First Impresion New Honda Blade 2011

14 Agustus 2011. Kenapa New Honda Blade 110cc bisa laku 951 unit dalam sehari? Beli motor harus ngantri? Lihat artikel sebelumnya dimana PT Astra Honda Motor (AHM) bikin gempar jualan di Citos hari Sabtu (6/8). Nah, pada kesempatan ini giliran Tim SL.com menjajal langsung atau “Riding Experience New Honda Blade” pada hari Sabtu (14/8). 

4 unit motor karegori bebek, New Honda Blade terpakir rapi di halaman depan PISA Café Menteng, Jakarta Pusat. Dua unit dengan model spesial edition Honda Repsol, dan dua unit dengan model reguler. Hanya tiga unit yang dipakai untuk acara test-ride, sedangkan satu unit tetap ditempat dipakai untuk sesi pemotretan. Acara ini digelar oleh HC3 AHM (Honda Customer Care Center) sebagai tuan rumah acara, yang bekerjasama dengan PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Desain

Apa nih pandangan pertama dan perasaan SL.com dari hasil riding experience naik motor New Honda Blade ini? Yuk.. kita lihat dulu desain motor ini. Baik versi New Honda Blade Repsol dan Blade Reguler, keduanya punya suku cadang yang sama. Yang bikin beda diantara New Honda Blade Repsol dengan Reguler cuma warna saja. Soal model dan desain oke banget!

Secara keseluruhan motor New Honda Blade ini terlihat sporty dan elegan. Buat tampang dan gaya memang oke banget. Menurut Tim SL.com desain lampu depan tampak seperti milik Honda Vario, dan lampu senjanya yang juga mirip yang dipakai oleh Honda New Vario Techno. Buat pengamat Honda sudah pasti paham dengan desain ini.

Terdapat ventilasi dibagian depan berfungsi untuk menambah daya tekan roda depan. Bagusnya dibagian knalpot juga diberi ventilasi agar silencer tidak terlalu panas. Selebihnya desain ini bisa dibilang lebih tajam, dan runcing. Lihat saja  desain lampu belakang, lampu depan, dan cover lampu senja. Spadboard sedikit lebih kecil, lancip dan nungging.

Performa

Tim SL.com mendapat kesempatan jajal New Honda Blade kurang lebih 15-20 menit mengitari kawasan Menteng. Trek lurus didapat di Jalan Teuku Umar dan berapa kecepatan maksimumnya? Bagaimana pula tarikannya?

Sayang sekali speedometer tidak diaktifkan. Semua rekan blogger yang ikut ambil bagian dalam acara test-ride ini menanyakan kenapa speedometer tidak berfungsi? Singkat kata Tim SL.com sama sekali tak dapat mencatat berapa kecepatan maximum motor New Honda Blade ini, sementara tarikan gas sudah pol (gas habis) di Jl. Teuku Umar. Sorry.. no comment soal kecepatan maksimum.

Mengusung mesin 110cc yang pasti rasanya sama dengan motor bebek sekelas di lebel 110cc. Dari motor versi terdahulu, New Honda Blade tidak ada penambahan kapasitas silinder, tetap 110cc. Terasa mesin cukup responsif ketika masuk putaran menengah hingga atas, sedangkan putaran bawah tidak begitu, karena SL.com memang lebih sering main digigi tiga dan empat.

Mengusung teknologi HVIC (Honda Variable Ignition Control), hanya saja Tim SL.com belum maksimal merasakan performa New Honda Blade karena lalu-lintas cukup ramai sehingga konsentrasi lebih menuju kepada keselamatan, ketimbang merasakan secara detail dari New Blade. Hanya saja, karakter New Blade terasa lebih ngacir begitu masuk diputaran menengah dan atas.

Cocok Untuk Harian

Harga New Honda Blade Rp.14 juta (jenis reguler) dan Rp.14,2 juta (jenis Honda Repsol) dan harga tersebut merupakan harga On The Road wilayah DKI Jakarta. Nah, sebenarnya motor ini memang lebih nyaman, lebih cocok, dan lebih gesit dalam hal membelah kemacetan, selap-selip di tengah ruwetnya lalu-lintas kota,  maupun aktifitas harian.

Ketika melewati beberapa sudut keramaian, New Honda Blade terasa gesit di gigi dua, tiga dan empat. Artinya motor ini memang handal untuk diajak bermanuver diantara kemacetan.  Untuk mendukung akselerasi, maka rem cakram dipasok untuk rem depan dan rema belakang dengan ukuran masing-masing 70/90-17 (depan) 80/90-17 (belakang).

Sayang sekali Tim SL.com tidak sempat merasakan dalam kondisi boncengan. So, no comment about boncengan atau akselerasi dari New Honda Blade saat boncengan.

Konsumsi BBM

Weleh.. soal hemat BBM untuk Honda jangan ditanya lagi. Walaupun Tim SL.com hanya melaju 15-20 menit di kawasan Menteng, Jakarta Pusat tapi yakin aja dengan BBM Honda yang terkenal sebagai motor irit. Tangki New Honda Blade berkapasitas 3,7 liter, artinya ngga usah isi bensi banyak-banyak tapi yang penting bisa menempuh jarak jauh.

Disini Tim SL.com mempunyai gambaran sendiri soal BBM New Honda Blade sekitar 1 liter untuk 40km (bahkan lebih) untuk pemakaian dalam kota, dengan catatan angka ini memang belum di uji-coba langsung oleh Tim SL.com.

Spesifikasi Honda New Blade

Mesin 

Tipe mesin: 4 langkahn SOHC, pendinginan dengan udara
DiameterXLangkah: 50×55,6 mm
Volume: 109,1 cc
Perbandingan kompresi: 9,0:1
Daya maksimum: 8,4 PS di 7.500 rpm
Torsi maksimum 0,83 Kgf.m di 5.500 rpm
Kopling: Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
Starter: Pedal dan elektrik
Busi ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9

Dimensi dan Berat

Kapasitas tangki: 3,7 liter
Kapasitas oli: 0,8 liter
Transmisi: 4 kecepatan rotari
Baterai/aki: MF 12V-3,0Ah
Sistem pengapianDC-CDI Baterai
Dimensi: 1.898 x 709 x 1.080 mm
Jarak sumbu roda: 1.227 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Berat kosong: 104 kg

Rangka dan kaki-kaki

Tipe rangka: Tulang punggung
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: lengan ayun dengan shock ganda
Ukuran ban depan: 70/90-17 M/C 38P
Ukuran ban belakang: 80/90-17 M/C 44P
Rem depan: cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: cakram hidrolik dengan piston tunggal

VIDEO

ALBUM PHOTO

7 thoughts on “First Impresion New Honda Blade 2011

  1. Motor keren dengan harga yang terjangkau, pasti banyak peminatnya…
    Honda kan selalu dihati konsumen.

  2. Desain yang sangat mengagumkan, apalagi bagasi dibikin lebih luas pasti akan jadi motor idaman buat dipakai sehari-hari … Honda Jauh lebih berkelas

  3. wiiiii…
    Honda Blade gda matinya!!!!
    saluuut aku…tapi ramah lingkungan gak yagh?????

  4. Sippppp…… laaaa yang saya tunggu kayak gini…. honda New Blade. Repsolllllllll Mantab…. dah….

  5. honda new blade repsol mantap abis deh……lebih kren, lincah, irit, dan harganya terjangkau….pokoe mantantappppppp….

  6. tp kalau buat boncengan agak boyo .
    soalnya kurang tinggi belakangnya

Leave a Reply