adidas Tango 12: Official Match Ball UEFA EURO 2012

7 Desember 2011. Mengambil tempat di Pepenero Cucina Italiana Pondok Indah Plaza 2, Jakarta pada hari Selasa (6/12), “adidas” bikin acara jumpa pers untuk perkenalkan bola kaki “adidas Tango 12”, sebagai Official Match Ball UEFA EURO 2012™. Bola ini diungkap untuk pertama kali pada saat pengundian UEFA EURO 2012 oleh mantan atlet lompat galah asal Ukraina, Sergey Bubka. 

Bola adidas Tango 12: Terinpirasi oleh Desain Tango Klasik

Bola ini terinpirasi oleh desain Tango yang digunakan pada FIFA World Cup™ dan UEFA EURO™ pada awal tahun 1980, desain adidas Tango 12 merupakan interpretasi modern dari desain Tango. Garis berwarna pada bola, terinspirasi dari bendera dua negara tuan rumah – Polandia dan Ukraina.

Terukir pada desain Tango adalah tiga desain garis untuk merayakan seni memotong kertas, sebuah tradisi pedesaan di kedua negara tuan rumah, sekaligus menunjukkan karakteristik utama sepakbola – persatuan, kompetisi, dan passion.

“adidas dengan bangga memperkenalkan bola resmi untuk dipergunakan pada pertandingan UEFA EURO 2012™, Tango 12 untuk pertama kalinya di Indonesia. Kami sanggat senang dapat kembali berpartisipasi sebagai sponsor resmi dan penyelia bola resmi untuk turnamen sepakbola terbesar di Eropa. Didasarkan pada desain ikonik dan teknologi terdepan, kami yakin bahwa bola ini mampu mendukung permainan pemain secara maksimal,”  kata President Director adidas Indonesia, Ben Handradjasa dalam siaran persnya.

Melengkapi desain yang ada, adidas Tango 12 menampilkan serangkaian panel segitiga yang terikat bersama untuk memastikan stabilitas jalur. Menutupi panel pada bola adalah tekstur yang mendukung kontak antara sepatu dengan bola dan meningkatkan penguasaan bola. Diluar dasar bola, terdapat woven carcass dan new bladder untuk meningkatkan retensi udara dan mengurangi serapan air.

adidas Tango 12, yang telah dikembangkan selama lebih dari 2 tahun, telah melewati dua tahap pengujian – tes kualitatif pemain yang dilaksanakan di delapan negara berbeda, melibatkan pemain, federasi, serta klub, baik dari kelompok elit maupun kalangan akar rumput, dan tes lab kuantitatif.

Hasilnya, adidas Tango 12 telah memenuhi dan melampaui standar FIFA akan sebuah Official Match Ball yang menjadikannya sebagai bola produksi adidas yang paling banyak melalui serangkaian tes.

adidas Tango 12 adalah Official Match Ball ke sebelas yang diproduksi untuk turnamen UEFA EURO™ yang menjadikannya bagian dari sejarah perkembangan adidas football yang dimulai pada tahun 1963. Pada periode itu, desain Tango telah diproduksi untuk UEFA EURO™ – 1980 Tango River Plate, 1984 Tango Mundial, dan 1988 Tango Europa – menjadikan adidas Tango 12 sebagai bola ke empat dalam sejarah sepakbola adidas.

adidas Tango 12 akan digunakan pertama kali untuk bertanding saat UEFA EURO 2012™ yang akan dilaksanakan pada 8 Juni 2012 ketika negara tuan rumah, Polandia bertanding di National Stadium Warsawa. Setiap federasi yang bertanding akan menerima 30 Official Match Ball mulai tanggal 5 Desember 2011, enam bulan sebelum turnamen dimulai, yang dipakai untuk keperluan pertandingan.

Melengkapi acara jumpa pers tersebut, dihadiri oleh Monica Ang selaku Senior Brand Activation Manageradidas Indonesia, Cinthya Rizal selaku Brand Communication Manageradidas Indonesia, Patrick Wanggai dan Okto Maniani yang dikenal sebagai atlet Sepakbola, serta selebriti artis Darius, Augie, dan Calvin Jeremy.

Usai acara jumpa pers dilanjutkan dengan permainan sepakbola persahabatan antara para wartawan di Stadion Lebak Bulus, yang sekaligus mencoba langsung tentang kehebatan bola adidas Tango 12 yang dibanderol dengan retail price Rp. 1.7 juta (jenis Official Match Ball UEFA EURO 2012™). adidas Tango 12 sudah bisa ditemukan di adidas store mulai 3 Desember 2011.

Informasi lebih lanjut, silahkan meluncur ke:

www.adidas.com/football atau www.adidasnewsstream.com

 

ALBUM PHOTO

Leave a Reply