Oleh-oleh Makanan Khas Semarang

image006

1 September 2011. Walaupun hanya menginap satu malam di Kota Semarang, namun rasanya tak lengkap kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh makanan khas dari Semarang. Yang paling eunak itu membawa makanan khas Semarang yang terkenal, antara lain Bandeng Presto, Wingko Babat, Lumpia, Tahu Gimbal dan makanan khas lainnya. 

SL.com bersama dua orang rekan pada hari Sabtu 27/8/11, usai check out dari Hotel Novotel di Jalan Pemuda Semarang, diarahkan oleh Tedy Suryadi dari HC3 PT Astra Honda Motor untuk lebih dulu jalan-jalan menyusuri Bangunan Tua Semarang, kemudian disana SL.com mampir dulu memotret Gereja Blenduk yang terkenal sebagai ikon Kota Tua Semarang.

Selesai menyusuri Kota Tua Semarang, perjalanan singkat ini dilanjutkan untuk belanja oleh-oleh yaitu makanan khas Semarang yang berada di Jalan Pandanaran Semarang. Lokasi Jalan Pandanaran ini tidak jauh dari Bangunan Tua Lawang Sewu yang sudah dipercantik dan terlihat sudah tidak angker lagi. Semarang kini terlihat semakin cantik!

Di sepanjang jalan Pandanaran tersebut ada banyak dijumpai toko dan kios yang menjual makanan khas Semarang. Namun menurut beberapa sumber, disebutkan bahwa selain di Jalan Pandanaran, oleh-oleh khas Semarang juga bisa didapatkan di Pasar Johar, yaitu salah satu pasar tradisional yang masih bertahan ditengah gempuran pasar-pasar modern di Kota Semarang.

Apa saja makanan khas Semarang yang paling digemari?

Hampir semua orang mengatakan Bandeng Presto, yaitu makanan ikan bandeng yang memiliki duri lunak, sehingga durinya dapat dimakan sekaligus dan tak melukai lidah saat dimakan. Adapun salah satu toko yang cukup terkenal menjual makanan Bandeng Presto, adalah Toko Bandeng Juwana-Elrina yang terletak di Jalan Pandanaran.

Selain Bandeng Presto, juga ada makanan Wingko Babat, yaitu makanan khas Semarang dengan bahan dasar kelapa. Saat ini Wingko Babat dapat diperoleh dalam beberapa variasi rasa, seperti rasa durian, rasa coklat, rasa nangka, dan lain sebagainya. Wingko Babat yang terkenal dengan merk Kereta Api.

Yang tak boleh dilupakan adalah makanan lumpia khas Semarang. Untuk makanan lumpia ini tersedia dengan jenis lumpia basah, artinya bisa dibawa pulang dan digoreng dirumah untuk waktu beberapa hari kedepan. Namun yang paling enak adalah membawa lumpia khas Semarang yang sudah siap disantap dengan cabai dan acar asam. Sedap!

Goodie Bag PT AHM

Baru kali ini SL.com mendapat satu set goodie bag dari PT AHM dalam bentuk makanan, khususnya makanan khas Semarang. Akhir kata terima kasih kepada Divisi HC3 (Honda Customer Care Center) PT AHM untuk perjalanan ke Semarang dalam rangka meliput kegiatan “Mudik Bareng Honda 2011” khususnya pemudik Honda yang tiba di Semarang.

Leave a Reply