Nih.. Daya Tarik Chevrolet Captiva VCDi 2.0L

25 November 2011. Apa sih daya tarik mobil baru Chevrolet New Captiva VCDI 2.0 L Diesel FWD AT? Mobil ini resmi diluncurkan hari Rabu (16/11) sebagai kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). Yuk.. kita simak lebih lanjut apa kelebihan mobil ini usai uji-coba di Proving Ground Bridgestone Indonesia, Kota Industri Surya Cipta, Karawang Timur, Jawa Barat. 

Chevrolet Captiva tampaknya bakal memikat penggemar SUV di Indonesia sejak hadir pertama kali bulan April 2008. Modelnya terbilang kini makin gagah dan macho, apalagi model terbaru ini memiliki desain lampu atraktif dan grill lebih besar demi menyerap udara lebih banyak lagi untuk sumber dayamesin diesel common rail terbaru, yang mampu menyuguhkan performa dan kenyamanan optimal.

Chevrolet Captiva kini tampil dengan dua pilihan menarik, yaitu mesin bensin 2.400cc dan diesel 2.000cc. Hadirnya versi diesel untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai pengguna SUV di Tanah Air. Yang pasti tiap varian Captiva sudah memiliki beberapa fitur paling lengkap dikelasnya. Terutama fitur keselamatan yang sudah menggunakan ABS dan EBD sebagai peranti standarnya.

Pada bagian interior memiliki beberapa perubahan yang memanjakan penumpangnya. Kenyamanan suspensi pun didukung dengan MacPherson Strut didepan dan belakang dengan 4 link levelizer, menjamin setiap bantingan yang ideal di segala permukaan jalan dan sesuai dengan beban diatasnya.

Pada versi bensin, sudah dipenuhi fitur yang lebih baik dibanding rival dikelasnya. Seperti penggunaan automatic climate control pada sistem pendingin kabinnya, kemudian kualitas audio unggulan dengan sistem Arkarmys Surround Sound System yang biasa digunakan di premium SUV.

Sebagai mobil kelas premium, Chevrolet Captiva kini sudah tidak pakai tuas atau pedal rem parkir (hand brake) konvensional, tetapi cukup dengan sistem electric parking brake. Cukup tekan tombol switch rem otomatis maka rem sudah terkunci secara elektrik.

Tidak pakai tuas atau pedal rem parkir (hand brake) konvensional, tetapi cukup dengan sistem electric parking brake

Yang tak kalah menarik untuk versi diesel, sudah pasti karena menggunakan mesin terbaru. Mesin buatan VM Motori Italia ini, mengalami perubahan cukup berarti diberbagai sektor. Antara lain menggunakan bahan lebih ringan serta komponen peningkat tenaga yang menghasilkan tenaga lebih baik.

Nah, untuk komparasi antara Chevrolet Captiva Disel antara model lama dengan model baru ini, bisa dilihat melalui artikel ini. Namun secara ringkas untuk beberapa keunggulan dapat dijelaskan dibawah ini:

Tak hanya tenaga mesin yang meningkat, maupun efisiensi bahan bakar, tapi yang menjadi unggulan dari mesin baru Captiva Diesel 2.oL ini. Selain itu mesin dengan Square Engine, dimana diameter dan langkah piston sama-sama memiliki jarak yang sama, yaitu 86 mm, membuatnya semakin responsif. Begitupun dengan Camshaft yang kini menggunakan DOHC sehingga efisiensi volumetriknya lebih ideal untuk suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Mesin dengan Square Engine, dimana diameter dan langkah piston sama-sama memiliki jarak yang sama, yaitu 86 mm

Pengguanaan nosel injektor yang mamou menekan solar dengan tekanan lebih tinggi juga membuat tenaga semakin besar. Komponen-komponen pun dibuat lebih ringan, seperti piston serta sistem DOHC yang menggunakan scissor gear menjadi lebih simpel dan ringkas termasuk penggunaan timing chain yang menjamin durabilitas lebih baik.

Cukup banyak hal yang dilakukan oleh pabrikan General Motor pada mesin Chevrolet Captiva ini. Selain dibuat lebih ringkas, dengan menggunakan sistem pendingin yang lebih simpel, juga penempatan posisi turbo dan exhaust yang kali ini menghadap ke depan. Sehingga pendinginan udara yang dibutuhkan mesin lebih cepat tercapai.

Tentu, selain dibantu dengan intercooler yang dimensinya disesuaikan dengan kebutuhan mesin barunya ini, agar lebih optimal dalam menurunkan suhu udara yang masuk ke lubang  inlet mesin. Belum lagi suhu mesin makin terjaga dengan penggunaan sistem pendingin radiator dengan kipas 3 percepatan. Hal ini diklaim oleh GM Indonesia merupakan hal yang baru dikelas SUV 7 penumpang.

Selain itu variable swirl, memungkinkan saluran masuk menyesuaikan bensin dengan kebutuhan dalam berbagai putaran mesinnya. Otomatis, sistem ini membuat efisiensi bahan bakar jadi lebih optimal.

Transmisi Cheverolet Captiva versi diesel 2.0L ini pun sudah menggunakan sistem transmisi 6 percepatan dengan steptronik membuatnya berakselerasi lebih cepat dan makin responsif. Selain itu, mobil 7 penumpang ini sudah menggunakan sistem audio yang sama dengan versi bensin, dan bagusnya versi diesel ini pun menggunakan electric parking brake yang membuatnya semakin elegan.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply