Experience Nissan March: Butuh Blogger!

image006

10 Agustus 2011. Event “7 Days With Nissan March” merupakan program “Experience Nissan” dari Nissan Motor Indonesia khusus buat blogger yang serius menulis artikel. Ini sebuah kesempatan emas buat blogger Jabodetabek menjajal Nissan March selama 7 (tujuh) hari. Tidak itu saja, malah Nissan punya hadiah utama visit ke pabriknya di Jepang. 

Aturan mainnya sudah sangat jelas. Mengutip keterangan website 7 Days With Nissan March bahwa setiap blogger hanya di wajibkan menceritakan pengalamannya bersama mobil Nissan March yang akan dipinjamkan setiap harinya kedalam 1 (satu) artikel dengan minimal 300 kata dan minimal 3 paragraf, sehingga terkumpul 7 (tujuh) artikel cerita untuk 7 (tujuh) hari menggunakan Nissan March.

Selain itu setiap peserta diwajibkan untuk mengunggah artikel ceritanya setiap hari sejak dimulainya hingga akhir program ke dalam blognya pribadi masing-masing peserta. Peserta juga diwajibkan menarik sebanyak banyaknya pembaca menggunakan akun social media masing-masing. (i.e. Twitter, Facebook, dll.)

Masih ada lagi nih.. setiap peserta diwajibkan untuk membebaskan dari moderasi untuk kolom komentar, penggunaan foto dan atau video dapat di unggah melalui jejaring social media lain sepert Flickr, YouTube maupun Vimeo yang akan di embed kedalam masing masing artikelnya.

Panitia memilih 28 peserta program dari kandidat domisili di Jabodetabek saja yang merupakan blogger aktif dan mempunyai blog sejak tahun 2010. Juga aktif menggunakan akun social media online, yaitu Twitter dan Facebook. Pendaftaran peserta secara online, hanya saja pendaftaran ini sudah ditutup sejak tanggal 6 Agustus 2011 yang lalu.

Yang pasti setiap peserta wajib mengikuti peraturan yang berlaku di dalam “Rules and Regulations” (selengkapnya silahkan klik sendiri).

SL.com selama tiga tahun belakangan terlibat dalam dunia blogger dan media online otomotif, dan merasakan event Nissan Motor Indonesia ini merupakan cara baru merangkul blogger ikut berpartispasi menulis artikel. Memang sih, dulunya soal tulis menulis hanya tertuju bagi kalangan jurnalis, tapi tampaknya saat ini blogger pun sudah mulai ikut diperhitungkan sejalan dengan teknologi social media online.

Bicara soal jumlah blogger di Indonesia, sebenarnya jumlahnya sudah sangat banyak. Pasalnya untuk menjadi blogger itu gratis, dan caranya sangat mudah sekali untuk memulai. Tapi yang sulit adalah menjadi blogger yang benar-benar serius, fokus, dan konsistensi dalam hal menulis. Paling tidak blogger bisa memilih bidang tertentu yang diminati, serta blognya memiliki jumlah pengunjung yang lumayan banyak.

Kalau yang mengaku sebagai blogger otomotif memang sudah buanyak sekale jumlahnya, bahkan komunitas blogger otomotif pun sudah ada, sebut saja KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia), kemudian KoBOYS (Komunitas Blogger Otomotif Yogyakarta dan Sekitarnya), dan terakhir OBI (Oto Blogger Indonesia) yang mana anggotanya sebenarnya masih itu-itu saja.

Dari sekian banyak blogger otomotif, ternyata 95% mereka lebih suka menulis tentang roda dua. Sedangkan untuk blogger otomotif roda empat masih dirasakan sangat minim. Serius, jumlah blogger yang khusus untuk roda empat, atau kombinasi antara roda empat dan roda dua masih sangat kurang.

Nah, dengan ajakan program “7 Days With Nissan March” semoga saja program ini bakal memikat kalangan blogger untuk lebih serius menulis khususnya tentang otomotif roda empat (tidak hanya roda dua). Karena sepengetahuan SL.com, sebenarnya banyak ATPM mobil di Indonesia yang sudah mengembangkan relasi dengan blogger, tapi belum ada ATPM yang membuat paket-paket program seperti Nissan Motor ini dengan hadiah visit kepabrik Nissan di Jepang.

Yang diharapkan dalam waktu dekat ini, yaitu hadirnya jumlah blogger otomotif roda empat di Tanah Air semakin banyak, serta adanya kompetisi menulis, atau dukungan sponsorship, maupun paket-paket program dari ATPM yang lebih menggiurkan agar blogger Indonesia merasa lebih tertantang dan termotivasi untuk menulis artikel lebih banyak lagi.

Photo gallery dibawah ini sekedar menunjukkan ketika SL.com merasakan Nissan March AT Transmission (10/8/11) yang belum ada STNK dan Plat Nomor karena memang masih baru. Mobil tersebut milik Bro Benny & Sis Tania yang tinggal di kawasan Pamulang, Tangerang. Ingin tahu bagaimana rasanya naik Nissan March ini? Nantikan artikel lanjutan.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply