IIMS 2011: Honda for L.I.F.E

image006

31 Juli 2011. Pameran terbesar di Indonesia “The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS 2011)” ikut diramaikan oleh Honda. Kali ini Honda mengusung tema Honda for L.I.F.E (Living Intelligent Fun Environment) menampilkan produk teknologi canggih (Intelligent), ramah lingkungan (Environment-Friendly), namun tetap memberikan kesenangan (Fun) bagi manusia. 

Tema yang diangkat Honda juga sejalan dengan tema besar IIMS 2011, yaitu “Sustainable Green Technology”. Sejak awal, Honda telah menciptakan teknologi ramah lingkungan yang terus mengalami penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Pada tahun 1973, Honda merupakan pabrikan pertama yang berhasil membuat mesin dengan emisi bersih dan hemat bahan bakar bernama CVCC untuk memenuhi Clean Air Act di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1989, Honda juga menciptakan mesin VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) dengan pengaturan kerja katup yang pintar untuk menghasilkan tenaga dan efisiensi bahan bakar yang sempurna.

Mesin i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition) kemudian diciptakan pada tahun 2001 dengan menggunakan dua busi pada tiap silinder dan pembakaran yang lebih cepat untuk torsi yang melimpah serta efisiensi bahan bakar yang semakin tinggi.

Saat ini, semua mobil yang dipasarkan Honda di Indonesia mengusung mesin i-VTEC yang merupakan kombinasi dari mesin VTEC dengan teknologi Variable Timing Control (VTC) untuk keseimbangan sempurna antara tenaga, efisiensi bahan bakar, dan emisi yang bersih. Selain itu, Honda juga telah mengembangkan teknologi untuk masa depan, seperti mesin hybrid, mesin bertenaga listrik, hingga mesin berbahan bakar hidrogen.

“Semua teknologi yang dikembangkan Honda menunjukkan karakter khas mesin-mesin Honda yang selalu menerapkan teknologi terdepan, hemat bahan bakar, emisi yang bersih, sekaligus tetap menghadirkan kesenangan berkendara dengan tenaga yang besar dan performa yang sporty. Karakter Fun inilah yang menjadikan teknologi Honda unik,” papar Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor.

“Melalui tema Honda for L.I.F.E., kami ingin menunjukkan bahwa menciptakan teknologi yang canggih dan menjaga lingkungan dapat dilakukan tanpa harus mengesampingkan aspek kesenangan,” tambahnya.

“Honda for LIFE juga berarti Honda mendukung kehidupan, yang sesuai dengan tema kelangsungan hidup pada ajang motor show tahun 2011 ini. Honda for LIFE dapat diartikan sebagai ‘Honda Selamanya’ yang menunjukkan komitmen dan inovasi Honda untuk lingkungan sejak masa lalu, sekarang, dan hingga masa depan,” tambah Uchida.

Display dan Booth Honda

Tema Honda for L.I.F.E yang diusung Honda diwujudkan melalui mobil-mobil yang ditampilkan dan desain booth serta aktivitas di dalamnya. Secara total, Honda menampilkan sebanyak 22 mobil yang ditampilkan di atas tiga zona display.

Zona Utama menampilkan mobil-mobil concept dan ramah lingkungan terbaru dari Honda. Di zona ini, tampil 4 buah mobil yaitu mobil bertenaga listrik Fit EV Concept dan Fit Hybrid yang bermesin 1.3 liter iVTEC + Integrated Motor Assist – dimana keduanya dikembangkan dari model Honda Jazz, Sport-Hybrid pertama di dunia yaitu Honda CR-Z yang pada tahun ini tampil lebih sporty. Honda Brio ikut tampil sebagai perwujudan komitmen Honda untuk sebuah mobil entry level untuk Honda yang efisien dan ramah lingkungan.

Di Zona Fun, terdapat dua buah versi modifikasi dari Honda Jazz yang menggunakan aksesoris asli dari Mugen dan Modulo yang tampil lebih sporty. Ditampilkan juga sebuah Honda Jazz dari Honda Fastron Racing Team yang turun di ajang Indonesia Grand Touring Car Championship 2011. Mobil yang dikendarai oleh Alvin Bahar ini telah menjuarai beberapa seri balap di kelas paling bergengsi tersebut.

Terdapat juga sebuah Honda Freed yang digunakan untuk aktivitas interaktif 3D Mapping. Dengan memanfaatkan sebuah iPad, pengunjung dapat mengubah-ubah warna maupun pola di bodi Honda Freed tersebut. Berdampingan dengan area 3-D Mapping itu, terdapat Family Area dengan sebuah display Freed yang bertemakan liburan keluarga, dan terdapat aktivitas untuk anak-anak dan keluarga di area ini.

Honda juga menampilkan seluruh jajaran model terbarunya termasuk produk terbaru New Honda Jazz, New Honda Freed, New Honda CR-V, New Honda Odyssey, All New Honda City, New Honda Civic, serta New Full Size Honda Accord.

Seluruh display mobil Honda menempati salah satu stand terluas yang berlokasi di Hall D Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta dengan luas area 1.836 m2 dengan desain yang advanced, nyaman serta menyenangkan.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM mengatakan, “Di booth Honda, pengunjung tidak hanya dapat melihat produk-produk terbaru Honda, tetapi juga menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan, serta mempelajan berbagai perkembangan teknologi Honda dari masa ke masa.”

ALBUM PHOTO

Leave a Reply