GM Thailand Resmikan Pabrik Senilai US$200 Juta

9 September 2011. Sebuah berita dari General Motors (GM) mengabarkan bahwa perusahaan ini baru saja meresmikan fasilitas manufaktur mesin diesel terbaru paling canggih di Rayong, Thailand pada hari ini (9/9/11). Fasilitas pabrik ini memiliki nilai investasi US$200 juta yang mana lokasinya berdekatan dengan fasilitas manufaktur mobil GM. 

Hal ini merupakan investasi powertrain (rangkaian penggerak mesin) GM yang paling signifikan di kawasan Asia Tenggara. Dibangun dengan luas 54.275 meter persegi sebagai pabrik mesin diesel GM yang pertama di kawasan tersebut, serta pabrik yang pertama di dunia untuk memproduksi serangkaian mesin diesel terbaru dengan teknologi Duramax empat silinder.

Fasilitas tersebut memiliki kemampuan untuk memproduksi sekitar 120.000 mesin per tahun untuk digunakan dalam kendaraan yang diproduksi di Thailand dan pasar lainnya di dunia. GM mengharapkan dapat menggunakan pasokan komponen senilai US$ 94 juta yang diproduksi di Thailand untuk mulai memproduksi mesin pada tahun 2012.

Tahap pertama produksi mesin akan digunakan dalam mobil pikup all-new Chevrolet Colorado yang dihasilkan di Rayong setelah pengembangan teknik dan retooling fasilitas lini perakitan (assembly line) kendaraan.

Fasilitas powertrain baru GM Thailand merupakan komponen kunci dari strategi pertumbuhan GM di Asia Tenggara. Tujuan GM adalah menjadi produsen mobil terkemuka dan mesin berkelas dunia di seluruh kawasan.

Pembukaan fasilitas tersebut menyusul pengumuman komitmen GM untuk menginvestasikan US$150 juta dalam reaktivasi fasilitas manufaktur di Bekasi, Indonesia. Fasilitas di Bekasi akan memproduksi serangkaian jenis mobil penumpang baru untuk pasar Asia Tenggara.

Acara peresmian fasilitas manufaktur powertrain di Rayong di hadiri oleh President of GM Southeast Asia Martin Apfel serta Permanent Secretary of the Ministry of Industry Thailand Dr. Witoon Simachokdee dan Commercial Counsellor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Thailand, Michael L. McGee. Karyawan GM Thailand, dealer GM lokal dan pemasok juga hadir dalam acara tersebut.

“GM berkomitmen untuk mengembangkan bisnis di seluruh kawasan Asia Tenggara,” kata Apfel. “Dengan dioperasikanya fasilitas manufakur mesin ini kami dapat memenuhi komitmen GM untuk memberikan teknologi mesin diesel ramah lingkungan lebih efisien dan performa lebih tinggi untuk konsumen kami.”

“Memproduksi mesin secara lokal di salah satu negara ASEAN akan memperkuat komitmen GM untuk mengembangkan dan memandu pertumbuhan industri otomotif kawasan ASEAN yang kuat. Hal ini juga merupakan indikasi kemampuan tenaga kerja yang sangat baik di industri otomotif regional dan kepercayaan kami akan kecakapan mereka,” tambah Apfel

Fasilitas Manufaktur Berteknologi Canggih

Fasilitas manufaktur powertrain baru yang akan memperkerjakan hingga 500 karyawan pada akhir tahun ini, memiliki rekam jejak manufaktur (manufacturing footprint) yang lengkap. Fasilitas tersebut telah menggunakan teknologi komputer mutakhir dan peralatan yang dipandu oleh laser untuk meningkatkan presisi dan memastikan kualitas yang tinggi.

Teknologi ini sangat fleksibel, dengan kemampuan untuk beralih antara memproduksi mesin varian 2,5-liter dan 2,8-liter, tergantung permintaan pasar yang akan terus berubah.

Pabrik ini telah menggunakan teknologi yang memastikan tiada debu dalam fasilitas serta teknologi sistem iklim yang sepenuhnya dikontrol (fully climate controlled) untuk mengelola kelembaban fasilitas dan menciptakan lingkungan yang optimal untuk memproduksi mesin yang berkualitas.

GM Thailand juga menggunakan teknologi ramah lingkungan yang canggih diseluruh fasilitas, termasuk menggunakan sistem pencahayaan yang mengkonsumsi energi 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan sistem pencahayaan biasa.

Sebelum dibukanya pabrik tersebut, fasilitas ini telah melewati proses validasi yang ketat selama sembilan bulan untuk menjamin tingkat produksi yang optimal dan kualitas terbaik sejak dibukanya fasilitas tersebut.

Teknologi Diesel Duramax

Mesin diesel varian 2,5-liter dan 2,8-liter yang baru ini adalah produk terbaru dari kategori mesin truk Duramax. Mesin tersebut memiliki fitur overhead cams, turbocharging dan durable aluminum cylinder heads untuk kualitas dan daya tahan yang tinggi.

Dirancang untuk menghasilkan torsi paling tinggi di kelasnya, handal dan hemat bahan bakar. Mesin Duramax empat silinder telah diuji dalam kondisi ekstrim di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mesin Duramax tersebut telah memenuhi standar emisi Euro IV dan dapat digunakan untuk apikasi penggerak roda depan atau penggerak roda belakang dan depan (all-wheel-drive).

Selain itu, mesin Duramax tersebut juga telah lulus proses validasi ketat yang telah dilewati oleh mesin diesel Duramax 6,6-liter turbo yang dijual di Amerika Utara. Mesin Duramax yang lebih besar itu terkenal untuk performa yang tinggi dan mempunyai reputasi kehandalan serta daya tahan. Lebih dari 1,3 juta unit mesin Duramax 6.6-liter telah terjual sejak tahun 2001.

Fasilitas powertrain baru ini akan manambah investasi GM di Thailand sebesar US$ 1,3 miliar sejak tahun 1998. By the way, GM juga berkomitment melakukan investasi di Indonesia sebagaimana sudah ditulis melalui artikel ini.

Sekilas Chevrolet

Berdiri di Detroit sejak tahun 1911, Chevrolet merayakan ulang tahun yang ke-100 tahun ini sebagai merek otomotif internasional. Tahun lalu, Chevrolet menjual sekitar 4,25 juta unit mobil di lebih dari 120 negara di dunia atau 1 unit per 7,4 detiknya.

Chevrolet memproduksi mobil yang berbahan bakar efisien, aman dan tahan lama serta memiliki kualitas tertinggi, desain yang ekspresif, performa yang baik, dan nilai yang baik. Portfolio Chevrolet terdiri dari mobil berpenumpang, crossover dan truk, dari mobil performa seperti Camaro dan Corvette, sampai mobil berpenumpang yang sering memperoleh perhargaan termasuk di dalamnya Aveo, Sonic, Spark, Cruze, dan Malibu, hingga crossover seperti Orlando dan Captiva, dan juga pickup Colorado.

Chevrolet menawarkan mesin hemat energy, kendaraan hibrida, dan kendaraan listrik dengan daya tempuh tinggi, Volt, yang mampu menempuh jarak 80 km hanya dengan tenaga listrik dan tanpa bahan bakar, dan dengan total jarak tempuh kendara 570 km. Informasi lebih lanjut tentang model Chevrolet dapat diakses di www.chevrolet.com

Please follow and like us:

3 thoughts on “GM Thailand Resmikan Pabrik Senilai US$200 Juta

  1. Salam hangat mas stevenlangitan

    justmyimage
    mencermati tingginya kepercayaan investor asing pada suatu negara akan berdampak pada kemapanan yg tinggi terhadap ekonomi negara bersangkutan..harusnya pemerintah mau studi banding..

    nitip paket y mas stevenlangitan
    http://justmyimage.wordpress.com/2011/09/10/shadow-marketing/
    maturnuhun

    • justmyimage..
      ya betul.. imho studi banding yg dilakukan oleh pemerintah/DPR lebih sering ke negara2 Eropa, Amrik, Ausie.. padahal kemajuan yg ada di negara tetangga Singapura, Malaysia, Thailand jauh lebih tepat utk ditiru..

  2. Salam hangat mas SL

    justmyimage
    satuju jg mas SL …bila study banding masalah ke pemerintahan saja trus tak ada actionnya sama saja dan tak akan buat rakyat kenyang … (maaf mas SL agak bersemangat)

Leave a Reply