Sharing Info Pelumas Shell Advance Dari Michael Knaak

1 November 2011. Perjalanan SL.com ke Sepang International Circuit selama tiga hari berturut-turut mulai dari hari Jumat s/d Minggu (21-23 Oktober 2011) memang sungguh luar biasa. Pasalnya bisa bertemu dan ngobrol banyak dengan Michael Knaak, Project Leader Shell Advance Technical Partnership antara Shell-Ducati selama tiga hari tersebut. 

SL.com & Michael Knaak di tahun 2009

Pertemuan SL.com dengan Michael Knaak ini sebenarnya sudah tiga kali, yang pertama pada tahun 2009, yang kedua tahun 2010 dan ketiga di tahun 2011 ini. Semua pertemuan tersebut belangsung dalam event yang sama, yaitu ajang balapan paling bergengsi, yaitu “Shell Advance Malaysian MotorCycle Grand Prix” dimana pelumas Shell Advance selalu menjadi sponsor utama balapan, dan juga sebagai mitra kerja dengan tim balap Ducati MotoGP.

Ya, sebagaimana sudah sering kita lihat di televisi, majalah, maupun internet, dimana setiap motor pembalap Tim Ducati selalu ada logo Shell. Logo tersebut bukan sekedar sponsor, tapi yang lebih penting merupakan sinergi,  kerjasama dan kemitraan teknis antara Shell dan tim balap Ducati asal Italia.

Michaell Knaak dengan jabatan sebagai Project Leader, Shell Advance Technical Partnership tentu saja dianggap sebagai orang penting oleh Shell dan Ducati. Maka tak heran ia memiliki hubungan relasi yang luas dengan seluruh jajaran pimpinan dan mekanik dari tim balap MotoGP Ducati. Hal ini terpantau langsung oleh SL.com dan dua rekan blogger (Bro Taufik TMCBlog dan bro Rudi Triatmono) ketika berada di Sepang.

Ia menjelaskan kepada SL.com bahwa hubungan strategis antara Shell dan Ducati memiliki program pengembangan enggineering yang cukup luas, antara lain meliputi dukungan teknis dan konsultasi, ditambah dengan pengembangan produk dan penyediaan pelumas Shell Advance di setiap event balap MotoGP. Tak hanya pelumas, tapi juga Shell menyediakan bahan bakar Shell V-Power untuk motor balap Ducati.

Adapun kemitraan teknis Shell-Ducati yang telah dikembangkan selama 11 tahun (diperpanjang hingga tahun 2013) telah memberikan hal positif bagi kedua nama brand tersebut yang kini semakin nyata dalam dunia balap, contohnya pada tahun 2007 tim balap Ducati melalui pembalap Casey Stoner #27 memperoleh predikat The World Championship of MotoGP 2007.

Nah, yang perlu dicatat disini, bahwa kemenangan ini merupakan satu-satunya produsen non-Jepang setelah perjuangan selama 33 tahun.

Tentu saja kehadiran pelumas Shell Advance untuk motor balap MotoGP bukan sekedar pelumas biasa, tetapi sangat penting untuk mendapatkan performance motor, seperti akselerasi, power dan mampu melindungi kondisi mesin motor Ducati yang terkenal garang. Campuran pelumas Shell Advace memang dirancang untuk mengurangi gesekan, serta menjaga kinerja mesin dan gearbox, serta membantu perlindungan terhadap keausan logam.

Saat ini laboratorium pelumas Shell berada di Hamburg Jerman, dan lokasi ini merupakan kantor Michael Knaak. Para insinyur Shell secara teratur mengunjungi pabrik Ducati di Bologna, untuk memastikan semua kebutuhan pelumas dan bahan bakar pem balap dapat dioptimalkan ketika berlaga dalam setiap event MotoGP.

“Di MotoGP, pelumas Shell Advance memiliki tiga fungsi utama, yang pertama berfungsi untuk mengurangi gesekan untuk meningkatkan tenaga mesin. Kedua, berfungsi untuk mempertahankan kinerja gearbox. Dan yang ketiga, berfungsi untuk melindungi semua bagian mesin yang bergerak, serta memastikan kondisi motor tetap handal hingga mencapai garis finish dan tentunya bisa menjadi juara,” jelas Michael yang ramah di ajak ngobrol.

Shell bekerja sama dengan Ducati untuk senantiasa memberikan pelumas sepeda motor yang bisa menghasilkan tenaga yang lebih, sambil mempertahankan keandalan mesin motor dalam lintasan balap. Inilah kunci utama dari keseimbangan pelumas Shell yang mana kontrak kerjasama dengan tim balap Ducati ini terus diperpanjang.

Inovasi dan komitmen Shell dalam dunia motorsport tidak hanya sekedar untuk kepentingan bagi tim balap Ducati Corse, tetapi juga hubungan kemitraan ini merupakan bagian integral dari penelitian yang luas, serta sebagai program pengembangan pelumas Shell Advance yang juga bisa diperuntukkan untuk semua jenis (merek) sepeda motor di seluruh dunia. Apakah bro masih penasaran dengan pelumas Shell Advance? Silahkan dicoba sendiri ya..

ALBUM PHOTO

One thought on “Sharing Info Pelumas Shell Advance Dari Michael Knaak

  1. […] Advance dari pakarnya. Hal ketiga adalah berbagi ilmu dari Shell dimana sebelumnya di berikan oleh Michael Knaak yang kabarnya beliau sudah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *