Silahturahmi Buka Puasa Bajaj Auto

20 Agustus 2011. Banyak perusahaan yang bikin acara silahturahmi atau media gathering sambil berbuka puasa. Hal ini juga dilakukan oleh PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) yang dikenal sebagai produsen sepada motor Bajaj asal India. PT BAI menggelar acara bukber di Grand Cafe & Restaurant di Hotel Grand Hyatt, Jl. MH Thamrin Jakarta hari Jumat (19/8). 

Terlihat sejumlah wartawan otomotif, blogger otomotif dan juga para pimpinan dealer Bajaj hadir didalam acara silahturahmi tersebut.

Yang pasti seluruh jajaran pimpinan PT BAI hadir, antara lain Tomotaka Ishikawa sebagai Presiden Direktur, Dinesh Kulkarni sebagai Wakil Presiden Direktur, Rizal Tandju sebagai Marketing & Public Relations, dan Budi Dirgantoro sebagai Sales Functional Head. Yang cukup menarik adalah SL.com bisa berkenalan dengan beberapa pimpinan dealer Bajaj.

Dari beberapa obrolan singkat SL.com, maupun rekan wartawan dengan pimpinan PT BAI, dapat dicatat bahwa penjualan PT BAI cukup berhasil.

Menurut data PT BAI selama bulan Januari-Juli 2011 penjualan PT BAI sampai 100 persen, artinya tembus 15.000 unit dibandingkan periode yang sama ditahun 2010 lalu yang hanya menjual 7.200 unit. Selama periode tersebut, PT BAI hanya menjual jenis motor sport alias motor lelaki, yaitu Pulsar 135 dengan (47%), Pulsar 180 (32%) dan Pulsar 220 (21%).

Tomotaka Ishikawa berujar didalam kata sambutan, “Hasil penjualan Bajaj selama ini telah membuktikan Bajaj jika diterima oleh pasar Indonesia, namun demikian hal ini juga merupakan hasil kerja keras dan konsistensi dari PT BAI. Kami gembira, dan ini akan terus memotivasi kami untuk terus bekerja meningkatkan kualitas dan pelayanan yang lebih baik lagi.”

Posko Mudik Bajaj

Dalam rangka menyambut Lebaran 2011, PT BAI sudah menyediakan beberapa layanan posko mudik di beberapa titik seperti di Nagreg Km 36, Cirebon, Lampung (Kalibalok) dan Palembang (Brigjen Katamso).  Sedangkan jaringan dealer (penjualan dan servis) yang dimiliki PT BAI, antara lain 93 dealer resmi 3S (sales, service, sparepart) dengan dukungan 122 bengkel mitra di seluruh Indonesia. Diharapkan jumlah dealer resmi Bajaj akan terus meningkat menjadi 106 dealer hingga akhir tahun 2011 ini.

Sesi Tanya Jawab

Selama dimeja makan, SL.com masuk dalam obrolan ringan dengan staff dan pimpinan PT BAI khususnya bicara soal spare-part (suku cadang). Ternyata hal ini memang sudah disadari oleh PT BAI bahwa suku cadang asli Bajaj yang dikirim dari India dirasakan sangat lambat. Motor Bajaj jenis Pulsar 135, 180, dan 220 secara utuh masih impor dari India.

Bajaj Pulsar yang saat ini beredar di Tanah Air merupakan produk international, dimana negara India sebagai produsen Bajaj mengekspor tipe Pulsar hampir ke manca negara. Jadi, dapat dimaklumi jika pengadaan atau pengiriman suku cadang dari India ke Indonesia dirasakan sangat lambat.

Jadi, tak heran jika konsumen Bajaj Pulsar di Indonesia banyak yang mengeluh soal suku cadang motor Pulsar, bahkan dikatakan sangat susah untuk mendapatkan barang fast moving. Dari pertemuan selama acara bukber tersebut, baik para pimpinan PT BAI, maupun jaringan dealer penjualan Bajaj menyadari sepenuhnya akan permasalahan suku cadang fast moving ini. Namun hal ini akan ditindak lanjuti segera.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply