Profile MC Ricky Sitompul

24 September 2011. Buat mereka yang sering ke Sirkuit International Sentul, pasti sudah familiar dengan pria bernama Ricky Sitompul. Nama lengkapnya Frederick Priya Purnama Sitompul dan ia dikenal dengan kepiawaiannya sebagai seorang MC (master ceremony), khususnya di setiap podium kemenangan Sirkuit Sentul (lihat foto kiri).  

Jika anda sejenak mengamati gerak-gerik dan mendengarkan gaya bahasa Ricky, maka anda akan teringat dengan Alm. Kasih Darmawan Oloan Sitompul, yaitu seorang Maestro MC yang cukup terkenal di Tanah Air pada era tahun 1970-an hingga tahun 1990-an.

Ya, Alm. Oloan Sitompul adalah ayah kandung Ricky yang telah meninggal pada tanggal 26 Mei 2010 yang lalu. Diakui oleh Ricky sendiri bahwa kepiawaiannya sebagai MC saat ini memang merupakan bakat turunan dari ayahanda yang paling berharga (obituari Alm. Oloan Sitompul disini). Menurut Ricky, dia sendiri memang masih banyak belajar dari pengalaman-pengalaman yang pernah dimiliki almarhum ayahnya sebagai Maestro MC.

Pada jaman dulu, sang ayah Alm. Oloan Sitompul memang terkenal sangat piawai sebagai MC hampir disemua kegiatan olah-raga, dan lebih menonjol dalam olahraga tinju dan balapan. Sedangkan Ricky sebagai alumnus SMA PSKD 1 2001 ini adalah sarjana FIKOM Universitas Dr. Moestopo yang juga ingin memiliki kehebatan sebagaimana almarhum ayahanda.

Ricky yang gemar bersepeda, berenang, dan bermain hoki lapangan ini, memang belum punya segudang pengalaman banyak seperti ayahnya. Tapi sejak kelas di5 SD, ternyata Ricky sudah bisa mencari uang dengan menjadi seorang dubber (pengisi suara) di film kartun Casper & Friends yang disiarkan melalui stasiun TPI, sekarang MNC TV.

Adapun pengalaman berharga yang pernah diraih Ricky, salah satunya adalah menjadi MC di acara Asian Water Cross Singapura. Namun demikian sejumlah ATPM seperti GT RADIAL, Bridgestone, Oli Top 1, Pertamina, Daihatsu, Suzuki kerap mangajaknya untuk mengisi berbagai acara yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, pengalaman yang berharga yang lainnya adalah sewaktu ia menjadi seorang reporter RRI Pro 3.

“Cita-cita saya ingin sekali menjadi MC di acara event balap bergengsi skala internasional, karena saya ingat sekali dahulu almarhum ayah saya, pernah beberapa kali membawakan acara balapan World Superbike di Sentul, kemudian World Rally Championship seri Sumatra.” terang Ricky sambil tersenyum ramah yang saat ini juga aktif di Teater Pangung Maxima.

Pokoknya kita dukung habis Ricky Sitompul sebagai MC agar dunia olahraga otomotif di Tanah Air ini semakin hidup dan bersinar. Sukses selalu buat Ricky yang sudah tidak diragukan lagi sebagai MC, pasalnya dia mampu bercuap-cuap dengan perbendaharaan kata-kata yang penuh semangat!

Indonesia.. mari kita angkat piala kemenangan!

Please follow and like us:

One thought on “Profile MC Ricky Sitompul

  1. Semangattt……
    Bakat yang mantab….

Leave a Reply