5 Bikers HTML Jaksel Tembus Km 0 Sabang Aceh!

“Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia.

Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu, menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia”

imgp0655Jakarta, 4 Mei 2009. Info terbaru yang diterima hari ini melalui SMS, ada lima orang bikers anggota HTML JAKSEL (Honda Tiger Mailing List Jaksel) secara diam-diam menorehkan sejarah touring menuju Km. 0 (nol) di ujung NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) tepatnya di Pulau We Sabang, Provinsi Nanggore Aceh Darusalam (NAD).

Ke-lima bikers tersebut adalah Bro ‘Eyang’ Bima, Bro Marko, Bro Chepy, Bro Eka dan Bro Ferry. Nah, untuk Bro Ferry ia sebenarnya adalah anggota HTML Banten, hanya saja ia ikut bergabung dengan rombongan dan start secara bersama dari Jakarta.

Lebih dari seminggu perjalanan mereka dari Jakarta, start dari kawasan Pondok Cabe pada malam minggu, Sabtu 25 April 2009 (pukul. 22.00 WIB).  Tiba di tujuan Km 0 hari Senin 4 Mei 2009 pukul 13.00 WIB.  Bro Marko melaporkan tidak bisa SMS dari lokasi di Km 0 Pulau We karena tidak ada signal. Namun setelah maghrib, SMS baru bisa terkoneksi.

Dua dari mereka adalah anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) yaitu, JZ10HFE dan JZ09HNR.

Sewaktu mereka start dari Jakarta, saat itu mengambil tempat dari rumah tinggal bro Eyang Bima, dan ini sengaja dipilih untuk menghindari keramaian. Boleh dibilang perjalanan mereka sangat diharahasiakan, bagaikan pasukan khusus intelijen yang akan berangkat. Karena tiga motor memang dilengkapi dengan perangkat HT intelijen, bahkan masing-masing dari mereka bawa matras. 🙂

300px-weh_islandYa benar, perjalanan touring menuju Km. 0 ini memang di rahasiakan rapat-rapat sejak gagasan terlontar, persiapan, rapat-rapat, servis motor, hingga start. Setidaknya ini untuk membuat sebuah kejutan, sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Artinya, kalau sudah expose, takutnya nanti bisa batal atau tidak sampai di tujuan malah ini akan menjadi bahan omongan yang kurang sehat.

Penulis sendiri baru mengetahui adanya event ini sehari menjelang start  yang di sampaikan langsung oleh bro Marko.

Penulis sempat diminta agar jangan dimuat di blog dulu sebelum rombongan konvoi tiba di Km 0. Hal ini sebenarnya dimaklumi, tapi ketika melihat statusnya bro Marko di facebook, terbaca statusnya ada di beberapa kota yang sudah disinggahi di sepanjang jalur timur Sumatera.

Ya tentu saja perjalanan ke Km 0 diketahui oleh publik.  Bukan rahasia lagi dong.. 🙂

Keberangkatan dari tikum (titik kumpul) hanya dilepas oleh beberapa rekan HTML Jaksel, antara lain penulis blog ini sendiri, bro Tono, bro Eki, dan bro Gogor. Beruntung, sebelum keberangkatan ada sedikit obrolan dengan bro Marko seputar latar belakang, maksud dan tujuan menuju Km 0 ini.

Gagasan menuju Km. 0 ini terlontar dari sebuah obrolan ringan di sebuah rumah di Cinere sekitar bulan Februari silam. Ketika itu bro Chepy harus menghabiskan cuti tahunannya selama 20 hari. Dari pada cutinya hangus, maka dilontarkan gagasan touring jauh menuju Km. 0 yang akhirnya mendapat sambutan hangat dari bro Eyang Bima dan bro Marko yang mana memang sudah punya impian sejak lama ingin ke touring ke pulau Sumatera.

Awalnya tiga rekan bikers HTML Jaksel yang sepakat, dan akhirnya ditambah lagi dua rekan lain yang ikut bergabung, yaitu bro Eka dan bro Ferry.

km0-1

Bagaimana dengan persiapan? Sudah tentu persiapan touring jauh ini dibicarakan dengan seksama dalam beberapa kali rapat yang sama sekali tidak bocor. Motor Honda Tiger yang dipergunakan oleh ke-lima peserta pun harus overhaul di beberapa bengkel tertentu, sengaja agar kerahasiaan touring ini tidak sampai bocor.

Bagaimana dengan finansial? Touring ini adalah murni atas biaya sendiri dari masing-masing peserta dengan persiapan minimum Rp.5 juta rupiah untuk setiap peserta, termasuk biaya servis atau overhaul mesin motor. Mereka sama sekali tidak didukung oleh sponsor, ataupun pihak perusahaan manapun, sehingga kerahasiaan touring masih tetap bisa terjamin.

Jalur dan peta sempat diperlihatkan oleh bro Marko, untuk keberangkatan memilih jalur timur dengan tujuan Pakanbaru. Setelah itu dari Pakanbaru menuju Sumatera Utara melalui Duri, Rantau Parapat, Asahan, Kisaran, Tebing Tinggi dan terus ke Medan. Dari Medan menginap dulu dan perjalanan dilanjutkan ke Banda Aceh melewati Langsa dan Lhok Seumawe.

Menurut rencana, untuk jalur pulang dari Aceh ke Medan tetap menggunakan jalur yang sama, tapi nantinya dari Medan mereka akan melewati Danau Toba dan seterusnya  masuk ke Sumatera Barat dan terus ke Bukittinggi. Setelah itu, masih menurut rencana, mereka akan menikmati jalan-jalan di Sumatera Barat. Dari Bukittinggi kembali pulang ke Jakarta, dan nantinya mereka akan melewati jalur tengah Sumatera.

Sukses dan selamat buat ke-lima rekan HTML Jaksel yang sudah sampai Km. 0. Mereka juga mengakui bahwa perjalanan ini adalah bagian dari program “d’Banditos” alias bandit-bandit touring jauh.. 🙂

Kita tunggu apa saja oleh-olehnya dan juga cerita selengkapnya, demikian pula suka-dukanya selama perjalanan. Kita doakan agar mereka kembali ke Jakarta dengan selamat!

FOTO-FOTO MENJELANG START

The End.

42 thoughts on “5 Bikers HTML Jaksel Tembus Km 0 Sabang Aceh!

  1. Hotma Hutagalung says:

    Wah, keren sekali.. Pulangnya kok tidak lewat pantai barat? Suasana gunung dipinggir laut, lewat jalur eks tsunami. Banda, Lhoknga Meulaboh, BlangPidie Tapaktuan Subulsalam dan keluar ke Sidikalang Merek Kabanjahe Berastagi Medan.

  2. Rischi HTML-1058 says:

    Sukses untuk HTML JakSel, Tahun depan kita susul………………Bro

  3. @Hotma,
    Itu rute idaman fox our next Sumatera touring: menyisir pantai barat Aceh mulai dari Banda, Lhoknga, Calang, Meulaboh, BlangPidie, Tapaktuan, Subulsalam. Kalau perlu ke Singkil dulu.. 🙂

  4. wiiihhh semoga selamat selama dijalan dan kembali kerumah brothers sekalian…
    diem2 sih yah…kl tau pada mo kesana, kmrn2 bisa gw bilangin bokap gw nitip kunci rumah deh buat diinepin bro semua pas nyampe medan…sayang bokap gw baru berangkat minggu lalu ke jkt liat cucunya yg baru lahir…jadi rumah kosong dah tuh…
    but eniwei baswei…Congrats to all brothers yg udah nyampe ke Km o

  5. edan, bener2 edan…
    salut buat pandawa lima turing aceh, semoga selalu dalam lindungan, selamat sampai tujuan dan selamat sampai di rumah….

  6. Saluuuttt …

    mudah2an temen2 HTML bisa kemabli dgn selamat gak kurang satu atapun …

  7. salut utk rekan-rekan semua…semoga kita juga bisa ikut dan ikut merasakan sensasinya…ati-ati di jalan yah… **pantau via facebooknya om marko**

  8. Sampai detik ini komunikasi dengan mereka masih berjalan baik…ke lima brader kita ini dalam keadaan sehat,dan sedang berangkat menuju ke Jakarta.
    kita doakan saja,agar perjalanan mereka tidak ada hambatan.

    salam

    Touring Command Centre

  9. ryansetansurga says:

    MANTAP BRO!!
    SALUT!!
    gak kebayang klo ane ikut kesana…
    masih hanya menjadi sebuah impian saja kayaknya…hheehe..
    semoga selamat buat 5 rekan2 dari HTML jaksel…

    salam,
    Ryan

  10. wuih..mantabs
    akhirnya sampe jg Om chepy..
    salut dah..
    ga percuma nyiapin motor biar fit slama 1 bln lebih..

  11. manstab……………………..

  12. saluttt,………….bro,….moga moga,..hari ini udah bisa dibagi pengalaman touringnya,..selamat sampai jakarta lagi,…..bravo html,,,,,,,,,,,,,…….

  13. Pantesan aja minggu kemaren ketemuan ma Ferry, jahit celana jean banyak bener di cikupa…..jam satu siang setelah ngobrol ngaler ngidul bablas dia … kirain mo kemana mbandung katanya ? gak taunya balik maning ke banten…. dan nyebrang greekkkkkk…..

    Pokoke… mantap…. lah…
    padahal dah tau gelagatnya mo kemana gitu xiii xiii

  14. Damn, Salutex3 for this crazy tour !

  15. gut luck brothers !!! see u again in Jaksel

  16. waw waw waw… muuaanstabbbsss tenan Mas Brow. Uehehehe….
    *binun mo ngomong opo, abis kejutan bener, akhirnya ada juga yang nyampe sono…*
    Tapi tumben, kenapa Bang Yunan kok bisa-bisanya absen ? secara: touring-freaks, gwetooo…
    top top top gud marsogud….

  17. To Oom Stephen,
    Waaaa salud bener eikke sm apdet news bikersnya.
    Keep on going, Mas Bro.
    Tapi… sementara itu… kayaknya… jangan-jangan… Oom Stephen Langitan pribadi lagi *ngerancang* turing kemana lagi neeeehhh… ?
    *buru-buru mantau kristal ramal aaahhh…*

  18. Oky D. Yatim says:

    Wah selamat dan salut buat Om Chepy, Om Marko, Eyang, Om Ferry dan Om Eka.
    Bener2 rapih semua mainnya…samapai2 bnyak yang gak tau, well hati2 di jalan semua dan ride safe!

  19. arwin_789_tasik says:

    wuiih,, keren ooom… kapan ya bisa ikut,..
    mantabbsss

  20. MANTABS…n SALUUTTT……kapan bisa ikutin jejaknya yak……

  21. Congrats, bro!!!

    Sukses & Selamat kembali sampai ke tujuan.

    TFS, bro Stephen.

  22. Iqbal Prasetya says:

    Buat HTML JAKSEL,SLAMAT buat TURINKnya ke 0,km(SABANG)
    JANGAN LUPA Yach mampir-mampir ke JAMBI LG yach…!!!

    BY:ZONEcommunity (JAMBI)
    From:IQ_B@L_Zc:029

  23. Mantabs……..abisssssssss

  24. Up date status Bro Marko di facebook per hari Rabu 13 Mei 2009:

    Marko Soemarko:
    Bersama BAGIORO (Honda Tiger 1996) tuntas keliling Pulau SUMATRA selama 16 hari, berangkat jalur TIMUR sampe titik KILOMETER NOL Sabang Pulau WEH dan kembali melalui jalur BARAT total perjalanan darat 5.730 KM, Damage Cost: 152 liter bensin Premium, 5 liter Oli ENDURO 4T, ban belakang total abis, 1 rantai roda, 1 kabel kopling, 1 fiting lampu, 2 bohlam depan dan 1 braket Givi. Pengalaman yang didapat TAK TERNILAI.

  25. […] Ya, ada sambutan hangat dari rekan-rekan bikers HTML Jaksel untuk mereka yang telah kembali ke Jakarta setelah mereka menyelesaikan perjalanan touring 16 hari (1/2 bulan) menuju ke Km 0 Pulau Weh Sabang, Provinsi Nanggore Aceh Darussalam (NAD). Baca artikel sebelumnya di sini. […]

  26. […] silahkan dibaca dulu artikel yang terdahulu yang ada di blog ini juga: Artikel Pertama dan Artikel […]

  27. Sugeng budi raharjo says:

    Keren – keren Oy…. mana foto2 nya yg lagi di tugu KM.0 & Prasasti

    bagi2 cerita dan pengalaman turing ke KM.0 dong……!

    Maju terus HTML

  28. haryanto ( HTML 1932) Palembang says:

    alhamdullilah .. kalo dh kelar …
    rombongan sempet mampir ke palembang ….
    kok berita motor bro eka yg sempet trouble dikit ga dinaikkin …
    tp gpp … yg penting semuanya lancar2 aja ..
    sukses jg buat momod-nya …
    kalo ane ke jaksel bole donk ketemu ??? hehehehe

  29. […] artikel sebelumnya bisa dilihat pada bagian Pertama, Kedua, Ketiga dan artikel ini adalah artikel yang […]

  30. Fidi-1640 says:

    MANTAFFFF……
    GO HTML……..

  31. Tri nugroho says:

    Widdiih… Sadis bner touRingnya.. Pokoknya toP Abis . Bravo HTML

  32. […] baca artikel sebelumnya: Pertama, Kedua, Ketiga, dan […]

  33. […] baca artikel sebelumnya: Pertama, Kedua, Ketiga, dan […]

  34. kapan kapan k aceh lg tapi mampir d pasaman lubuk sikapink d sekre kami…'”c-loebssscc”

  35. selamat dan sukses buat rekan rekan html selatan semoga semangat mu membuat kit para riders bersemangat 45 bravo salam mrc bro asto

  36. […] artikel ini, dimana salah satu pesertanya menggunakan motor Honda Tiger picek yang telah menembus Jakarta-Titik Nol Pulau We Pulau Sabang Aceh, dan itu masih dilanjutkan lagi dengan perjalanan pulang ke Jakarta. Sehingga total perjalanan […]

  37. salam bikers..
    keren habis… perjalanannya…
    Saya pengendara Megapro, sedang merencanakan tour to Nol Kilometer dari Surabaya pada bulan Desember 2010 (direncanakan melewati malam tahun baru di Sabang). Jika tidak ada teman perjalanan, saya akan single touring.
    Berharap ada yang bisa berbagi pengalaman sebagai persiapan saya di jalan.
    Please advice.

    FB: Arang Sinner Rider

  38. Wew… ini Yg di jumpain sama temen di Sipirok, Aek Latong, Saluut Buat Temen2
    Kita jUga mau turing nanti dari Sumut – Bali Naik Motor….

  39. mantap bener HTML bisa touring ampe sejauh itu, faktor pendukungnya karena motor tigernya kuat n tangguh ya?keren dah pkknya buat HTML..

  40. budiharjo says:

    jos bro….kapan ya bisa sampai ke sana..kedepan rencana mau touring 3 titik terluar indonesia rote-atambua lanjut sabang.siapa mau ikut,,hehhehe

  41. wahh jadi pengen nih touring lagi tapi masih jawa aja hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *