Kroser Asing Kuasai Motocross Subang

21 Desember 2011. Hasil lomba Motocross yang digelar oleh Trendy Promo Mandira di Sirkuit Kala Hitam Wera, Subang, Jawa Barat pada Minggu (18/12), masih dikuasai kroser asing asal Australia Callen Dickson dan James Booth Elliot (lihat daftar pemenang dibawah). Kedua kroser asing memimpin di kelas bergengsi Special Engine 125cc Master dua race yang digelar. 

Meski kelas tersebut masih dikuasai kroser asing dari tim Dumasari Bostar Ink SSR PF One M, namun demikian kroser lokal asal Sulawesi Utara, Andre Sondakh berhasil mengalahkannya dikelas Moto 1. Sementara di kelas Moto 2, Dickson yang memakai motor Kawasaki ini kembali menjadi juara setelah mengalahkan kroser Selandia Baru James Booth Eliot.

Dari hasil pantauan Tim Liputan SL.com di lokasi Sirkuit Kala Hitam, perlombaan ini mirip seperti ajang coaching clinic yang dikemas secara profesional, lengkap dengan peraturan lomba yang diterapkan oleh IMI. Sehingga event ini tetap menarik untuk ditonton. Sebabnya menarik karena hampir semua jagoan balap garuk tanah tingkat daerah berkumpul jadi satu, berlomba memperebutkan hadiah.

Selain itu lapangan milik Yonif 312 Kala Hitam Wera, Subang, tempat lomba digelar mendapatkan sambutan baik dari para penonton dan peserta.

“Ini baru namanya sirkuit, treknya juga lengkap. Saya cukup puas dengan acara ini. Harapannya tahun depan bisa dibikin secara rutin. Yang penting bagi kroser banyak jam terbang,” kata Aldi Bostar, pemilik tim Dumasari yang juga sponsor event.

Mengomentari event ini Komandan Yonif 312 Kala Hitam Wera Letkol Fadjar Tjahjono menyatakan kesiapannya mendukung hingga 5 tahun kedepan.

“Pokoknya kita siapkan tempat ini agar bisa dipakai berlomba hingga 5 tahun. Dengan harapan adanya trek ini, anak muda yang biasanya balap liar bisa menyalurkan bakatnya disini. Disamping itu kami juga bisa memakainya untuk latihan militer pasukan kami,” jelas Fadjar.

Sementara Helmy Sungkar dari Trendypromo Mandira merasa bersyukur bisa menyelenggarakan balap motocross setelah absen sejak 2008. Dan juga berencana akan kembali menggelar balap motocross sebanyak 5 seri di tahun depan, termasuk di sirkuit ini juga.

“Kalau sudah bisa startnya saja sudah bagus, maka kami punya keberanian mengadakan event ini. Tapi suksesnya event ini tidak lepas dari kerjasama dengan semua pihak terkait dan sponsor,” tukas Helmy.

Berikut ini adalah nama pemenang yang turun di kelas Master Motocross Subang yang masih dikuasai oleh kroser asing. Susunannya adalah Posisi/No. Start/Pembalap/Asal Daerah/Tim/Kendaraan/Poin per Kelas Moto 1 dan Moto 2/Total Poin.

132 Callen Dickson Australia Dumasari Bostar Kawasaki 22 25 47
14 James Booth Elliot Selandia Baru Dumasari Bostar Honda 20 22 42
27 Adi Aprian Nugraha Sumedang Dumasari Bostar Kawasaki 16 20 36
101 Andre Sondakh Manado Cargloss AHRS Kawasaki 25 11 36
2 Denny Orlando Solo Cargloss AHRS Husqvarna 14 16 30
162 Farhan Hendro Depok Cargloss AHRS Kawasaki 11 18 29
35 Aep Dadang Soreng Dumasari Bostar Husqvarna 15 13 28
22 M. Arjun Wicaksono Klaten Cargloss AHRS 12 15 27

Leave a Reply