Test Drive Subaru Impreza di Batam

4 November 2011. Pengalaman bersama Subaru ke Batam bulan Oktober 2011 yang lalu lumayan cukup padat, dan tak ketinggalan test-drive sedan Subaru Impreza 1.5 AT. Nama Subaru Impreza identik dengan mobil rally kelas dunia, dan SL.com pun dapat kesempatan mencoba di trek tanah liat. Tentu saja ini cerita seru, mobil sedan dihajar di trek berlumpur. 

Usai mengikuti aacara pembukaan Showroom Subaru Batam, SL.com diberi kesempatan mencoba Subaru Legacy 2.oi dijalan umum di kawasan Batam Center, setelah itu menjajal mobil Subaru Forester (SUV) dan Subaru Impreza (Sedan). Untuk kedua mobil terakhir secara khusus mengambil medan berat di tanah liat, setidaknya trek dibuat mirip dengan ajang rally.

Subaru Impreza 1.5 AT warna hitam dijajal secara bergantian oleh tamu VIP, wartawan otomotif yang turut diundang oleh Subaru Motor Image. Singkat kata, mereka yang sudah melakukan uji coba Subaru Impreza 1.5 AT punya komentar sama, yaitu mantap. Ini adalah pengalaman baru melakukan uji coba mobil sedan di medan tanah liat kawasan Batam Center.

Mobil Subaru Impreza 1.5 AT ini sudah memiliki sistem keamanan yang baik untuk berkendara, antara lain immobilizer, kantung udara ganda SRS didepan, front three-point seatbelts with pretensioner & load liniter. Selain itu juga memiliki ABS (anti-lock braking system), dan semua hal tersebut menjadi kebutuhan penumpang untuk memacu kecepatan tinggi bak di ajang rally.

Mengusung mesin yang tangguh, yaitu model Horizontally-opposed, 4 silinder, 4 stroke, DOHC 16 katup dengan kapasitas 1.498 cc. Kemudian memiliki rasio kompresi 10:1 dengan daya maksimum 107 ps pada 6.000 RPM. Jadi tak heran lagi jika mobil ini bisa dipacu dengan kecepatan tinggi karena punya torsi maksimum 142 Nm pada level 3.200 RPM.

Trek tanah liat berlumpur mirip off-road tak menjadi halangan untuk bermanuver, apalagi ketika bermain dengan transmisi otomatis dirasa kurang mantap, maka shift gear langsung dipindahkan ke posisi manual untuk menambah akselerasi. So, perpindahan transmisi inipun tak terasa meski berada di trek yang berat ketika Subaru Impreza 1.5 AT sedang melewati jebakan lumpur.

Kelebihan Subaru Impreza 1.5 AT produksi asal Jepang ini adalah sistim All Wheel Drive (AWD) yang sudah menjadi ciri khas untuk semua varian Subaru. Dengan sitim AWD ini, ke-empat ban tetap stabil dan memiliki traksi yang kuat sesuai medan yang dilewati, terlebih lagi ketika menikung dengan kecepatan tinggi, jalanan becek, mobil tetap berada pada jalurnya.

Kondisi aman ini membuat SL.com tambah yakin untuk melakukan manuver menikung tajam dengan cepat disetiap tikungan. Ya, itulah pengalaman dari SL.com bersama Subaru Impreza 1.5 AT yang sudah memberikan kenikmatan tersendiri, apalagi test-drivenya bukan di jalan biasa, tapi di trek tanah liat berlumpur.

Dalam hal ini SL.com sudah punya sederet pengalaman text-drive mobil Subaru Impreza, antara lain Impreza STi-A Line AT 2.5-liter DOHC Turbocharged Boxer dan Impreza WRX STi Manual 2.5-liter DOHC Turbocharged Boxer. Akhir kata ucapan terima kasih ditujukan kepada PT Subaru Motor Image yang sudah meberikan kesempatan bagi SL.com untuk melakukan test-drive, baik untuk Impreza dan varian lainnya.

VIDEO

Leave a Reply