Syahroni Spesialis Pelek Jari-Jari

4 Oktober 2011. Ingin berhasil tapi tak punya pendidikan tinggi? Jangan kuatir. Ada banyak kesempatan bro, sebagai contoh lihat saja pengalaman Syahroni Hermawan hanya tamatan SD, tapi punya keahlian khusus sebagai spesialis pelek jari-jari. Ia seorang bapak dari 3 orang anak asal Cirebon, yang memang tidak pernah mengecap pendidikan tinggi universitas. 

Syahroni, atau akrab dipanggil Bang Roni terlahir di tahun 1974 mulai merintis usaha stel pelek khusus jari-jari bukan karena bakat dari lahir. Modalnya hanya ketekunan dan kerja keras, mau belajar, serta motivasi yang kuat maka ia bisa mendirikan bengkel. Saat ini bengkelnya jadi sangat ramai di kunjungi oleh kalangan biker, khususnya mereka yang menggunakan pelek jari-jari pada motornya.

Pada awalnya Bang Roni hanya sebagai buruh lepas di sebuah pabrik perakitan sepeda di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Memang dulu saya gak bisa sekolah ke tingkat SMP, SMA, apalagi masuk universitas karena terbentur masalah biaya. Saya melihat orang tua saya hidup susah, maka saya pun memberanikan diri merantau ke Jakarta, dan beruntung saya dapat pekerjaan di pabrik sepeda hanya sebagai buruh,” jelas Roni.

Selesai bekerja di pabrik sepeda, pengalaman Roni berlanjut sebagai penjaga toko sepeda di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta. Tak lama kemudian,  Bang Roni pun membuka bengkel stel pelek bersama seorang teman bernama Chairil di Jalan Raya Gandul No. 13 Gandul Cinere Depok.

Yang namanya usaha, pasang surut pun pernah dialami. Apalagi lokasi bengkelnya berada di daerah pinggoran kota Jakarta. “Selama 3 bulan pertama buka bengkel, saya agak sulit mencari pelanggan, karena sudah banyak bengkel stel pelek didaerah ini, apesnya lagi bengkel kita pernah di bobol maling,” kata Bang Roni kepada Kru SL.com.

Menariknya di bengkel ini hanya ada 1 alat penyangga pelek, sementara tukang buka roda ada 5. Hal ini disebabkan karena hanya bang Roni yang jagonya soal stel pelek. Beberapa pelanggan mengatakan Bang Roni memang jagonya untuk pekerjaan stel pelek, ngga ada yang lain. Makanya pelanggan pun rela mau mengantri.

Istimewanya kalau buka ban di tempat ini dijamin tidak akan merusak pelek custom atau barang-barang aftermarket.

Alasan pelanggan datang ke bengkel tempat ini mereka juga tidak perlu repot-repot mencari jari-jari yang tidak umum atau pasaran ukurannya. Ada beragam ukuran jari-jari lengkap tersedia mulai dari pelek kecil motor skutik, hingga ukuran 21 inchi (roda depan motor trail), baik orisinil ataupun yang after market. Bengkel ini juga melayani pelanggannya untuk sekedar servis ringan segala jenis motor kecuali mesin injeksi.

Nah.. mau jadi usahawan ternyata bisa dimulai usaha setel jari-jari. Jangan putus asa buat anda yang belum sempat mengeyam pendidikan tinggi, atau belum mendapat pekerjaan. Sebenarnya ada banyak kesempatan disekitar kita yang bisa dijadikan pekerjaan. Buka bengkel, kenapa tidak? Ayo semangat!

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Syahroni Spesialis Pelek Jari-Jari

  1. Kl stel velg sepeda mini yg peyang ukuran 24inch bisa gk mas?
    Biayanya brp yaa? Velg depan n blkg, peyang/bengkok krn lobang di jln saat ban kempes

Leave a Reply