BMW M3 GTS siap melaju di Indonesia

image006

13 November 2011. Acara “BMW M Performance Day III” di Sirkuit Sentul Bogor hari Sabtu 12/11 (artikel ini) tampak dengan jelas PT BMW Indonesia memperlihatkan satu mobil modifikasi dari BMW M3 Coupé yang secara khusus dibuat untuk keperluan Club Sport Racing. Ya, mobil tersebut saat ini sudah hadir di Indonesia, dan pembeliannya harus dengan pesanan.

Mobil BMW M3 Coupé tersebut berwarna kuning jeruk orange diluncurkan sejak bulan Mei 2010 yang lalu. Memiliki balutan desain body yang lebih luas, lengkap dengan modifikasi mesin dan suspensi, dan mobil ini menghasilkan kendaraan multi fungsi yang terkoordinasikan dengan sempurna.

Pabrik BMW M GmbH memang menghadirkan kendaraan yang didasarkan pada desain BMW M3 Coupe untuk memenuhi kebutuhan Clubsport, serta kesempurnaan desain yang diperuntukkan bagi mereka yang menuntut kinerja dan performa tertinggi dari kendaraan mereka.

Hampir seluruh bagian dari mobil BMW M3 GTS ini dikerjakan dengan tangan, merupakan buah dedikasi dari para ahli BMW M GmbH. Hasilnya adalah sebuah kendaraan modifikasi dengan tingkat harmonisasi yang sempurna, dan ini hanya diproduksi secara terbatas sesuai pesanan. Yang pasti mobil ini lebih menitik beratkan pada kebutuhan motorsport.

Modifikasi dilakukan pada kedua drivetrain, suspensi, body dan interior kendaraan. Memiliki konstruksi bodi yang ringan sesuai aerodinamika mobil yang sangat elegan.

Mengusung mesin V8 high speed power 4.4 liter dengan tenaga 450 horsepower (331 kW). Performa mesin yang sangat luar biasa dari seri V8 dengan konsep high-speed nya ini ditandai oleh lonjakan-lonjakan kekuatan yang terjadi di berbagai variasi kecepatan mesin saat mobil BMW M3 GTS melaju.

Beberapa fitur khas mesin motorsport yang dapat ditemui adalah crankcase yang terbuat dari paduan aluminium-silikon khusus dengan desain bedplate, throttle butterfly terpisah, sensor anti-bentur dengan teknologi aliran ion, dan, pasokan lubrikasi wet-sump yang dioptimalkan untuk mencapai tingkat dinamika berkendara tertinggi.

M DKG Drivelogic tujuh-kecepatan dengan perpindahan gigi khusus didesain untuk arena balap, sehingga kecepatan yang dihasilkan bisa tembus 100 km/h (62 mph) dalam waktu 4.4 detik, dan top speed mampu menembus angka 305 km/h (tanpa ada electronic limiters).

Untuk transmisi kecepatan, mesin BMW M3 GTS diatur oleh teknologi gearbox Drivelogic M double-clutch yang tersedia pada model-model produksi reguler. Gearbox Drivelogic M DKG dengan 7 kecepatan ini mengikuti prinsip-prinsi yang dikembangkan untuk motorsport, dimana pemindahan gigi dapat dilakukan tanpa mengurangi performa mesin sedikitpun.

Transmisi ini khusus dikembangkan untuk mesin kuat berkecepatan tinggi, menawarkan kualitas paling ideal untuk percepatan dinamis yang tajam di setiap saat. Karakteristik perpindahan gigi pada Drivelogic M DKG tujuh-kecepatan ini telah disesuaikan secara khusus untuk mengimbangi modifikasi mesin BMW M3 GTS, sehingga pengemudi dapat menggeser gigi melalui tuas di konsol tengah ataupun dengan tuas M khusus yang tersedia di roda kemudi.

Menurut standar DIN, berat konstruksi yang diperbolehkan harus kurang dari 1.500 kg (3.300 lb), dan konstruksi BMW M3 GTS khusus dilengkapi dengan sabuk pengaman enam titik dan sebuah roll-cage yang terpasang di belakang pilar-B untuk menjamin tingkat keringanannya.

Dari desain dan konstruksinya, bahan yang dipakai serta peralatan khusus yang tersedia menjadikan BMW M3 GTS kendaraan pacu yang sangat ringan, memberikan pengalaman motorsport sejati disegala bidang bagi pengemudi.

Selain atap carbon fibre yang memang menjadi fitur standar BMW M3, berat kendaraan secara konsisten diturunkan melalui fitur-fitur baru yang tidak ada sebelumnya, seperti silencer yang terbuat dari titanium, konsol tengah dan lapisan luar pintu yang extra ringan, kursi belakang yang dihilangkan, penyejuk udara dan sistem audio otomatis, termasuk peredam suara.

Untuk menyalurkan kekuatan yang sangat besar dari mesin ke jalan dengan cara yang kurang lebih sama hebatnya, bahkan saat berada dalam kondisi yang paling ekstrim, BMW M3 GTS dilengkapi oleh teknologi suspensi yang juga berasal dari teknologi tinggi motorsport.

Sementara suspensi menumpu as roda depan dan belakang M3 Coupé BMW, poros subframe bagian belakang dibaut dengan kuat agar posisinya tidak berubah, dimana suspensi yang dipakai mngadopsi kabel penyesuai pada bagian peredam untuk memberikan kenyamanan tambahan saat inbound maupun rebound stroke terjadi.

Sistem pengereman BMW M3 GTS menggunakan fitur fixed callipers dengan 6 piston di depan dan 4 piston roda belakang. System DSC Dynamic Stability Control melengkapi potensi dinamis BMW M3 GTS. Ukuran nan depan dan belakang berbeda, terpasang pada rim seri M terbuat dari logam ringan dengan ukuran 19-inci dengan desain dua jari (double spokes).

Untuk mengoptimalkan aliran udara dan perlunya menyesuaikan downforce kendaraan, BMW M3 GTS dilengkapi dengan penghambat udara yang di desain untuk kendaraan balap dibagian depan dan sayap dibagian belakang. Pemasangan komponen-komponen ini meningkatkan kualitas aerodinamis kendaraan untuk dipakai dalam ajang motorsport.

Unit pemandu udara pada hambatan angin dibagian depan, misalnya, mempunyai ukuran geometris yang bervariasi, begitu pula dengan posisi sayap belakang yang pernah ditampilkan oleh BMW 320si di ajang Kejuaraan Dunia Kendaraan Touring WTCC (World Touring Car Championship).

Fitur eksterior seperti kidney-grill BMW dan desain insang berlapis krom pada sisi samping BMW M3 kini hadir dalam warna lapisan gelap eloxy-chrome yang hanya ada di BMW M3 GTS.

VIDEO

ALBUM PHOTO

Leave a Reply