Sirkuit Kala Hitam, Kebanggaan Subang

19 Desember 2011. Subang tak punya sirkuit berkelas? Silahkan lihat Sirkuit Kala Hitam Subang, sebuah fasilitas baru yang ada di Batalyon Yonif 312 Kala Hitam Subang, Jawa Barat. Sepanjang dua hari Sabtu-Minggu (17-18/12) yang lalu ajang motocross bertajuk “The Master of Dumasari Bostar-Enduro Racing SSR Motocross Championship 2011” sukses digelar. 

Suksesnya gelaran motocross tersebut tampaknya menjadi semangat baru bagi para kroser di Tanah Air yang siap bangkit lagi.  Melombakan delapan kelas dengan persaingan yang lumayan ketat, antara lain kelas Special Engine 50 cc, 65 cc, 85 cc, 125 cc Master, 125 cc Junior, 125 Executif A 125 executive B serta 125 EX PRO. Bahkan beberapa kroser bule ikut pula mewarnai ajang motocross tersebut.

Helmy Sungkar selaku promotor Trendypromo Mandira dan Trendy Sport Club (TSC) telah bekerja sama dengan Yonif 312 Kala Hitam, merasa bahagia dengan suksesnya gelaran motocross tersebut. Pasalnya penonton berlimpah ruah, kroser yang ikut berlomba berjumlah 113, dan sponsor yang mendukung juga banyak termasuk pelumas Pertamina Eduro 4T Racing.

“Setelah tiga tahun terbenam, kini ajang motocross kembali hadir. Ini semua tak lepas dari dukungan semua pihak yang ingin mengangkat kembali ajang motocross di Tanah Air.  Sirkuit Kala Hitam terbukti menjadi lahan yang pas dan ideal untuk para kroser berlatih dan menunjukkan prestasi terbaik mereka. Kabar bagusnya, sirkuit ini boleh dipakai sampai lima tahun mendatang,” papar Helmy Sungkar.

Digelarnya event motocross “Dumasari Bostar Enduro Motorcross Championship 2011” di Sirkuit Kala Hitam, Subang, Jawa Barat memberikan kesan tersendiri bagi warga masyarakat Subang. Soalnya, gelaran motocross bertaraf international ini adalah yang pertama kali diadakan di Kota Subang.

“Saya melihat animo masyarakat begitu besar, dan event motocross ini merupakan salah satu bukti kesuksesan dari pada event-event yang sudah pernah ada di Subang. Untuk kedepannya, Kala Hitam akan menjadi wadah dan tempat menyalurkan hobi adrenalin bagi para kroser,” kata Letnan Kolonel Infantri Fadjar Tjahjono, Dayon 312 Kala Hitam.

Tentu saja masyarakat Subang sangat bangga dengan hadirnya Sirkuit Kala Hitam ini, dan mereka berharap agar ajang motocross dapat terus berlanjut. Nah, harapannya adalah Ikatan Motor Indonesia Jawa Barat, maupun Pengprov Jawa Barat akan turut ikut berperan mendukung event motocross ini di waktu mendatang.

Demikian pula, melalui Ketua PP IMI yang baru terpilih, Nanan Soekarna diharapkan akan memberikan dukungan dimana IMI Pusat nantinya akan mengucurkan dana untuk biaya pembinaan atletnya. “Lah.. itu kan apa yang dijanjikan oleh Pak Nanan saat Munas (Musyawarah Nasional) di Solo kemarin. Kita kan cukup senang dengan pernyataan beliau. Mudah-mudahan ini benar terjadi,” kata Helmy Sungkar.

Untuk tahun 2012 mendatang, Helmy dan Trendypromo Mandira akan terus menyajikan event-event motor sport yang berkelas. Menurut rencana, ada lima lima event besar sudah direncanakan oleh Helmy, antara lain Motorprix, Dragbike, Motocross, serta Sprint Rally yang memang sudah lama tak ada kabarnya lagi.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply