Warung Pecel Ibu Sumo Semarang

image006

30 Agustus 2011. Sementara lagi liburan Lebaran, kali ini SL.com mengupas soal Warung Pecel Ibu Sumo yang ada di Jl.Kyai Saleh No.8 Semarang. Kebetulan saja dalam rangka meliput kegiatan “Mudik Bareng Honda (MBH) 2011” di Semarang hari Jumat (26/8/11) yang lalu, SL.com diantar oleh supir mencicipi makanan khas Kota Semarang, Nasi Pecel Ibu Sumo.¬†

Pak Hendra sang supir Toyota Kijang mengantar SL.com makan siang menuju ke Warung Pecel Bu Sumo di Jl. Kyai Saleh, yang letaknya di sekitar belakang rumah sakit Karyadi Semarang. Tiba di warung sudah pukul 14.00 WIB tapi kondisi dan suasana warung masih ramai. Menurut Hendra, antara jam 12.00 s/d 13.00 adalah puncak keramaian dari warung ini, selalu ramai dan padat.

Disebutkan oleh Hendra bahwa makanan nasil pecel adalah ciri khas dari kota Semarang. Ya, makanan nasi pecel ini sebenarnya memang sudah menjadi makanan nasional. Biasanya para ibu-ibu rumah tangga hanya menyuguhkan secara sederhana, yaitu nasi putih dicampur dengan sayuran hijau, toge, kacang panjang, ditambah dengan bumbu kacang.

Dari pengalaman pribadi SL.com saat santap siang di Warung Pecel Bu Sumo, adapun yang bikin enak dari nasi pecelnya adalah sayuran yang masih segar dan bumbu kacangnya. Selain itu warung ini juga menyediakan lauk tambahan, antara lain kerupuk, telor ceplok, babat, paru dan gorengan bakwan yang masih panas.

Bagi SL.com, makan nasi pecel dengan gorengan bakwan yang masih hangat ini benar-benar sangat nikmat, gurih, apalagi ditambah dengan cabe rawit hijau. Belum lagi ada tambahan lauk telor ceplok, dan kerupuk yang bikin tambah eunak. Nah, bagi mereka yang suka dengan makanan nasi pecel, atau belum pernah mencoba, silahkan samperin Warung Pecel Bu Sumo.

Hanya saja, kondisi warung ini masih sederhana, tidak pakai AC, jadi harap siapkan sapu tangan atau handuk bagi mereka yang suka berkeringat. Karena menyantap makanan yang semakin pedas, akan semakin nikmat, dan keringat pun terus bercucuran.

Bicara soal harga jangan ditanya. Dengan total 4 porsi nasil pecel, 3 telor ceplok, 3 gorengan, 3 krupuk dan 3 minuman dingin, maka ongkos yang harus ditebus hanya Rp. 28.500,-. Bagi yang lagi ke Semarang, silahkan mampir. Dijamin nggak nyesel.

One thought on “Warung Pecel Ibu Sumo Semarang

  1. emh……… pecel pedas+ bakwan hangat adalah kegemaranku, jadi pengen ke semarang lagi…. :-)

Leave a Reply