Meriah Otoborsa Tumplek Blek Otomotif 2009

imgp0978

Jakarta 3 Mei 2009. Acara tahunan dari Tabloid OTOMOTIF dari Gramedia Group yang disebut dengan “OTOBURSA Tumplek Blek” berlangsung sukses dan meriah. Bagi mereka penyuka otomotif, entah itu penyuka roda-dua, roda-empat, asesories, off-road, balapan, dan touring pastinya mampir di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan. Gelaran tahun 2009 berlansung pada weekend Sabtu-Minggu 2-3 Mei.

Acara Tumplek-Blek ini merupakan event yang ke sepuluh kalinya sejak gelaran perdana 8-9 Mei 1998. Paling tidak mereka yang suka kasuk-kusuk otomotif sudah hapal kalau acara seperti ini biasa dilakukan tiap tahun. Seperti biasa event ini bertujuan menyediakan kebutuhan komunitas otomotif, sekaligus merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun dari Tabloid Otomotif (10 Mei).

Melihat sejarahnya, teringat tahun 1997 negara kita Indonesia dulu pernah dilanda dengan “krisis ekonomi” akhirnya dimana banyak orang berani turun berdagang ke-arena terbuka. Ketika itu, di tahun 1998-an ada banyak café-café digelar di pinggir jalan oleh artis-artis Indonesia. Nah,  berawal dari kondisi krisis ekonomi, awak redaksi Tabloid Otomotif pun ikut melontarkan gagasan untuk menggelar bursa atau `pasar murah’ otomotif bernama OTOBURSA guna mengakomodir kebutuhan komunitas otomotif yang terkena imbas krisis.

Barang yang digelar dengan sebutan “pasar murah” mulai dari spare parts, aksesori hingga peralatan perawatan kendaraan (mobil dan motor) disediakan dengan harga khusus dibanding harga pasaran pada waktu itu. Sebagai tag line-nya, dipilihlah kata “Tumplek Blek” yang mewakili persepsi “semua yang dibutuhkan oleh komunitas otomotif ngumpul semua.”

Infonya event yang pertama berlangsung sukses, ada 25 ribu pengunjung memadati area Parkir Timur Senayan Jakarta pada waktu itu. Hanya sayang, di tahun berikutnya gelaran kedua tidak terlaksana karena tidak memungkinkan, bisa jadi pihak Otomotif yang lagi dilanda  krisis. 🙂

Namun begitu, sejak tahun 2000 hingga sekarang, aktivitas yang telah masuk agenda “Enjoy Jakarta” bekersama dengan Dinas Pariwisata DKI (sejak 2007) yang terselenggara secara rutin atau tiap tahun.

Pengunjung pun mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Pada 2008, terdata 6o ribuan pengunjung memadati area Plasa dan Parkir Timur dengan total nilai transaksi hingga Rp.11 miliar. Hal ini bisa terjadi lantaran inovasi konsep event yang dilakukan  semakin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya acara ini membuka peluang untuk ’keluarga’ bisa ikut serta hadirm sambil menikmati ragam atraksi a.l. taman lalu-lintas, kind zone area, food-court area, dan free-style attraction, gilas mobil, slalom motor, musik band dan lain sebagainya.

Bagi komunitas otomotif yang terbentuk melalui wadah klub, milis, sebenarnya disinilah tempat acara yang tepat untuk ”gathering.” Bahkan ada beberapa klub motor, mobil turut membuka lapak dan stand menjual barang dagangan sekaligus ajang pertemuan antara anggota.

”Hitung-hitung kita disini sekalian bikin rame acara, dan sekalian ngumpulin teman-teman yang sudah jarang ketemu lagi,” bilang anggota motor Honda Tiger MarinaX dari wilayah Jakarta Utara dengan seragam abu-abu.

Pada tahun 2009 ini, event disebut juga sebagai ”The 10th OTOBURSA Tumplek Blek” sedangkan jumlah yang ikut serta ada 340 peserta dari berbagi jenis stand, hingga lapak-lapak (tanpa tenda).

Sebagai catatan, jumlah stand di tahun 2oo8 mencapai 220 dan di tahun 2009 mengalami peningkatan menjadi 340. Mau tak mau gelaran ini pun semakin melebar, dan di tahun 2009 ini area Parkir Timur Senayan sudah ikut dipakai untuk memperluas acara.

Dengan HTM Rp.20,000 tak terasa bagi pengunjung ingin yang berlama-lama mengikuti acara yang dimulai dari pukul 10.00 s/d 22.00. ”Worth it banget bro.. puas deh datang kesini dengan modal 20 ribu. Nggak terasa kalo sekarang sudah malam begini pahadal gue datang jam 2 siang tadi,” ujar Boy asal Senayan yang sedang menikmati slalom motor Honda Blade.

Namanya juaga acara besar, sudah tentu perusahaan besar turut dilibatkan untuk mitra kerjasama sekaligus menawarkan produk-produknya. Sebut saja ada PT Astra Honda Motor, MBtech, TVS, PT Toyota Astra Motor dan Adira Finance. Turut mendampingi Teh Botol Sosro, Minerva Sachs, Sinnob, Topi, Murano, 3M, TDR Racing, Antangin JRG, Warta Kota dan ATM Bersama. ”Untuk mesin ATM kami siapkan ada empat titik,” ujar seorang panitia acara ketika sedang mengawasi sebuah ATM.

GALERY OTOBURSA (Foto dibuat hari Sabtu 2 Mei 2009)

The End.

Tagged with 

12 thoughts on “Meriah Otoborsa Tumplek Blek Otomotif 2009

  1. Waduh… kaya’nya seru betul yaa… Sayang aku ga bisa kesana, kantong tipis euy ;((

    Hiks…

  2. seru acaranya…

    n’ selamat ultah juga buat tabloid otomotif, semoga tahun depan tambah banyak stand nya.

  3. Keren Abizz. Ya walaupun ntn nya pd desek-desekan.

  4. weitsss ada foto ane yg lagi naksir tas … duh keluar dari Tumplek Blek bawa banyak belanjaan kekekeke …………..

    kesana ketemu si Dart ga bro .. anak KOBOI juga, gue beli lampu rem wireless ke helmet tuh sama doi ..

  5. maul ( HTML UTARA 1811 ) says:

    Thx bung Stephen Marina-X Masuk lagi artikel bung Stephen…skali saya ucapkan terima kasih….

  6. ryansetansurga says:

    wuiih ada macan putih punya bro valen DRC tuh..hehhehee…

  7. […] Posted by Taufik in Ninja 250R. Tags: kontan trackback Akhir Bulan Kemarin, saya di e-mail oleh bro stephen Langitan bahwa beliau diminta pendapatnya Oleh Tabloid Kontan mengenai Fenomena Ninja 250R dan Komunitasnya […]

  8. kereeennn . . . .heboooh !!!! 😀

  9. wahh seru dh smpe dsana…! keren2 brng2nya..! TP Y GY BOKEK JD CMN BSA LIATIN AJA… heheheheehehehe,,,!!

  10. […] ini sudah memperkenalkan logo baru. Sebagai referensi mengenai sejarah Otobursa bisa dibaca melalui artikel ini yang ditulis tahun 2009 […]

  11. pak…boleh tahu event organizer yang ngadain acara otobursa tumplekblek
    rencana ada keinginan ikutan acara ini….thxs

  12. Amazing! Its in fact amazing post, I have got much clear idea on
    the topic of from this paragraph.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *