Band Just 4 U, Pemenang Yamaha Free Your Soul 2011

image006

5 Oktober 2011. Memadukan hobi musik dan motor, adalah ajang keratifitas anak muda masa kini. Nah, ini terbukti melalui lomba high school competition Yamaha Free Your Soul 2011 yang akhirnya dimenangi oleh sebuah grup band dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, yaitu Band Just 4 U. Band ini memiliki penampilan terbaik dan telah mengalahkan 4 finalis lainnya.

Atas kemenangan ini, Band Just 4 U bersiap-siap mewakili Indonesia mengikuti Yamaha Asian Beat Competition pada 13 November di Korea Selatan. Just 4 U memikat para juri dari Yamaha Musik endorse (salah satunya Andi/rif) berkat musik dan penampilan kostum etnik khas Yogyakarta yang dibawakan saat final high school competition dalam rangkaian event Free Your Soul di Lapangan Gasibu, Bandung (2/10/11).

“Mereka membawakan lagu karya sendiri judulnya Yogyakarta Kotaku dengan musik etnik. Kostum panggungnya juga sangat khas Yogyakarta dan sangat Indonesia. Atasannya menggunakan batik Yogyakarta dilengkapi kostum dalam berwarna merah dan luarnya putih menggambarkan bendera Merah Putih,” papar Yanuar dari Yamaha Musik.

Ciri khas Band Just 4 U itu menjadi poin tertingginya mengalahkan 4 finalis lainnya yaitu Line 04 dari SMAN 9 Bekasi, Speak for funk (SMM Percik Cikini), Simple story (SMAK Kalam Kudus Bandung) dan Mahesa (SMAN 2 Bandung). Dua anggota band Just 4 U juga terpilih masuk line best player untuk keyboard dan drummer, lead guitar dari Line 04, bassist dari Simple Story dan vocalist dari speak for funk.

Dengan perwakilan seperti Just 4 U yang membawa ciri khas Indonesia, diharapkan bisa memberikan poin lebih di Asian Beat Competition. Indonesia sendiri ditakuti di kontes ini karena selalu mengirimkan band-band unggulan yang punya ciri berbeda dibandingkan negara lain.

Event Free Your Soul sendiri digelar di tiga kota yaitu Yogyakarta, Jakarta dan Bandung. Tahun ini adalah gelaran ke-4 Free Your Soul dan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena bertemakan indie comic, indie clothing dan indie poster yang dilombakan. Ditambah high school band competition berhadiah ke Korea Selatan.

Sementara itu, acara puncak Free Your Soul di Bandung diisi band Netral. Netral tampil menghipnotis penonton yang didominasi komunitas indie Bandung. Bagus dan kawan-kawan sukses memenuhi selera anak-anak muda indie yang haus akan hiburan musik alternatif ala Netral.

Leave a Reply