IIMS 2011: 4 Mobil Terbaru Dari Honda

image006

31 Juli 2011. Honda Brio sebenarnya sudah tampil di Bangkok Motor Show 2011 (artikel ini) dan mobil ini ada diajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2011) Ke-19. Yang menarik Honda juga menampilkan mobil terbaru yang lainnya, yakni Honda Fit Hybrid, Honda Fit EV Concept, dan Honda CRZ. Mari kita simak keterangan lebih lanjut ke-empat mobil tersebut.  

Honda Brio

Honda Brio merupakan model entry level terbaru dari Honda. Tampil dengan konsep “Man Maximum, Machine Minimum” yang berarti memaksimalkan ruang yang ada untuk penumpang serta meminimalisir ruang yang dibutuhkan untuk komponen-komponen yang bersifat mekanis.

Honda Brio secara khusus dirancang untuk kaum urban, dan mobil ini mauk kategori sebagai mobil entry level yang cocok dipasarkan di negara berkembang. Sosok Honda Brio sesuai dengan gaya hidup dan gaya mengemudi kebanyakan orang yang stylish dan compact, namun lega dan juga hemat bahan bakar yang merefleksikan sebuah merek mobil yang terpercaya dalam mengedepankan teknologi yang terdepan dan juga keamanan.

Honda Brio menggunakan mesin Honda i-VTEC 1,2 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 90 dk. Tingkat konsumsi bahan bakarnya mampu menghemat bahan bakar sebanyak 5 liter untuk jarak sejauh 100 km. Honda Brio juga telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Mobil ini sudah menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) pada sistem percepatan transmisinya. Juga dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur seperti, dual SRS front airbags, disc brakes, Anti-Lock Brake System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Selain itu Honda Brio juga menggunakan teknologi Honda’s G-Force Control (G-CON).

Teknologi dan fitur yang ada pada Honda Brio tersebut mampu memberikan performa berkendara yang baik, pengendalian yang nyaman, serta tingkat keamanan yang tinggi. Honda Brio mempunyai dimensi panjang 3,610 mm, lebar 1,680 mm, dan tinggi 1,485 mm. Honda Brio juga dilengkapi dengan fitur immobilizer.

Honda Fit Hybrid

Honda Fit Hybrid merupakan mobil Hatchback Hybrid yang pertama dari Honda yang diimplementasikan untuk model hatchback Honda Jazz. Honda Motor Co. Ltd merilis Honda Fit Hybrid ini pada tanggal 8 Oktober 2010 yang lalu.

Honda Fit Hybrid menggunakan mesin Honda i-VTEC 1,3 liter dipadu dengan tenaga baterai dari Integrated Motor Assist (IMA). Pengembangan mobil hybrid berukuran compact ini dapat tercipta berkat pengembangan baterai berukuran compact. Tingkat konsumsi bahan bakar untuk Honda Fit Hybrid ini mampu mencapai 1 liter untuk 30 kilometer berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Kementerian Energi, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang.

Honda Fit Hybrid menampilkan sejumlah fitur-fitur seperti, Continuously Variable Transmission (CVT) pada sistem percepatan transmisinya. Tombol Eco Assist (Ecological Drive Assist System) yang terdapat pada Honda Fit Hybrid berfungsi membantu pengendara meraih tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis. Honda Fit Hybrid juga sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Cruise Control.

Tampilan Honda Fit Hybrid ini dilengkapi dengan desain front grille dan rear license garnish yang terlihat futuristik dengan sentuhan warna chrome. Honda Fit Hybrid juga sudah dilengkapi dengan turn signal mirror, dan power retractable mirror, sementara head light dan tail light menggunakan desain baru.

Desain lampu depan dan belakang didominasi warna putih. Sementara pada interiornya, desain kabin dan dashboard-nya bernuansa gelap, dipadu dengan iluminasi warna biru pada panel instrumennya. Joknya terbuat dari kulit dan bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengendara.

Honda Fit Hybrid memperkenalkan fitur terbarunya, yaitu Intelligent Power Unit (IPU) di kargo area belakang yang membuat letak kursi tetap nyaman karena karakteristik yang unik dari IPU yang terdiri dari Power Control Unit (PCU), tempat baterai IMA.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Honda HDD Inter-navi system yang dapat menampilkan berbagai informasi mengenai cuaca, dan juga layanan servis, serta telekomunikasi. Selain itu Honda Fit Hybrid juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth.

Honda Fit EV Concept

Honda Motor Co., Ltd meluncurkan Honda Fit EV Concept tanggal 17 November 2010 diajang Los Angeles Auto Show 2010. Honda Fit EV Concept menggunakan platform plug-in hybrid system serta tenaga listrik sebagai penggeraknya. Keduanya terintegrasi dalam Honda Electric Mobility Network, yang secara komprehensif bertujuan untuk mengurangi emisi CO, melalui produk-produk yang inovatif, manajemen reservasi energi, dan teknologi produksi berbasis reservasi energi.

Honda Fit EV Concept menjadi tolok ukur dalam hal memproduksi kendaraan berbasis tenaga listrik ke depannya, yang akan mulai diperkenalkan di Amerika Serikat dan Jepang pada tahun 2012. Platform mobil berbasis plug in-hybrid akan menjadi generasi mobil Honda berikutnya, yang akan diperkenalkan mulai tahun 2012.

Honda Fit EV Concept dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari para komuter metropolitan. Menggunakan baterai lithium-ion dan motor listrik coaxial yang mampu menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 90 mph.

Honda Fit EV Concept mampu mencapai jarak 100 mil per charge dengan menggunakan US EPA LA4. Pencapaian jarak tersebut dapat dimaksimalkan dengan penggunaan 3-sistem mode elektrik dan inovatif (Econ, Normal, Sport) yang diadopsi dari Honda CR-Z.

Pada mode Econ, jarak tempuh dapat naik sebanyak 17% sebanding dengan mode Normal, sedangkan untuk mode Sport sebesar 25%. Saat mobil berada pada mode Sport, akselerasi akan bertambah secara signifikan.

Selain tiga mode pengendalian, Honda Fit EV Concept juga dilengkapi dengan fiturfitur interaktif yang dapat membantu menghemat tenaga pada baterai. Sebuah meter display khusus dirancang untuk memberikan pilihan kepada pengemudi untuk mematikan AC atau perangkat elektronik lainnya yang tidak terpakai demi menghemat energi pada baterai.

Honda Fit EV Concept sudah dilengkapi sistem konektivitas yang membuat pengemudi dapat tetap terhubung, baik dengan smartphone maupun personal computer, dan juga Honda-exclusive remote system yang berfungsi untuk mengatur seluruh konektivitas di dalam mobil seperti, pengatur AC, dan lain sebagainya. Selain itu, Honda Satellite Linked Navigation System berfungsi sebagai GPS yang menemani perjalanan.

Honda Fit EV Concept didesain mudah dan nyaman untuk dapat di-charge. Baterai 6 KwH Lithium-ion dapat diisi ulang dengan waktu kurang lebih 12 jam dengan menggunakan power outlet 12-volt. Sedangkan bila menggunakan power-outlet 240-volt hanya membutuhkan waktu pengisian ulang selama kurang lebih 6 jam. Fit EV Concept menggunakan fitur transmisi baru yaitu Electronic – Continuously Variable Transmission (E-CVT).

Honda Fit EV Concept terkesan sporty dan dinamis menggunakan velg palang lima yang juga diberi sentuhan serupa seperti warna pada bodi. Desain grill depan, lampu depan, lampu belakang, bumper depan, bumper belakang, dan tail lightyang  berbeda dari model Honda Fit yang ada sekarang. Penambahan sirip hiu menjadi salah satu ciri khas mobil konsep ini. Untuk interiornya, warna abu-abu muds menjadi pilihan untuk menghiasi jok pada interior mobil ini.

Honda CRZ

Honda CR-Z merupakan mobil sport hybrid pertama Honda yang diperkenalkan pada acara North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, A.S tanggal 11 Januari 2010 yang lalu.

Honda CR-Z merupakan penggabungan antara mobil sport (coupe)dan hybrid yang dibuat untuk orang yang berjiwa petualang sekaligus cinta lingkungan, yang mengutamakan gaya dan keceriaan, efisiensi serta ekonomi.

Mengusung mesin i-VTEC 1,5 liter yang dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Saat mobil berakselerasi keduanya dapat bekerja bersamaan, namun pada saat melakukan manuver pengereman dan menikung, daya yang dihasilkan oleh mobil disimpan pada peranti IMA berupa energi kinetik sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

Peranti IMA dilengkapi dengan baterai bertenaga 100 volt. Performa mesin hybrid CR-Z mampu menghasilkan daya maksimal 122 tenaga kuda pada putaran mesin 6000. Tingkat konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai pemakaian 1 liter bensin untuk jarak tempuh 37 kilometer di dalam kota dan 1 liter bensin untuk jarak tempuh 40 kilometer di luar kota. Honda CR-Z dinobatkan sebagai Advanced Technology Partial Zero Emissions Vehicle (AT-PZEV) di Amerika Serikat berdasarkan standar hasil penelitian California Air Resource Board (GARB).

Honda CR-Z menampilkan tiga mode pengendaraan, yaitu Sport, Econ, dan Normal. Mode sport membuat performa mobil lebih responsif pada saat kecepatan tinggi. Mode normal membuat performa mesin dan roda bekerja secara sinergis. Mode Econ membuat performa mesin disinergikan dengan cara mengemudi yang ramah lingkungan. Mode Econ dapat diaktifkan pada saat mobil melaju dalam keadaan konstan yang membuat mesin hanya dialiri tenaga baterai IMA sehingga konsumsi BBM dapat ditekan.

Honda CR-Z juga telah dilengkapi oleh ABS dan EBD Vehicle Stability Assist (VSA) dan SRS Air Bag. Sistem transmisinya menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT). Honda CR-Z juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti, cruise control, paddle shift gear, immobilizer, dan masih banyak lagi.

Desain eksteriornya terkesan sporty dilihat dari grit depan yang lebar. Honda CR-Z menggunakan velg Alloy 17 inchi serta suspensi Mac Pherson. Selain itu, juga menggunakan lampu depan High-Intensity Discharge (HID) dan lampu kabut.

Interiornya sendiri terkesan ergonomik, nyaman, dan tentunya sporty dilihat dari bentuk kursi depan sedangkan bagian belakang didesain untuk multi fungsi kargo bagi pengendara. Terdapat instrumen panel tachometer pada dashboard yang menggambarkan tiga bias cahaya yang dihasilkan pada saat mobil berakselerasi. Honda CR-Z juga sudah dilengkapi Bluetooth dan handsfree.

Honda CR-Z terpilih sebagai “Japan Car of the Year 2010-2011″ dari Japan Car of the Year Executive Committee. Awal tahun 2011, Honda mengeluarkan Honda CR-Z edisi Japan Car of the Year dengan penambahan stiker JCOTY pada pintu kaca samping kanan. Untuk interior, bagian pedal gas dan rem didesain lebih sporty demi menegaskan image Honda CR-Z sebagai mobil sport-hybrid. Sementara velgnya menggunakan versi dari aksesoris Modulo.

Honda CR-Z juga menjadi Mobil Sport Hybrid pertama yang turun di ajang balap Le Mans akhir Juni 2011. Honda CR-Z tampil pada sesi Le Mans vers le Futur, yakni sesi khusus bagi mobil-mobil balap masa depan. Sebelumnya Honda CR-Z Racing juga berlaga pada ajang balapan SEMA di Las Vegas, Amerika Serikat dan juga Thunderhill 25 Hours di San Francisco, Amerika Serikat pada akhir tahun 2010 silam.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply