Mau Beli Mobil Baru: Test Drive!

image006

17 November 2011. Bro and sis.. apa saat ini lagi punya rencana mau membeli mobil baru? Jika ya, sebaiknya lebih dulu lakukan test-drive. Ya, pilihan dan tawaran merek mobil saat ini sangat banyak sekali. Masing-masing merek mobil tentunya punya keunggulan, kelebihan dan juga kekurangan. Nah, dari pada masih meraba-raba, maka ada baiknya lakukan test-drive.

Melakukan test drive, saat ini menjadi bagian penting dari proses membeli mobil. Fasilitas inipun sudah menjadi umum di setiap produsen mobil. Karena dengan test drive, maka kita sebagai calon pembeli akan mendapatkan informasi yang lebih mendalam, merasakan, dan juga melihat langsung fitur-fitur yang dimiliki oleh mobil tersebut.

Seorang salesman/salesgirl adalah orang yang memberikan brosur dan informasi soal spesifikasi, fitur dari mobil, maupun harganya. Sedangkan konsumen perlu pembuktian, jangan hanya omong doang. Walaupun hanya pengetesan, tak ada hukumnya bagi calon konsumen harus langsung membeli mobil tersebut, kan konsumen masih butuh informasi dari merek-merek lain. Setuju?

Sekedar referensi bagaimana calon konsumen harus bisa memanfaatkan sesi test drive semaksimal mungkin, antara lain:

  1. Siapkan SIM dan KTP untuk adminitrasi test-drive.
  2. Sebaiknya bawa anggota keluarga, jangan sendirian. Datang dengan pasangan suami-istri, bersama anak akan lebih baik lagi.
  3. Lebih dulu sejak dari rumah cari informasi dari internet, paling tidak konsumen sudah punya gambaran umum tentang mobil yang dimaksud.
  4. Santai saja, sepertinya belum terlalu mendesak atau serius mau membeli. Jelaskan kepada salesperson bahwa setelah ajang test-drive masih perlu waktu untuk berpikir, atau mau mencoba merek lain (jika perlu sebagai pembanding).
  5. Ketika mobil sudah ready untuk ajang test drive, tanyakan kepada salesperson yang akan menemani, antara lain minta petunjuk, rute, jarak, waktu dan aturan main selama ajang tes-drive.
  6. Ketika sudah berjalan, cobalah semua fitur-fitur atau keunggulan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Jika dibilang rem-nya pakem, minta izin untuk mencoba rem mendadak. Jika ingin mencapai kecepatan tinggi, minta izin dulu hal ini bisa dilakukan dimana. Jika memiliki fitur voice command, buktikan sambil mengemudi.
  7. Pihak dealer biasanya sudah punya rute yang dipersiapkan untuk sesi test drive. Rute ini dirancang agar bisa memberi pengalaman mengemudi di berbagai kondisi seperti jalanan kota, tol, jalan berliku/perbukitan, beragam kondisi lalulintas dan menunjukkan bagaimana mobil ini merespon aneka kondisi itu.
  8. Salesperson akan duduk di kursi belakang kemudi dan menjelaskan driving dynamics mobil. Calon konsumen duduk di kursi kemudi dan keluarganya di kursi penumpang, sekaligus bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di dashboard, pintu dan sebagainya. Rasakan juga seberapa lapang ruang kaki dan kepala.
  9. Saat berada di balik kemudi, calon konsumen bisa memanfaatkan untuk mengekplorasi driving dynamics mobil. Jangan lupa untuk memeriksa seberapa mudah mengatur kursi, kemudi, spion dan seatbelt
  10. Jalankan mobil dengan normal, tidak perlu ekstrim, toh kondisi ektrim tidak terjadi setiap hari. Bila memungkinkan tambahi rute test drive dengan jalur yang sering anda lewati/bakal dilewati setiap hari untuk mengetahui karakter dan kenyamanan mobil.
  11. Beri perhatian pada blind spot (area yang tidak terlihat dari spion), respon mobil saat akselerasi, mengerem, dan menikung. Juga seberapa mudah di diparkir atau mundur.
  12. Test drive biasanya berlangsung 30 menit dan tanyakan langsung kepada salesperson apalagi yang perlu diketahui oleh calon pembeli. Gali semua informasi yang ada selama ajang test drive.
  13. Jika berpasangan (suami-istri), setidaknya bergantian agar masing-masing punya pengalaman yang sama. Pendapat suami-istri biasanya punya pandangan berbeda, tapi jangan sampai ini menjadi keributan dirumah soal memilih mobil. Minta pendapat dari anak (jika perlu).
  14. Salesperson akan sangat menghargai calon pembeli yang menepati janji memberi jawaban beli atau tidak.
  15. Nah, jika calon konsumen terlihat 75% berminat, maka dealer biasanya akan memberi kesempatan lebih banyak untuk test drive dalam waktu lebih panjang agar calon-calon pembeli benar-benar mantap dengan keputusannya.
Dimana anda bisa melakukan test-drive? Biasanya shopping mall di Jabodetabek memamerkan sejumlah merek mobil. Disana ada pameran mobil yang menawarakan dengan acara Road Show, Drive Experience, dan sebagainya. Salah satunya adalah VW Polo: My German First Car yang baru saja diluncurkan, sekaligus menyediakan ajang test-drive dengan agenda dibawah ini:

Living World Alam Sutera: 8 – 13 November 2011; Puri Indah mall: 14 – 20 November 2011; Gandaria City: 21 Nov – 20 Des 2011; Sumarecon Mal Serpong: 28 Nov – 4 Des 2011; Pondok Indah mall 1: 19 – 25 Des 2011.

Photo dibawah ini adalah ajang Tes-Drive dari media online SL.com bersama keluarga. Kemudi pada saat itu dipegang oleh sang-istri, dan anak kami duduk di kursi penumpang depan. Sedangkan SL.com duduk dibelakang sambil motret. Lokasi test drive mengambil rute di sekitar Living World dan perumahan Alam Sutera, Serpong, Tangerang hari Minggu (13/11).

ALBUM PHOTO

One thought on “Mau Beli Mobil Baru: Test Drive!

  1. Saya mau donk cobain Test Drivenya..

Leave a Reply