Festival Loi Krathong, Chiang Rai Thailand

10 November 2011. SL.com menjalani test-drive All New Ford Ranger di Chiang Rai Thailand sepanjang hari Kamis, 10 November 2011 dengan satu komentar, sangat puas! Semua peserta, yaitu 19 orang journalis Indonesia menutup acara tes-drive tersebut dengan acara dinner di Kok River, Le Meredien Chiang Rai Resort. Lah.. apa yang menarik? Simak lebih lanjut. 

Yang menarik adalah ikut merayakan Loi Krathong Festival tepatnya pada hari Kamis tanggal 10 November 2011 di malam hari. Apalagi malam itu sedang berlangsung bulan purnama yang juga dirayakan di kota Chiang Rai, Thailand. Festival ini sesuai dengan kalender lunar di bulan November.

Festival Loi Krathong ini sangat indah, yaitu kita bisa melihat lampu lilin mengapung di Kok River, serta lentera yang diluncurkan ke langit. Mengutip Mbah Google, Loi berarti ‘untuk mengapung,’ sementara Krathong mengacu pada wadah berbentuk teratai yang dapat mengapung di atas air. Krathong itu terbuat dari daun pisang atau lapisan batang pohon pisang. Krathong berisi makanan, buah pinang, bunga, dupa, lilin dan koin (uang) yang bernilai rendah.

Keterangan diatas sangat pas sekali, seperti apa yang dilihat oleh SL.com di sekitar Kok River Le Meridien Resort Chiang Rai, dan benda inipun mengapung dan mengalir dibawa arus sungai. Kabarnya acara beginian dirayakan oleh seluruh warga negara Thailand. Apalagi di kota Bangkok, yang lagi banjir pun ikut di sebarkan Loi Krathong tersebut.

Kebetulan SL.com melihat langit malam hari sangat cerah, bulan purnama pun bersinar dengan terang sekali. Kami para tamu yang hadir di samping Kok River secara langsung ikut merayakan Festival Loi Krathong. Festival ini diyakini oleh orang Thailand untuk membayar dan menghormati semangat air.

Ya, paling tidak ini adalah sebuah pengalaman baru di Thailand, selain ikut meliput event test-drive All New Ford Ranger, SL.com juga mendapatkan keceriaan bersama teman-teman wartawan, yaitu pasang lentera dan dilepaskan ke langit secara ramai-ramai.

Orang Thailand menyebut lentera langit atau Khom Loi, yang secara harfiah mempunyai arti “lentera mengambang” di udara yang terlihat memang sangat anggun. Apa yang dialami SL.com adalah melihat lentera tersebut dalam jumlah puluhan yang berterbangan di langit. Bahan lentera ini terbuat dari dari kain atau kertas tipis dan dibagian bawahnya diisi dengan lilin atau sumbu api dengan bahan bakar minyak tanah secukupnya,

Ketika api menyala, udara panas yang dihasilkan mengangkat kain lentera dan melayang ke langit menghiasi pemandangan langit cerah pada bulan purnama. Selain itu terdengar dentuman petasan, kemudian kembang api yang tak pernah surut menggema di langit Chiang Rai Thailand. Tentu saja ini merupakan pengalaman seru khususnya bagi SL.com dan rekan-rekan wartawan yang baru pertama kali merayakan Festival Loi Krathong ini.

LOI KRATHONG SONG

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “Festival Loi Krathong, Chiang Rai Thailand

  1. Kapan ya juga bisa ke Thailan utk saksikan Loi Krathong Festival ini???
    Pasti sangat indah sekali, apalagi bulan purnama bgini.
    Beruntung kali Journalis yang ikut..

  2. sekali-sekali kita mau di undang juga?

  3. […] melepaskannya ke langit. Peristiwa ini mengingatkan SL.com ketika berada di Chiang Rai Thailand (artikel ini) dimana saat itu bersama wartawan otomotif dan management FMI juga melalukan hal yang serupa. […]

Leave a Reply