All New Ford Ranger Serasa Mobil Sedan

15 November 2011. Inilah dia mobil kategori kelas pickup, tapi memiliki rasa mobil sedan. Demikian salah satu fakta yang dapat dirasakan oleh SL.com dalam kesempatan Jajal All New Ford Ranger di Chiang Rai Thailand hari Kamis (10/11). Apakah ini karena Teknologinya? Fiturnya? Interiornya? Suspensi? Mesin Diesel yang halus? Yuk, kita simak lebih lanjut artikel ini. 

Tak berlebihan SL.com mengatakan kenyamanan All New Ford Ranger sebagai mobil lapangan (field car), mobil proyek, mobil angkutan, kategori pickup ini memang hampir setara dengan kendaraan sedan pada umumnya. Dibawah ini sedikit penjelasan yang dapat disampaikan ketika SL.com usai menjalani tes-drive.

All New Ford Ranger terbukti memiliki pengendalian dan pengendaraan yang stabil di semua kondisi. Pasalnya rangka sasis, suspensi depan dan belakang serta sistem kemudi dari All-New Ford Ranger memberikan kenyamanan seperti dimobil sedan, serta kemudahan dalam kemudi, pengendalian yang lebih presisi serta kestabilan pada jalanan rusak sekalipun.

Dari penjelasan melalui All New Ford Ranger Overview memang sudah dijelaskan bahwa mobil pick-up ini telah disesuaikan secara seksama untuk beragam kondisi jalan sekaligus memberikan kemampuan muatan yang luar biasa. Suspensi belakang juga memberikan Ford Ranger tetap stabil pada kecepatan tinggi, baik di jalan tanah, jalan aspal, jalan pegunungan, sekalipun dimedan berat dengan jalan kasar atau berbatu.

Ya, memang sudah terbuki jika All New Ford Ranger memiliki solusi pintar dengan fitur-fiturnya yang canggih membuat Ford Ranger ini dapat dikemudikan pada kondisi sulit. Memiliki ground clearance sampai 237 mm yang dapat ditingkatkan dengan komponen driveline yang dipasang diantara rel rangka untuk mencegah kerusakan pada kondisi off road.

Untuk meningkatkan kemampuan Ford Ranger pada saat melintasi air, maka saluran masuk udara dan komponen kelistrikan utama truk ini secara strategis ditempatkan di bagian atas kompartemen mesin, memampukan pickup canggih ini masuk lebih dalam lagi ketika melintasi genangan air, sungai dangkal ataupun banjir.

Khusus Ford Ranger model Hi-Rider 4×4 dan 4×2 dapat melintasi air sampai sedalam 800 mm. Ini merupakan fitur yang terdepan di kelasnya yang bakal diminati oleh konsumen atau pencinta mobil offroad ketika harus menyeberangi sungai atau banjir.

Ford Ranger juga diakui kehandalannya, sangat mumpuni pada bidang kemiringan yang cukup tajam. Dengan fitur Hill Launch Assist, Ford Ranger yang dipenuhi muatan, dengan bobot sekitar 3.200 kg, dapat berhenti lalu maju kembali pada kemiringan 60%. Hanya saja SL.com tidak merasakan secara langsung kondisi ini, tapi sangat yakin melalui fitur-fitur yang ada pada All New Ford Ranger.

Dari pemaparan yang diberikan oleh Ford Global, dijelaskan ketika mobil menuruni tanjakan, fitur Hill Descent Control secara otomatis akan melakukan pengereman untuk memperlambat kendaraan ke kecepatan tertentu tanpa mengunci rem dan pengendara tidak perlu melakukan pengereman. Hal ini membuat Ranger lebih mudah dikendalikan dan memberikan keunggulan.

Ford Ranger memiliki model four-wheel drive dilengkapi dengan transfer case yang dikendalikan secara elektronik – baik untuk transmisi manual dan otomatis – yang akan membantu driver berganti dari 4×2 ke 4×4 setiap saat melalui tombol yang terletak pada konsol yang mudah dijangkau. Model yang lain juga dapat dilengkapi dengan electric locking rear differential atau limited slip rear differential untuk meningkatkan kendali traksi.

Lagi, sesuai keterangan dari Ford Global saat pengetesan di medan berat, All New Ford Ranger mampu menghadapi iklim panas dan dingin yang ekstrem, hujan, dataran tinggi serta sungai yang deras, gurun gersang dan jalan yang rusak berlubang-lubang.

Bicara soal safety jangan ditanya lagi, bahwa mobil pickup Ford Ranger ini adalah kendaraan serba guna yang bisa dipakai untuk pekerjaan harian, keluarga, maupun untuk kegiatan hobbi. Tentu saja, segala fitur keamanan disediakan dengan lengkap baik secara aktif dan pasif.

Perlindungan safety All New Ford Ranger yang canggih ini dimulai dari struktur bodi yang sangat aman, yang seluruhnya menggunakan baja berkekuatan tinggi. Hal ini bertujuan untuk melindungi pengguna kendaraan saat terjadi tabrakan, bersama dengan rangka baru yang membantu mengendalikan besarnya energi benturan.

Dengan model komputer yang canggih, para teknisi telah menilai lebih dari 9.000 benturan kendaraan virtual sebelum prototipe pertama kendaraan melakukan uji benturan fisik. Simulasi virtual memampukan teknisi menguji jauh lebih banyak skenario benturan daripada yang dapat mereka lakukan dalam pengujian fisik.

All New Ford Ranger juga menyediakan teknologi keamanan pasif baru, dengan ketersediaan dan jumlah airbag tergantung pada model dan pasar. Airbag di sisi jendela tersedia pada semua varian untuk yang pertama kali dikelasnya.

Airbag ini keluar dari headliner untuk memberikan bantalan pelindung kepala bagi pengguna kendaraan yang duduk di bagian samping pada saat terjadi benturan samping dan jendela dirancang untuk melindungi pengguna di kedua baris dengan menutupi struktur bagian atas dan kaca dari pilar A sampai pilar C.

Airbag di bagian samping depan juga tersedia, yang keluar dari bantalan di samping tempat duduk untuk melindungi tubuh dari daya benturan samping. Airbag lain mencakup airbag bagian depan untuk pengendara dan penumpang bagian depan.

Sabuk pengaman tiga titik tersedia di semua posisi duduk, dengan pretensioner dan load limiter di tempat duduk depan, sementara teknologi Ford BeltMinder membantu mengingatkan pengguna bagian depan untuk mengenakan sabuk pengaman.

All New Ford Ranger juga menggunakan teknologi keamanan aktif untuk membantu pengendara menghindari kecelakaan. Electronic Stability Program (ESP) merupakan alat bantu berkendara utama yang melakukan pengereman dan penurunan torsi mesin untuk mengendalikan gelincir roda serta memitigasi reaksi over- atau understeer pada kondisi licin atau saat pengendara berpindah jalur secara tiba-tiba untuk menghindari kecelakaan.

ESP dilengkapi dengan serangkaian fitur lengkap yang menjadikan Ranger semakin aman untuk dikendarai. Adaptive Load Control memberikan jaminan kestabilan tambahan bagi pengendara yang membawa muatan berat. Roll-over Mitigation secara saksama memonitor kecepatan, akselerasi lateral dan sudut kemudi Ranger, serta melakukan intervensi untuk memulihkan stabilitas jika kendaraan terancam terguling.

Sistem ESP Ranger juga menggunakan off-road logic yang menyesuaikan kendali ESP atas mesin dan rem untuk memberikan peningkatan stabilitas tanpa menimbulkan intervensi yang tidak perlu karena kondisi jalan yang kasar atau bergelombang.

Pada model 4×4, sistem ESP dapat dimatikan sebagian untuk menonaktifkan kendali over dan understeer serta mengurangi torsi mesin, sekaligus mempertahankan kendali traksi intervensi rem. Pengaturan ini sesuai saat berkendara melewati pasir atau lumpur yang dalam karena momentum kendaraan dapat dipertahankan sekaligus memaksimalkan daya cengkeram.

Kemampuan pengereman Ranger berkualitas tinggi mengandalkan kombinasi rem terbesar di segmennya dan berbagai teknologi pengereman untuk memastikan jarak henti sependek mungkin dalam segala kondisi. Anti-Lock Brake System (ABS) dan Emergency Brake Assist dirancang untuk mengenali situasi pengereman yang dilakukan saat pengendara panik dan meningkatkan daya yang digunakan untuk memperlambat kendaraan.

Gravel Road Logic pada ABS semakin memperpendek jarak henti pada permukaan gembur, yang merupakan hal umum di negara-negara yang sebagian besar jalannya tidak beraspal. Electronic Brakeforce Distribution memaksimalkan daya pengereman yang digunakan pada roda belakang saat muatan berubah sekaligus mempertahankan stabilitas yang optimal. Lampu peringatan secara otomatis berkedip memberi tahu kendaraan di belakang saat pengereman darurat.

Selain teknologi keamanan, Ranger telah dilengkapi dengan fitur pelindung pejalan kaki ciptaan Ford. Hal ini mencakup struktur di bawah bonet yang “hexageneous” mengurangi kemungkinan cedera kepala pejalan kaki, dan rancangan bumper depan yang menggunakan bahan penyerap energi.

“All New Ford Ranger ini merupakan kendaraan serba guna yang dapat diunggulkan, sebab Ford Ranger memang unik memiliki banyak fitur daripada yang diharapkan pada sebuah kendaraan pickup pada umumnya. Pada akhirnya, konsumen tidak hanya mendapatkan sebuah pick up dengan kemampuan muatan, mampu melintasi air di kelasnya, tapi juga mendapatkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang superior, serta penyempurnaan kabin dan teknologi terbaru, tutup James Henderson usai foto bersama di Le Meredien Resort.

VIDEO

All New FORD RANGER Road Trip #3

ALBUM PHOTO

One thought on “All New Ford Ranger Serasa Mobil Sedan

  1. […] orang wartawan yang diajak oleh PT Ford Motor Indonesia dalam rangka jajal All New Ford Ranger yang seperti sedan ini, hanya bisa merasakan sensasi kopi Doi Chaang Coffee House, sedangkan barang haram opium sudah […]

Leave a Reply