Motor Skutik Pakai Pelumas Pertamina Enduro Matic

IMGP1206Jakarta, 10 Mei 2009. Tak terasa kalau memiliki motor skutik Yamaha Mio sudah empat tahun. Ketika itu tahun 2005, motor tersebut dibeli hanya dengan satu alasan, yaitu untuk keperluan antar-jemput anak sekolah. Tapi nyatanya motor tersebut malah semakin sering dipakai buat kerja harian. :-)

Alasannya? Karena kemudahan parkir dan kelincahan di kemacetan!

Liat saja beberapa parkiran motor di beberapa tempat di kawasan perkantoran/pembelanjaan Jabodetabek, saat ini sudah sangat sempit dan bersedesakan tak karu-karuan.

Bawa motor besar makin sulit mencari tempat parkir. Apalagi kalau sudah pakai box di kiri-kanan, bakal dijamin akan minta parkir tempat khusus. Tapi, kalau pakai motor skutik yang mungi ini hanya sekedar diselipkan saja dicelah-celah yang sempit tadi. Gampang kan?

Ukuran bodi motor skutik memang kecil, seperti bawa mini bike, apalagi mesin otomatis. Motor skutik jika dikendarai terasa ada kenikmatan serta kelincahan di jalanan macet. Selap-selip dengan manuver-manuver yang sempit masih bisa memungkinkan.

Soal kecepatan tak kalah bersaing dengan motor besar, tapi kalau dipaksa rasanya kasihan juga, masalahnya alat pengukur putaran mesin (RPM) tidak tersedia dipanel dashboard, sehingga tidak punya patokan untuk mengukur tarikan gas. Mau enggak mau, tarikan gas cuma dibatasi dengan selera aja, mau sampai dimana kuatnya.

Menyoal berapa banyakkah motor skutik yang sudah beredar pada saat ini? Entahlah. Yang pasti motor skutik  yang sudah hadir dan sampai hari ini sudah semakin banyak saja. Bahkan banyak pabrikan yang menyatakan akan lebih fokus jualan di sektor motor skutik.

Awalnya motor skutik ini dipelopori oleh merek Kymco, kemudian diikuti oleh pabrikan Yamaha, Honda dan belakangan Suzuki. Hingga saat ini jumlah pertumbuhannya semakin pesat! Boleh dibilang hampir semua rumah tangga modern kini rata-rata sudah memiliki motor dan motor jenis skutik  menjadi salah satu kendaraannya.

Bagi keluarga yang sudah memiliki dua motor, biasanya salah satu motor mereka adalah jenis skutik. Alasannya memang kurang lebih sama, awalnya hanya untuk keperluan antar-jemput anak sekolah.

Tapi nyatanya hal ini bisa berbeda jika sang ayah, abang, ibu, mbak, adik sudah merasakan nikmatnya pakai motor jenis skutik ini. Biasanya motor skutik suka jadi bahan rebutan antara abang sama adiknya. Benar gak tuh.. :-)

IMGP1208Melihat jumlah pemakai skutik yang sudah meluas ini, maka peluang bisnis di motor skutik inipun banyak yang ikut kecipratan. Mulai dari penjualan box motor, penjualan asesorisnya,  stiker-stiker, modifikasi skutik, knalpot skutik,  hingga sampai soal minyak pelumas khusus skutik.

Nah, untuk minyak pelumas tadinya pabrikan motor skutik yang menyediakan minyak pelumas secara gratis untuk perawatan berkala antara empat sampai dengan lima kali perawatan dengan syarat menunjukkan buku panduannya.

Tapi masalahnya bagaimana setelah masa ganti oli gratis sudah berlalu? Haruskah konsumen masih tetap membeli minyak pelumas pabrikan?

Untuk menjawab ini, maka tak pelak produsen pelumas terbesar di Indonesia, PT Pertamina (Persero) perusahaan milik bangsa Indonesia ini pun ikut mengambil celah bisnis pelumas skutik yang memang bisa dikeruk.

Kita ketahui bahwa minyak Pelumas Pertamina sudah memiliki produk pelumas berkualitas sejak lama, sudah memiliki pabrik atau penghasil minyak pelumas bermutu. Sebut saja merek-merek pelumas Pertamina tersebut antara lain merek Mesran, Fastron, Rored, PrimaXP, Enduro4T, Enduro Racing dan yang terbaru adalah Enduro Matic.

Pelumas Pertamina Enduro Matic memang masih anak bawang, wong produk tersebut baru dikeluarkan awal  tahun 2009. Tapi sesuai hasil pemantauan dipasar, ternyata jenis pelumas ini bisa diterima oleh masyarakat karena merek Enduro yang sebelumnya memang sudah dikenal.

Jadi, bagi pemilik yang sudah pernah pakai pelumas Enduro, pastinya tidak akan jauh-jauh dari merek Enduro. Jika ia saat ini sudah memiliki motor skutik, pastinya pelumas yang dipakai adalah keluaran Pertamina juga.

IMGP1211Enduro Matic adalah pelumas yang didesain khusus untuk mesin motor otomatis.

Mengandung bahwan additive Molybdenum, untuk mengurangi gesekan pada mesin yang mencapai temperatur dan kecepatan tinggi. Enduro Matic juga memiliki tingkat performance yang tinggi untuk meningkatkan perlindungan terhadap mesin motor skutik.

Saat ini Enduro Matic tersedia dengan kemasan SAE 10W-30 JASO MB/API SL dengan kapasitas 0.8 liter. Harga jual HET Rp.34 ribu per botol.

Apa yang bisa dirasakan setelah motor skutik memakai Enduro Matic? Terasa mengendarai motor skutik  jadi semakin lincah, akselerasi semakin cepat karena tarikan motor jadi lebih enteng dengan gas spontant. Juga, suara mesin motor pun jadi lebih halus.

Bagaimana dengan bahan bakar? Apakah pemakaian bensin jadi lebih irit?

Sayang sekali pengujian belum sampai ke arah sana. Tapi yang pasti mengendarai motor dengan pelumas Pertamina Enduro Matic bikin bikernya  makin percaya diri untuk terus selap-selip dengan tarikan gas spontant-nya. Kecepatan makin meningkat, dan makin enteng bro.. :-)

Ya, silahkan dicoba saja pelumas dari Pertamina Enduro Matic. Bagi yang punya pengalaman dengan motor skutik silahkan berbagi cerita. Terbuka dari merek apa saja.

Touring  Jakarta-Bali dengan motor skutik dan memakai pelumas Pertamina Enduro Matic bakal digelar dalam waktu dekat ini. Info lebih lengkap, silahkan lihat pengumuman dari Pertamina Racing di website:

http://pertaminaracing.com/

IMGP1224

Tagged with 

18 thoughts on “Motor Skutik Pakai Pelumas Pertamina Enduro Matic

  1. matic Honda biasa FLIXS.
    klo suzuki apa ya? oli SW gue masih gratis sih.
    tp gue perhatiin ko tampaknya sama aja kyk motor bebek.
    bener ng sih?
    #1

  2. bisa aja SW pake oli mesin spd mtr 4t pada umumnya.

    btw, gpp tuh mionya pake oli SAE 10w-30 (enduro matic)?
    klo cari tahu technical data properties enduromatic dimana ya? spt TBN, viscosity index, flashpoint dll?

    thx

  3. coba deh pake oli idemitsu pertama oli yg ngeluarin sae 10w-30 sebelum oli matic lain dr pabrikan ama pertamina ,gw pernah coba oli idemitsu soal bensin jgn di tanya 10 % soal nya dah di uji coba di sentul dan diliput ama 20 wartawan termasuk motorplus yg judulnya 72 jam nonstop

  4. setuju, gw abis pake federal, trus pake enduro matic buat beat ane.. suara mesin alus.. tarikan enteng.. puas dehh :D

  5. oli enduro matik luar biasa akselerasi 0 sampai 100 km/jam hnya 4 detik pke mio,gas enteng banget nglebihi vixion waktu tarikan awal….?manteeeppp.

  6. Thanks sebelumnya atas Infonya.. ane sdh coba juga pas mau touring ke Puncak Pekan Kemarin & Terbukti Akselerasi Motor Beat Ane Jauh Lebih Enak & Tarikan Uenteng Banget… Sampai bisa Nempel terus dgn Futsar cz Teman Gunakan Motor Itu. Utk Bahan Bakar sih sama aja.. tp luar biasanya agak sedikit Irit terbukti teman Gunakan Honda Beat Juga Baru Sampai Parung Sdh hampir Habis Sementara Motor Ane Bekurang dikit Doank…

  7. Gen,,, mau tanya dowk,,, Motor ku BEAT,,, Kuat ga yaa klo di pake Touring ke Ujung Genteng, Cikaso dari Jakarta. Nonstop!!! Infonya dowk

  8. [...] botol Yamalube Gear Oil Rp.10 ribu. Untuk pelumas mesin, SL.com membawa dari luar yaitu pelumas Pertamina Enduro Matic dengan biaya Rp.30 ribu. So, total biaya servis dan pelumas hanya Rp.69 [...]

  9. enduro matic ,top abis . .bbm irit ,mesin alus, tarikan enteng. .kualitas diatas yamalube dan mpx. . .puas dah makenya. .

  10. Mo’ tanya nih sampe berapa km ya untuk oli enduro matic?
    (untuk pemakaian yang standar / pulang – pergi kerja dengan kecepatan max 60 s/d 70 km)
    Mohon segera diberikan pencerahan!
    Rgds,
    Aziz

  11. kalo enduro yang 1 ltrnya ada ngga gan?

  12. klo di pake ke mio soul baguuss gkk ???

  13. Apa bener gan, enduro matic lebih OK dari federal???
    Klo HET enduro matic yg 0,8 ltr 34rb. Seharusnya begitu..

    Klo idemitsu HET nya berapa ya???
    Trus dibanding enduro matic gma Gan?…

  14. Enduro Matic itu menurut gw oli paling mangstabb dr Pertamina, racikan paling super mengingat harganya yg relatif sangat terjangkau. Klo oli Fastron, mmg mantab jg, tp harga relatif mahal setara merk luar, tp Enduro Matic ini harga masih di bawah merk2 lain, performa malah di atasnya.

    two words, TOTALLY RECOMMENDED !!!!

    Skywave 2010 gw udah jalan 60+ rb KM (maklum sales), mesin masih halus & enteng larinya, irit 35-38 KM/L bwt ngider jadetabek, krn selalu pake Pertamina Enduro Matic dan rutin ganti oli tiap 4000 KM, ganti filter oli tiap 12 rb KM.

  15. aq KYMCO LX MATIC 2004 lover from Sby ,pakai oil EnduroMatic mulai 2004 sampai
    skrg akselarsi motor sangat enteng.mesin halus !! dibanding pakai oli bawaan Kymco

  16. AHM Oil SPX2 VS Enduro Matic

    Honda SmartFilm VS Molybdenum

    Honda Cleaning Agents VS XP2 X’tream Power & Protections

    Base Oil AHM Oil SPX2 masih misteri, klaimnya sih Fully Synthetic tapi gak jelas apa base oilnya, PolyAlpaOlefin gk mungin, ester gk mungkin,,, kalo Enduro Matic sudah jelas Base Group III (Synthetic)

    AHM Oil SPX2 bau tengik, kalo Enduro Matic wangi permen karet

    AHM Oil SPX2 gk ada uji coba secara nyata, kalo Enduro Matic ada yaitu event jaya bali, fastron baganza, sehidup sematic, dll

    AHM Oil SPX2 serba misteri bahkan datashetnya aja gk dirilis, kalo Enduro Matic serba jelas, transparan, tidak banyak rahasia

    Pilih mana?

    Lebih baik coba langsung aja secara nyata di motor matic sendiri,,,

    Kalo aja AHM Oil cuma ada yg MPX2, pasti bakalan langsung pilih Enduro Matic, tapi skarang ada SPX2, jadi harus dicona sendiri dan rasakan bedanya,,,

    Repsol VS Pertamina

    R&D Japan VS R&D Pertamina (Indonesia)

    Specific Oil Recommended by Astra Honda Motor VS Universal Skuter Matic Oil by Pertamina

  17. Untuk Suzuki dan Yamaha SAE standar pabriknya bukan 10W-30 jadi kalo mesin kasar ya wajar, karena umumnya udh biasa pake SAE kental standar oli pabrikan jadi celah2 komponen mesin renggang gk sesempit honda

Leave a Reply