Fakta Ford Fiesta Capai 23.19 Km/Liter

1 November 2011. Masih ingat artikel bensin Ford Fiesta 20 km/liter? Tim penguji independent PT SUCOFINDO (Persero) telah memberikan pernyataan resmi atau final bahwa BBM Ford Fiesta mencapai 23.19 km/liter. Hal ini disampaikan oleh SUCOFINDO bersama PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Black Cat Arcadia Senayan, Jakarta hari Selasa (1/11/10). 

“Kami mengkaji ulang, dan menghitung secara akurat di kantor dengan hati-hati. Ketika di Semarang, kami memberikan gambaran dan perhitungan secara umum, dan pada hari ini Selasa, 1/11/11 merupakan pengumuman resmi dimana Ford Fiesta dalam ajang Fiesta Fuel Efficiency Challenge 2011 dengan rute Jakarta-Semarang yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2011 mencapai 23.19 liter/km yang diraih oleh peserta nomor empat,” jelas Ir. Elfian Beta L dari SUCOFINDO.

Yang berhak sebagai pemenang tidak berubah, tapi pencapaian angka yang berubah dimana secara resmi dapat ditegaskan bahan bakar Ford Fiesta layak mencapai angka 23.19 liter/km dengan kondisi mobil baru, berpenumpang dua orang (satu pengemudi, dan satu co-driver), dan mengikuti cara mengemudi yang direkomendasikan. Selanjutnya baca artikel trips dan triks mengemudi mobil agar hemat bahan bakar.

Tim Penguji Independent PT SUCOFINDO

Ford Fiesta diakui memiliki sejumlah award (penghargaan) kelas dunia dan terkemuka secara global. Melalui ajang Fiesta Fuel Efficiency Challenge 2011 ini telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin kendaraan irit bahan bakar di Indonesia, dengan rata-rata konsumsi bahan bakar yang dicapai oleh Fiesta Sport lima pintu melalui tantangan uji keiritan bahan bakar dengan rute Jakarta – Semarang.

Adapun tujuan melakukan uji keiritan bahan bakar di Indonesia adalah untuk menegaskan komitmen Ford dalam menyediakan fitur bahan bakar ekonomis terdepan di setiap segmen kendaraan dibawah rencana One Ford. Kita ketahui bahwa Ford Fiesta didukung oleh teknologi mesin 1.6L Ti-VCT dengan transmisi dualclutch PowerShift enam kecepatan, yang dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar luar biasa dan akselerasi mulus dalam segala kondisi.

Media online SL.com bersama sembilan orang wartawan dari media otomotif, dan juga lifestyle terkemuka ikut berpartisipasi dalam uji efisiensi bahan bakar All New Fiesta tersebut. Selama perjalanan, semua peserta yang terdiri dari lima unit mobil (masing-masing diisi oleh dua orang penumpang) harus mengikuti semua peraturan perjalanan dari tim penguji, demikian pula patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain:

Tangki bensin setiap mobil Fiesta diisi bahan bakar Pertamax Plus di Jakarta, untuk memastikan kualitas bahan bakar dan selanjutnya disegel pada awal perjalanan. AC dinyalakan dan diatur pada level 2 dan juga di segel, agar AC tetap pada posisi tersebut selama perjalanan, selain itu, tekanan angin pada ban juga disesuaikan di 31 psi, baik untuk ban depan ataupun belakang.

Rute yang dilalui dalam perjalanan Jakarta-Semarang ini merupakan jalur utama yang biasa dilewati oleh masyarakat pada umumnya, yaitu jalur pantura. Hasil terbaik diraih oleh Fiesta yang dikendarai oleh Ahmad Biondi dari Autocar dan Billy Israj dari Top Gear, dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 23.19 Km/l selama durasi 10 jam perjalanan, dengan kecepatan rata-rata 77.41 Km/jam.

“Acara ini tidak hanya menegaskan kepraktisan Ford Fiesta sebagai city car namun juga kemampuan nya sebagai mobil penjelajah. Fitur konsumsi bahan bakar yang efisien sangat bernilai dan menjadikan Fiesta sebagai mobil impian yang harus dimiliki,” jelas Biondi.

“Hasil test drive independen yang kami lakukan sungguh telah menunjukkan efisiensi bahan bakar Ford Fiesta yang superior dan memberikan pengalaman mengemudi secara nyata dari kinerja mesin TiVCT dengan transmisi Powershift,” ucap Bagus Susanto, Managing Director Ford Motor Indonesia.

“Dengan harga bensin yang terus melonjak, konsumsi bahan bakar ekonomis merupakan nilai tambah bahkan semakin menjadi pertimbangan bagi konsumen Indonesia yang cerdas – dan Ford Fiesta dengan jelas membuktikannya,” tambah Bagus.

Fakta Perjalanan:

Fiesta Sport 5 pintu: 23.19 km/L
Rute: Jalan Tol & Jalan Raya non Tol – Jakarta (pusat kota) → Semarang (sentral)
A/C: Dinyalakan dan disetel pada level 2 selama berkendara
Kap Mesin: Disegel
Tutup tangki bahan bakar: Disegel
Bahan bakar: Pertamax Plus untuk memastikan kualitas bahan bakar
Tekanan angin ban: Ban depan dan belakang = 31 psi
Beban penumpang: 2 orang (dengan 2 tas kecil dan peralatan lainnya)

Please follow and like us:

Leave a Reply