SV-1 The Champion Of CMAAC 2011

22 Desember 2011. The Champion Of Clas Mild Accelera Auto Contest 2011 hari Minggu (19/12) di Balai Kartini, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta berjalan cukup ketat. Para nominasi menyuguhkan kreatifitas tinggi. Mobil SV-1 dari klub Connection milik Franklin menjadi juara. Inilah foto mobilnya tampil untuk photo session di Parkir Timur Senayan, Kamis (22/12). 

Mobil hasil kreasi Signal Custom Build, Bandung ini memang pantas jadi juara, karena sudah mengusung konsep green technology. “SV-1 adalah sarana transportasi darat yang menggunakan motor system yang dikonversikan menjadi energi geraknya. Mobil ini menggunakan sistem solar panel yang kemudian disimpan di Baterai Lithium Ion,” kata Andre punggawa  Signal Custom Build Bandung, di Parkir Timur Senayan.

Polusi menjadi masalah utama yang coba dijauhkan SV-1. Terobosan inovatif diterapkan pada mobil SV-1 ini, yang mana aslinya adalah sebuah Nissan berpenggerak roda belakang, dengan menggunakan listrik serta dilengkapi solar panel pada bagian hood. Basis mesin konvensional menggunakan tipe RB20DE yang mampu mengeluarkan tenaga 155 PS pada putaran 6400 rpm sementara torsi berada di kisaran 19 kgm pada putaran 5600 rpm.

Untuk motor listrik menggunakan tipe Advanced DC Series Wound Motor dengan nominal voltase 144. Sementara untuk Top speed SV-1 dengan motor listrik diklaim mampu mencapai 150 km/h. Satu kali isi ulang full baterainya memakan waktu 1 jam dan bisa berjalan kurang lebih 100 km.

Desain body sengaja tanpa atap untuk menegaskan karakter futuristik dan ramah lingkungan. Tampang depan, sisi, dan buritan terlihat begitu mantap berpadu dengan fender unik menutup ban belakang. Velg mengasup SV-1 Concave ring 20 inchi yang dibalut Yokohama Advan ST Sport Terrain. Mobil ini sudah mengusung regenerative braking charged yang berfungsi sebagai pengisi baterai.

Overall rangka body yang mengedepankan unsur aerodinamis ini terbangun dari struktur baja yang semuanya buah kreasi Signal Custom. Satu keistimewaan lain mobil ini ialah penggunaan iPod atau iPhone untuk mengoperasionalkan Digital Media Station terbaru dari Alpine berlabel iXA-W407EBT. Layar Audio sistem Alpine yang berukuran 7 inci ini juga bisa dioperasionalkan dengan sistem layar sentuh.

Dengan sederet aplikasi dan terobosan tersebut, wajar jika SV-1 berhasil meraih gelar The Champion Extreme Class Of Clas Mild Accelera Auto Contest 2011 (CMAAC 2011).

ALBUM PHOTO

Leave a Reply