Feel The Difference: Thai Cuisine

17 November 2011. Hm.. bicara soal kuliner, jangan lupa mencicipi makanan khas Thailand. Nah, beruntung SL.com mendapat undangan Test Drive All New Ford Ranger di lokasi jauh Chiang Rai Thailand bersama rekan wartawan selama tiga hari, 9-10-11 November 2011 yang lalu. Sontak dalam bayangan adalah langsung merasakan masakan khas Thai dari negaranya. 

Ya, popularitas makanan Thailand memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena makanan Thailand adalah salah satu jenis makanan yang paling disukai di seluruh dunia disamping makanan China. Teringat ketika SL.com lagi ikut training di London, Inggris selama satu bulan, sangat sulit mencari masakan Indonesia, maka restaurant Thailand-lah yang banyak beredar di London menjadi sasaran.

Di Indonesia sendiri, restaurant Thailand juga tak kalah populer. Di kalangan keluarga kelas menengah keatas, dan para pebisnis tentu saja sejumlah nama restaurant Thailand sudah menjadi favorit. Ketika ada undangan entertainment lunch, maka sebutan The Authentic Thai Cuisine menjadi pembicaraan untuk membuat janji pertemuan.

Cita rasa masakan Thai memang sangat khas, antara lain pedas dan asam. Terdiri dari makanan sup, kemudian disusul dengan makanan utama, dan desert. Nah, kalau masih penasaran, silahkan dicoba sendiri beberapa menu andalan masakan khas Thai, antara lain:

1. Tom Yum Goong: Atau disebut Spicy Shrimp Soup. Ini nama sup yang sudah mendunia memadukan rasa asam dan pedas. Dalam kaldunya terdapat aroma herbal, yang terbuat dari bahan segar dan alami seperti serai, daun jeruk nipis, lengkuas, air jeruk nipis, fish sauce dan juga bubuk cabai. Udang sering disajikan dalam makanan sup ini.

2. Pad Thai: Mie goreng khas Thailand ini cukup digemari oleh banyak masyarakat dunia. Dibuat di hot wok, sebuah wajan yang panas, mie ini dikombinasikan dengan taoge yang renyah, bawang, dan juga telur. Sebagai pelengkap, dicampurkan pula fish sauce, gula, bubuk cabai dan juga kacang tanah halus.

3. Gaeng Daeng: Gaeng Daeng, atau yang lebih akrab disapa kari merah ini terbuat dari potongan daging, pasta kari merah, coconut milk dan diakhiri dengan taburan daun jeruk nipis yang halus. Paling pas jika daging yang disajikan masih empuk.

4. Kai Med Ma Muang: Daging ayam dipadankan dengan kacang mete. Kedua jenis makanan ini dikombinasikan dengan baik di sebuah menu yang bernama Kai Med Ma Muang. Selain kedua bahan tersebut, ditambahkan pula kecap manis, bawang, cabe, lada, wortel dan juga jamur.

5. Som Tum
Salad Pepaya yang pedas ini benar-benar menggugah selera. Menu ini terbuat dari bawang, cabai, tomat dan juga papaya mentah yang diparut sehingga menjadi makanan yang lezat. Di beberapa daerah, ditambahkan pula kacang, udang kering ataupun kepiting asin ke dalam menu ini.

Foto-foto dibawah ini adalah suasana rombongan wartawan Indonesia bersama pimpinan PT Ford Motor Indonesia, termasuk SL.com yang memotret ketika kami makan malam di SALUNGKAM CUISINE dan makan siang di CHARIN GARDEN RESORT. Kedua resto tersebut berada disekitar Chiang Rai, Northern Thailand. Hm.. luar biasa enaknya. Asli made in Thailand bro..

ALBUM PHOTO

Leave a Reply