Sukses Meriah BO RAPI Jaksel 1 Feb 2009!

image006

imgp02324 Februari 2009. Sebuah event rutin dibawah bendera RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) dengan nama Bimbingan Organisasi (BO) usai digelar di kawasan Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan hari Minggu (1/2/09) yang lalu. Apa yang menarik dari kegiatan BO RAPI kali ini?

Yang pertama, masalah pendaftar yang jauh diluar perkiraan panitia pelaksana (panpel) dan ini memang juga tak disangka. Adapun jumlah peserta yang hadir membengkak sampai 215 nama pendaftar. Padahal panpel semula memberikan batasan hanya sampai 100 nama pendaftar. Terus, kenapa jumlah peserta BO kali ini bisa membengkak? Ada apa sih?

“Mau gimana lagi? Masa teman yang sudah datang jauh-jauh ditolak juga, kan rasanya tidak manusiawi sekali, padahal kita tahu kalau BO RAPI semacam ini juga digelar oleh setiap wilayah organisasi RAPI secara reguler. Yah.. kita tampung lah biar  acara BO jadi rame,” ujar Om Tono JZ09HNY sebagai Ketua Wilayah RAPI Jakarta Selatan.

Yang kedua, harga pendaftaran BO hanya Rp50,000. Harga ini sudah termasuk dengan pembuatan sertifikat BO, makan siang prasmanan (bukan nasi kotak), kopi, snack, buku cetak BO dan materi pelatihan yang  belum pernah diterapkan oleh wilayah lain.

Yang ketiga, para peserta BO RAPI yang hadir adalah mereka yang datang dari berbagai kalangan atau komunitas, antara lain komunitas bikers, organisasi/perusahaan swasta, rescue team/team SAR swasta, hingga para penyelam profesional.

“Memang betul koq, ada banyak rekan yang hadir disini justru diutus oleh perusahaan yang sudah memiliki Team Rescue atau SAR, maupun perusahaan jasa sekuriti (red=keamanan). Ada peserta BO dari Team Rescue  Artha Graha Group,” kata Mas Tono yang juga biasa dipanggil dengan HNY sebagai penanggung jawab acara sambil menunjuk kostum seseorang dalam sebuah kelompok.

Yang keempat, masalah tempat atau lokasi acara yang lain dari pada yang lain. Mengambil tempat dan ruangan semi outdoor yang berada di areal camping ground. Rasanya peserta sedang berada di kaki gunung Gede atau kaki gunung Salak, atau sepertinya di Buper Cibubur, ternyata lokasinya di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan (samping  Jl. TB Simatupang).

Yang ke-lima, adalah semua peserta dan tamu yang hadir dapat merasakan suasana yang sangat akrab, harmonis, penuh keceriaan, serta canda dan tawa, baik  diantara para peserta maupun para tamu yang hadir. Belum lagi kehadiran orkes musik dang-dut/campur sari yang mampu menghangatkan peserta karena cuaca mendung, walaupun sedikit diguyur hujan gerimis.

Yang ke-enam, ke-tujuh sampai sepuluh hanya bisa dirasakan langsung oleh mereka yang hadir di lokasi dan ini sudah tak bisa lagi dikatakan dengan kata-kata lagi. :-)

Bagaimana dengan materi? Apa saja yang diberikan?

“Pada prinsipnya materi yang diberikan bersifat umum sebagaimana juga diberikan  oleh panpel BO dari wilayah lain”.

“Untuk teori ada materi tentang Sejarah dan Struktur Organisasi RAPI, Pemahaman AD/ART RAPI, Pengenalan Pengurus RAPI Tingkat Pusat, Prosedur dan Perijinan IKRAP, dan juga Pemahamam Tentang ‘Ten Code’ RAPI.” demikian ujar Om Didi pemilik JZ09FQT dengan posisi Sekretaris RAPI Wilayah Jakarta Selatan.

“Tapi, khusus untuk acara BO RAPI kali ini, pihak PANPEL dari RAPI Lokal Pesanggrahan Jakarta Selatan yang juga sebagai tuan rumah, memberikan beberapa bekal tambahan dan simulasi yang belum pernah dilakukan dalam acara BO yang sudah-sudah. Pada BO kali ini ada topik khusus Safety Riding, Survival Rescue, dan Setting Stasiun Darurat.” Ujar Om Didi yang murah senyum ini.

Safety Riding, Survival Rescue, dan Setting Stasiun Darurat adalah topik-topik yang membuat BO RAPI kali ini agak lain dari pada yang lain. Tentu saja materi seperti ini sangat diperlukan dalam aktifitas pertolongan kemanusiaan.

Sebagai contoh, ketika terjadi suatu bencana dan keadaan darurat, siapakah yang dapat membantu memberikan komunikasi?

Segala sesuatunya memang  sangat dibutuhkan dengan sigap dan cepat, tapi gimana jika para sukarelawan atau tim emergency SAR tidak punya pengetahuan dasar tentang pertolongan dan komunikasi radio? Itu mah artinya sama aja boong. :-)

Dengan pengetahuan Safety Riding, mobilasi pertolongan menggunakan sepeda motor adalah salah satu cara yang paling effektif.

Bikers RAPI atau lebih dikenal dengan RAPI RIDERS harus mampu menggunakan motor dengan cepat tapi aman (safety), sementara itu alat RAKOM yang disiapkan di motor juga mampu menembus komunikasi jarak jauh.

Ketika tim SAR yang dikirim sudah menembus jalur terputus dan sudah tiba di lokasi, maka selanjutnya tim SAR tadi harus juga mampu mendirikan tenda darurat, serta mendirikan stasiun komunikasi darurat dalam rangka membantu operasi SAR dan penanganan pengungsi bagi penduduk setempat.

Itulah sekilas gambaran dan maksud dari pada pelaksanaan BO RAPI yang konon termasuk sukses digelar. Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB.

BO RAPI kali ini terbukti mampu menggagas sebuah acara diklat  (pendidikan dan latihan) dalam satu kesatuan yang komprehensive (terpadu) antara satu materi dengan materi yang lainnya. Ada kegiatan indoor, outdoor, simulasi/praktek dan juga hiburan.

“Lumayan ramai nih, semua rekan juga ikut sibuk. Kita dari Panpel sengaja pilih tempat ini agar dapat menjawab semua materi yang diberikan. Yang pasti sertifikat BO langsung diberikan asalkan persyaratan administrasi peserta sudah lengkap,” demikian kata Om Ade JZ09EZS sebagai Ketua Pelaksana BO dari Lokal Pesanggrahan RAPI Jakarta Selatan.

Tampaknya ada beberapa materi menarik yang belum sempat masuk dalam diklat BO kali ini, diantaranya tentang bagaimana penggunaan GPS, alat kompas, pemetaan, dan teknik-teknik survival lainnya. Namun, semoga materi tadi dapat juga terealisasi di waktu mendatang.

Sementara BO RAPI berlangsung, tentu saja bagi para tamu yang hadir turut memanfaatkan acara ini sebagai ajang silahturahmi (kopi darat) bagi para breakers RAPI dari wilayah mana saja. Sekalian ikut joget berdangdut ria dengan iringan musik organ tunggal serta didampingi oleh penyanyi yang suka bikin gemes.

Adapun para  instruktur yang sudah ikut memberdayakan acara BO RAPI ini adalah mereka yang memang direkrut dan dipilih sesuai dengan bidang pengalamannnya, antara lain:

Om Heru JZ09DHR sebagai Ketua Daerah RAPI DKI Jakarta memberikan materi Organisasi Umum RAPI. Om Bambang JZ09EIE, Om Tio JZ09TIO dan Om Aden JZ09DGL memberikan materi Administrasi dan Etika Perijinan IKRAP. Om Herman JZ09GWQ dan Om Marko JZ10HFE memberikan materi Safety Riding. Om Budi JZ09EWH, sis Ida JZ09IDA, Om Andi JZ09EUB,  dan JZ09OPA memberikan materi Survival & Rescue dan Setting Stasiun Darurat. Om Didik JZ09FQT dan om David JZ09HTD dengan materi  Tehnik Radio dan Komunikasi (RAKOM).

Acara dibuka oleh Om Tono JZ09HNY dengan jabatan Ketua Wilayah RAPI Jakarta Selatan. Seluruh rangkaian didukung dan dibantu oleh semua anggota RAPI khususnya dari wilayah Jakarta Selatan.  Mohon maaf jika nama para panpel dan mereka yang sudah membantu dalam acara BO tidak dapat disebutkan satu persatu di sini.

Penulis JZ10HRB

ALBUM PHOTO

29 thoughts on “Sukses Meriah BO RAPI Jaksel 1 Feb 2009!

  1. Selamat atas terselenggaranya BO RAPI Jakarta Selatan, 1 Februari 2009…
    Kapan ya RAPI wilyah 24 Depok ngada’in BO?…. :)

  2. Bro…..kok ngak ngundang….ngundang neh…punya brother FQT juga ngak ngabari ya, by the way….sukses ya…..udah masuk di web RAPI NUSANTARA belum?…1 x lagi selamat dan sukses ya….

  3. Bro, kalau mau gabung buat di bali ada cabang RAPI ngga yah?
    boleh dunk info nya.
    thanks bro

  4. HARI MURTIONO says:

    Wah acara nya bagus banget. Lain kali informasi nya biar nambah pergaulan

  5. Sorry…bro, terlalu asyik sama yg lain, comunity sendiri sampai terlupakan,…just info, besok jam 12 siang, pengurus baru RAPI Wil 24 Depok beserta rekan2 akan melakukan kunjungan ke Region 10 Pusat untuk Anjangsana dan perkenalan pengurus baru…..yg berkenan mau ikut di tunggu di sekertariat wilayah 24, di 10.85 nya HBM…Bpk . Imam Sadargo. Jl. Cendrawasih . Depok I…
    ….want a take some picture…..hayo….

  6. Aku mau daftar rapi dong Oom Step… Jak Sel nih.. ke siapa yah?
    Sekarang sih masih terdaftar di plat merah dah mo abis masa berlaku IAR nya… pengen ke Ijo

  7. Klo perlu kita adain lagi BO di tempat lain, Cibubur misalnya dgn biaya yg sama. Mungkin ga om?

  8. jempolnya sampe 2 deh, buat HRB, tapi hasil wawancara yg sama 9HTD mana ? kan ada jg photo-photonya kok engga di Upload ?

    IPUNG ( JZ09DJJ )
    TEBET-JAKARTA SELT

  9. Bosss 09 DKG tahu bininya gawat tuh, pok neneng…….

  10. Wah liputannya top banget bro foto-fotonya juga heboh :) thanks bro stephen. Great Job bro, c u next action

  11. SUKSES buat RAPI,,ide dan konsep BO outdoor cemerlang,,salam dari om danu dan om bambang guntur,,

  12. om stephen mohon ijin ada foto yang saya link ke blog saya ya … please deh ;)

  13. thanks bro, besok minggu ada 2 event di sekitar jak-sel, pagi GRC HTML di Bumi Ragunan dan Turnamen Billiard di Bintaro sektor 3, hayoo berburu picture lagi buat personal web :)

  14. Om tks Suziku Shogon di pajang …. mudah2an bebek juga bisa bergaya .. ?

  15. Wah maaf om Stepen aku baru buka hari ini, pokonya oke banget dech

  16. Danar/JZ09HJJ says:

    Om steph. lam kenal by blog. n skalian mohon ijin ngambil sebagian foto2 BO buat dokumen. Trims

  17. SELAMAT ….. SELAMATT ….. SELAMAATTT !!!!
    Wah..wah…waahh…. SUKSES BWAT TEMEN2 JAKSEL ….. MERI TENAN AKUUU !!!!

  18. Wah Mantap bro Stephen…. untuk foto2nya…..boleh deh saya acungin JEMPOL

    sukses ya bro…..

  19. oom stephen . . . blognya dah aye add tuh ke agregator http://www.indomotoblog.co.cc atau http://indomotoblog.wordpress.com

    kayaknya belom pernah di add yah cmiiw

  20. SMOGA RAPI BREKER TETAP JAYA N SUKSES SLSALU.813.

  21. @ Doonald White, hubungi alamat ini:

    BALI-JZ14ZZD
    I Wayan Puja Astawa, JZ14BA Telp. 0361–228927
    BALI PIC : Drg.Suhendra, M.Kes, JZ14BC
    D/a DinKesSos Prop. Bali Jl. Cok Agung Tresna
    Denpasar 80037

    Sumber: http://rapi-nusantara.net/pengurus/alamat-pengurus-rapi-daerah.html

  22. @ 10HRN,
    waktu itu infonya aja di milis jz09zws@googlegroups.com
    dan juga muncul di facebook group RAPI.. emang kemane aje.. :-)

  23. @dono, gampang koq.. main di 142.600 Mhz.. break2 n minta kontak personnya, pasti dibantu.

  24. @Om Poetet.. pasti bisa lah.. peserta pasti tembus 500 orang :-)

  25. acungan jempol buat om poetet jangan lupa undang ogut masih ingetkan sama orang semper.makasih 73.88 ceriooooo….

  26. @ Om Ipung.. makasih ya utk jempolnya. Artikel 9HTD dibuat terpisah dengan judul “Teknik Pasang Rakom di Motor”.

  27. @ Om Didi, silahkan.. foto lagi ditambah nih.. :-)

  28. @09HJJ, silahkan Om.. langsung aja copas nya.. :-)

  29. Om Taipan, emang selama ini jempolnya kemana? Dipake dong.. :-)

Leave a Reply