Suzuki nex, Skutik Paling Irit

15 Desember 2011. Irit, Lincah dan Gaya itulah tagline motor skuter matik (skutik) “Suzuki nex” sebagai motor terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang diluncurkan di Krakatau Ball Room, Hotel Mercure Ancol, Jakarta hari Kamis (15/12). Acara peluncuran dihadiri oleh pejabat VIP Suzuki Jepang, VIP PT SIS, Dealer Suzuki di Indonesia, dan tamu undangan.

SL.com sebagai independent media online turut hadir memenuhi undangan Suzuki dan melihat secara lansgung acara launching yang sangat meriah. Terlebih lagi melihat antusias para tamu undangan cukup tinggi, pasalnya semua orang penasaran dan ingin tahu mengenai gebrakan apa yang ingin dibuat Suzuki untuk bersaing di dalam industri sepeda motor di Tanah Air.

Ya, pihak management Suzuki memberikan presentasi singkat bahwa pasar motor matik atau skutik terus tumbuh tiap tahunnya. Dari Januari hingga November 2011 disebutkan pasarnya tumbuh 25% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di tahun 2011 ini penjualan motor matik diperkirakan akan melebihi angka empat juta unit.

Akibatnya, kontribusi motor matik untuk total pasar kendaraan roda dua lebih dari 50%. Meskipun di kelas motor matik ini volume penjualan Suzuki belum menggembirakan, tetapi Suzuki tetap optimis dan berinovasi untuk menjawab kebutuhan pasar roda dua Indonesia, khususnya pengguna motor matik.

Kabar bagusnya, Indonesia masih dipilih oleh Suzuki sebagai negara pertama untuk memperkenalkan motor skutik yang terbaru ini, karena Indonesia merupakan pasar yang sangat penting di dalam bisnis kendaraan roda dua.

Launching Suzuki nex

Di tengah booming penjualan motor matik inilah, maka Suzuki meluncurkan motor matik atau skutik terbaru andalannya, yaitu Suzuki nex. Motor skutik ini akan menjadi andalan Suzuki di kelas matik 110 cc ini yang telah dikembangkan dengan mesin dan body yang secara total baru memililki fitur yang siap bersaing dengan motor matik di kelasnya, yaitu irit, lincah dan gaya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Suzuki dihadapkan pada tantangan untuk mengembangkan mesin, frame dan design baru dari titik nol. Selain untuk gaya, kemudahan berkendara ternyata juga menjadi pertimbangan konsumen saat membeli motor matik.

Tapi seiring makin besarnya pasar motor matik, konsumen akhirnya membutuhkan matik yang irit BBM. Ini karena motor matik kini telah menjadi alat transportasi sehari-hari yang utama bagi sebagian besar konsumen Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan akan matik irit BBM ini Suzuki menciptakan mesin motor matik yang irit, lincah dan gaya. Tentu saja fitur yang paling diunggulkan adalah konsumsi BBM-nya yang mencapai angka 79,6 km/liter.

Brand Ambasador Suzuki nex

Bersamaan dengan acara launching Suzuki nex tersebut, Suzuki juga memperkenalkan brand ambassador nex, yaitu SM*SH dan Maudy Ayunda. Mereka dipilih menjadi duta Suzuki nex karena mewakili generasinya yang gaya, aktif, lincah, dinamis dan kreatif. Karakter ini sesuai dengan keunggulan Suzuki nex yang irit, lincah dan gaya.

Selain karena keunggulan fitur-fiturnya, pemilihan SM*SH dan Maudy menjadi duta nex diharapkan bisa mengangkat Suzuki nex sebagai brand yang disukai remaja dan semua kalangan usia. Meskipun menyasar ke kalangan remaja, skutik Suzuki ini dapat dikendarai semua anggota keluarga karena bodinya yang ringan dan tinggi jok yang rendah.

Rekor MURI Suzuki nex

Dengan mesin dan teknologi baru, skutik 113 cc Suzuki ini hadir dengan beberapa fitur unggulan seperti irit BBM, bodi ringan, ukuran kompak, tenaga besar, 6 pilihan warna dengan 2 jenis striping. Mesin nex diklaim sebagai yang paling irit di kelas motor matik 110 cc.

Hal ini dibuktikan dengan telah diperolehnya Rekor MURI untuk kategori motor matik paling irit. Angka yang dicapai cukup fantastis, yaitu 79,6 km/liter. Rekor ini dipecahkan di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 dengan metode pengetesan tangki bensin diisi penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit.

Dengan keunggulan irit BBM ini diharapkan Suzuki nex mampu merebut pangsa pasar di kelas matik standar yang cukup besar. Keyakinan Suzuki ini diwujudkan dengan mengusung slogan Suzuki nex, IRIT – LINCAH – GAYA.

Desain dan Spesifikasi Suzuki nex

Desain Suzuki nex dibuat dari nol. Dengan membawa konsep ringan, efisien dan bertenaga, Suzuki nex dirancang untuk memiliki tenaga besar tapi tetap irit BBM.

Ha ini bisa dilihat dari volume silindernya yang 113 cc, tapi mampu mencapai daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Untuk meningkatkan efisiensi BBM nex, Throttle Position Sensor (TPS) juga digunakan untuk mengatur pengapian sesuai posisi gas.

Bobot nex yang hanya 87 kg dan tinggi jok 735 mm membuat Suzuki nex mudah dikendarai oleh pengendara pemula, terutama wanita. Dengan bobot yang ringan ini, Suzuki nex jadi lincah bermanuver dan akselerasinya prima. Bodi nex yang ramping (665 mm) juga membuatnya mudah parkir di tempat sempit.

Keuntungan lain dari bodi ringan selain konsumsi BBM-nya jadi lebih efisien adalah parkir menggunakan standar tengah jadi lebih mudah. Kelebihan nex lainnya adalah untuk kenyamanan disediakan 2 buah rak penyimpanan yang mampu menyimpan botol minuman sebesar 500 ml masing-masing di bagian depan dan bagasi bawah jok yang paling besar di kelasnya, yaitu 4,8 liter.

Meskipun beberapa bagiannya dibuat ringan, bukan berarti Suzuki nex menjadi matik murahan dan didesain tanpa perhitungan. Sebagai salah satu pembuat motor berkualitas dunia, Suzuki menggunakan bantuan Computer Aided Engineering (CAE) untuk mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan.

Warna Suzuki nex

6 pilihan warna yang keren disediakan untuk gaya yang berbeda, yaitu: hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru tersedia dalam 2 jenis striping keren. Velg nex yang casting wheel juga menjadi daya tarik tersendiri. Velg nex mempunyai rongga di tengahnya untuk mengurangi bobotnya dan memudahkannya saat bermanuver.

Dengan semua keunggulan di atas, Suzuki nex yakin bisa bersaing di kelas matik 110 cc. Untuk membuktikan betapa irit, lincah dan gayanya Suzuki nex, media massa yang hadir saat peluncuran diajak untuk melakukan test ride. Masyarakat luas pun diundang untuk membuktikan sendiri keunggulannya di dealer-dealer Suzuki.

Target & Harga Jual

Menyinggung target penjualan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menetapkan angka sedikitnya 200.000 unit di tahun pertama. Dengan target ini diharapkan Suzuki bisa meraih pangsa pasar sampai 10% di kelas skutik standar.

Untuk mencapai target ini PT Suzuki Indomobil Sales mempertimbangkan harga jual yang kompetitif dan terjangkau. Harga On The Road nex dipatok pada angka Rp 12.350.000,- sudah termasuk velg casting wheel.

Usaha Suzuki ini diikuti pula dengan kesiapan jaringan layanan penjualan dan purna jualnya yang terus bertambah. Saat ini dealer Suzuki yang langsung berada di bawah PT. SIS telah mencapai angka 110 dealer sementara di bulan Maret 2010 hanya ada 38 dealer.

Jumlah showroom juga bertambah menjadi sekitar 1000 showroom di seluruh Indonesia dan saat ini telah siap melaksanakan aktivitas di setiap jaringan seperti traffic showroom, pameran, canvassing dan sebagainya.

Dengan seluruh persiapan ini, Suzuki berharap kehadiran nex akan mengubah peta pasar kendaraan roda dua Indonesia dan menjadikan Suzuki yang terdepan, khususnya motor matik. Hal ini sejalan dengan slogan yang digaungkan Suzuki, yaitu Change & Challenge. Kami percaya perubahan akan terjadi melalui nex.

Test Ride Suzuki nex

Usai acara launching tersebut, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan gelaran test ride yang berlangsung di halaman parkir Hotel Mercure Ancol. Nantikan artikel lanjutan tentang test ride tersebut pada artikel berikutnya.

SUZUKI MOTOR CORPORATION (SMC) and Participant List on Suzuki nex Launching Ceremony

NO Name (English) Company Business Title(English)

1. Mr. Masanori Atsumi, SUZUKI MOTOR CORPORATION, DIRECTOR AND SENIOR MANAGING OFFICER EXECUTIVE GENERAL MANAGER MOTORCYCLE ENGINEERING

2. Mr. Kazuhisa Toda, SUZUKI MOTOR CORPORATION, EXECUTIVE GENERAL MANAGER
GLOBAL MOTORCYCLE MARKETING

3. Mr.Toshikazu Yamaoka, SUZUKI MOTOR CORPORATION, CHIEF ENGINEER
GROUP MANAGER MOTORCYCLE PRODUCT / ENGINEERING PLANNING DEPT
MOTORCYCLE ENGINEERING

4. Mr. Hironori Iguchi, SUZUKI MOTOR CORPORATION, DEPUTY EXECUTIVE GENERAL MANAGER MOTORCYCLE QUALITY ASSURANCE DEPT. QUALITY CONTROL

5. Mr. Seiji Kamada, SUZUKI MOTOR CORPORATION, GROUP LEADER DEVELOPMENT QUALITY ASSURANCE GROUP MOTORCYCLE QUALITY ASSURANCE DEPT. QUALITY CONTROL

6. Mr. Yoshinari Ninomiya, SUZUKI MOTOR CORPORATION, ASSISTANT MANAGER
ENGINE DESIGN GROUP 4 MOTORCYCLE BODY/ELECTRIC DESIGN DEPT. MOTORCYCLE ENGINEERING

7. Mr. Daisuke Uchida, SUZUKI MOTOR CORPORATION, ASSISTANT MANAGER
BODY DESIGN GROUP 2 MOTORCYCLE BODY/ELECTRIC DESIGN DEPT. MOTORCYCLE ENGINEERING

8. Mr. Mitsuhiro Sugimoto, SUZUKI MOTOR R&D ASIA, PRESIDENT ENGINEERING DEPARTMENT

9. Mr. Nuttapong Pissakul, SUZUKI MOTOR R&D ASIA, ASSISTANT CHIEF EXPEIMENT ENGINEER DEPARTMENT

10. Mr. Shinsuke Furuhashi, SUZUKI MOTOR R&D ASIA, MANAGER DESIGN DEPARTMENT

11. Ms. Jidapha Wangkeeree, SUZUKI MOTOR R&D ASIA STAFF DESIGN DEPARTMENT

Spesifikasi Suzuki nex

Mesin
Tipe: 4-langkah, 1-silinder, pendingin udara
Sistem katup: SOHC, 2 valve
Diameter langkah (mm): 51,0 x 55,2
Isi silinder (cm3): 113
Rasio kompresi: 9,4
Tenaga maksimum: 94 PS/8.800 rpm
Torsi maksimum: 8,7 Nm/6.500 rpm
Sistem bahan bakar: Karburator (BS22)
Sistem pengapian: CDI
Sistem starter: Elektrik dan engkol
Transmisi: CVT/V-Belt
Kapasitas tangki: 3,5 liter

Sasis
Suspensi depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi belakang: Tipe lengan ayun, per ulir, peredam oli
Rem depan: Cakram
Rem belakang: Tromol
Roda depan: 70/90-14 M/C 34P
Roda belakang: 80/90-14 M/C 46P
Pelek: Casting wheel

Kelistrikan
Aki: 12V (3,0 Ah) / 10 HOUR
Lampu depan: 12V 32W/32Wx1

Dimensi
Panjang: 1.850 mm
Lebar: 665 mm
Tinggi: 1.035 mm
Jarak sumbu: 1.235 mm
Jarak pijak: 135 mm
Tinggi jok: 735 mm
Berat kosong: 87 kg

VIDEO

ALBUM PHOTO

One thought on “Suzuki nex, Skutik Paling Irit

  1. [...] penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit. Seperti apa teknologinya? Moggo kembali ke artikel ini, dan dibawah ini adalah informasi spesifikasi Suzuki [...]

Leave a Reply