewati pengujian pengembangan yang ketat di seluruh dunia. Biaya pemeliharaan yang rendah dan daya tahan tinggi merupakan sasaran utama dalam proses pengembangannya.

PHOTOS

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply