Drive Experience New VW Polo

15 November 2011. Kembali PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen) bikin acara media test drive New VW Polo di Livingworld, Serpong di hari Minggu (13/11). Usai pemaparan dan makan siang bersama di Restaurant White Hunter, segera SL.com bersama istri MP dan anak kami BJ merasakan sensasi berkendara VW New Polo di kawasan Alam Sutera. 

Sesuai dengan artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa PT Garuda Mataram Motor (GMM) ingin kembali membuktikan eksistensinya melalui merek Volkswagen (VW) bermain di pasar city car lima pintu. VW Polo adalah mobil jenis hatchback dan mobil ini merupakan senjata baru dari PT GMM untuk meramaikan pasar city car lima pintu (hatchback) di Tanah Air.

Dari pemaparan yang telah disampaikan, material yang digunakan VW Polo ini cukup mewah dan pengendara-nya bakal merasakan mantap dan tingkat kenyamanan-nya sejajar dengan mobil Eropa pada umumnya. Bicara soal efisiensi bakar, VW mengklaim bahwa BBM mobil ini sangat effisien dengan catatan 17,2 km/l.

Yup, langsung saja pada pengalaman driving New VW Polo yang dikemudikan oleh MP, dimana SL.com hanya bertugas sebagai tim peliput duduk dibelakang. Anak kami berusia 8 tahun, BJ duduk dengan mantap disebelah kiri ibunya. Posisi kursi lebih dulu di setel dan disesuaikan dengan ukuran badan pengemudi. Tak lupa safety belt langsung dipasang dengan mudah.

Sejenak mengamati panel instrument dashboard, terlihat serba baru dan jauh lebih canggih. Secara keseluruhan, VW Polo memiliki desain interior yang baru, kemudi tiga ruas, dan dashboard yang mudah dijangkau. Untuk memanjakan penumpang, VW Polo dibekali dengan perangkat entertainment New Radio CD/MP3 dengan 4 speakers.

Bentuk bodi dari luar memang terlihat kecil, tapi VW Polo ini sudah dibekali dengan kontrol stabilitas Electronic Stability Program (ESP). SL.com masuk kedalam dan duduk di kursi belakang. Oops, ternyata luas dan struktur bodinya lulus 5 bintang dari EurpNCAP. Ini adalah tanda bahwa sisi keselamatan yang sangat baik. Memiliki 3 poins seatbelt dengan pre-tensioner.

Tuas transmisi di geser oleh driver MP ke posisi “D”, dan terasa pergantian posisi gear ini sangat halus. Gas diinjak, maka mobilpun mulai bergerak dan meninggalkan Livingworld untuk selanjutnya masuk ke jalan umum di kawasan Alam Sutera. Pengemudi, MP langsung tancap gas, pasalnya pengemudi tahu benar soal keselamatan dari New VW Polo yang telah dibekali dengan ESP (Electronic Satbility Program), ASR, ABS, dan Brake Assist.

Driver MP, merasakan tingkat kenyamanan selama berkendara walaupun dengan waktu dan jarak yang sangat singkat. Selain merasakan dashboard baru, serta interior yang nyaman, juga sempat merasakan tenaga mesin yang dihasilkan. New VW Polo mengusung mesin 1.390cc empat silinder berdaya 85 hp pada 5.000 rpm dengan torsi puncak 132 Nm di 3.800 rpm.

Pedal gas diinjak lebih dalam oleh MP, dan spontan kecepatan tembus diangka 80 km/jam. Hanya saja, kami tak melewati jalan tol, atau jalan besar sehingga mobil New VW Polo berwarna putih yang dipakai secara bergantian oleh para jurnalis ini, belum terasa maksimum mengingat lokasi tes drive dilakukan di kawasan Living World Alam Sutera, Serpong Tangerang.

Mesin responsif New NW Polo telah dibekali dengan sistem transmisi 7-speed Dual Clutch Gearbox DSG. Kelebihan dari transmisi ini adalah, pemindahan gear yang mudah dari sitem otomatis ke manual. Ini sangat membantu buat mereka yang butuh percepatan, yaitu ingin menaikkan kecepatan dengan sistem manual.

Tag line “The New Polo: My First German Car” serta keunggulan fitur-fitur dari VW New Polo sudah lumayan cukup untuk bermain di pasar kelas city car lima pintu (hatchback), bersanding dengan Ford Fiesta, Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2, Nissan March, dan lain-lain. Ya, buat mereka yang belum pernah memiliki mobil asal Jerman, silahkan mulai dari VW Polo ini yang dijual Rp. 258 juta (OTR).

Anda tertarik mau melakukan test drive New VW Polo? Data lengkap lokasi ajang pameran dan test drive untuk umum sudah dimuat di halaman ini.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Drive Experience New VW Polo

  1. audio bawaan new polo ini dilengkapi dengan aux ga sih? apa hanya cd, mp3 dan radio ya? tolong dong butuh info niih..

  2. PROMO & INFORMATION VOLKSWAGEN NEW CAR – VW PIK 0215881321

Leave a Reply