IIMS 2011: Drift War Bikin Seru IIMS

image006

29 Juli 2011. Ngga cuma pameran doang yang ramaikan ajang IIMS 2011, tapi juga diisi dengan ajang drifting. Sesi latihan resmi “Indonesia International Motor Show (IIMS) DRIFT WAR” sejak kemarin hari Kamis (28/3) sudah dipenuhi oleh 48 drifter baik dari tim Achilles maupun tim GT Radial serta para drifter dari tim privateer (umum). Uniknya drifting hingga malam hari. 

Tampak drifter-drifter nasional yang sudah tidak asing menjajal lintasan seperti Rifat Sungkar dari Speedy Drift Team, E. Adwity Amandio dan M. Hermawan dari tim Achilles Drift Team serta Dean Zean dan Rio Saputro GT Radial Drift Team.

Menu utama sesi latihan resmi hari ini merupakan ajang pengenalan lintasan serta penentuan settingan terhadap mobil balap masing-masing. Tingkat kesulitan serta lintasan yang lumayan sempit memaksa drifter untuk lebih teliti dan rapih dalam melibas tikungan demi tikungan untuk mendapatkan jalur yang tepat sekaligus perhatian terhadap kecepatan, keindahan meliuk dan sudut pengambilannya.

Disela-sela sesi latihan resmi pihak penyelenggara memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk dapat merasakan pacuan adrenalin langsung dari dalam kokpit pebalap. Pelajar dari SMP Don Bosco, Jakarta, Nowel mendapatkan kesempatan langka tersebut menikmati 2 putaran di dalam mobil Amandio.

“Lebih asyik menikmati langsung dari dalam mobil dibandingkan main game-nya,” komentar singkat Nowel yang masih tersengal-sengal keluar dari mobil balap.

Raungan mesin bertorsi raksasa dengan decitan suara ban yang menyayat kuping akan terdengar lebih hebat lagi pada saat sesi kualifikasi berlangsung pada tanggal 29 Juli 2011 di lintasan JiExpo, Kemayoran, Jakarta Utara. Perebutan 32 drifter untuk lolos masuk kelas Pro menjadi perhatian utama dalam sesi kualifikasi tersebut sekaligus 16 drifter untuk kelas rookie.

Dalam lomba keesokannya pada tanggal 30 Juli 2011, 32 drifter tersebut dari kelas Pro dan 16 drifter dari kelas rookie akan diadu untuk mencuri nilai terhadap komponen-komponen penting dalam lomba drifting yaitu sisi kecepatan (speed), jalur (line), sudut (angle) dan keindahan (style).

Para drifter tersebut akan memperebutkan hadiah utama sepeda motor dari Piaggio, dua set velg dari Rota Wheels, sejumlah uang tunai dan piala IIMS Driftwar.

Dari sisi pelaksanaan, para jajaran juri yang sudah terkenal dan disegani di ajang drifting yaitu Mark A.W, Deni Pribadi dan Rendison akan mengganjar para drifter dengan poin-poin yang diberikan. Untuk lintasannya sendiri para drifter akan diadu di atas lahan seluas 125 X 80 meter dengan lay out trek yang dikerjakan oleh RC Drift War dari organisasi resmi IDC (Indonesian Drift Community).

Dalam 2-3 tahun terakhir drifting telah menjadi salah satu cabang motorsport paling banyak diminati di Indonesia, meski terhitung masih sangat baru di Indonesia. Hal itu terbukti dengan maraknya berbagai kejuaraan drifting di Indonesia yang diikuti banyak drifter muda.

Sebagai salah satu media otomotif online ternama, Dapurpacu.com, memiliki kepedulian untuk mengembangkan, meramaikan, serta mengasah dan menambah jam terbang para drifter muda agar bisa berkompetisi di kejuaraan-kejuaraan kelas dunia, selain di Indonesia.

IIMS Drift War 2011 menjadi wadah bagi para drifter untuk mengembangkan, mempertajam dan menambah jam terbang mereka. Dengan diselenggarakannya IIMS Drift War 2011, diharapkan menjadi salah satu batu loncatan para drifter untuk berprestasi di Indonesia dan dunia.

ALBUM PHOTO

 

Tagged with 

Leave a Reply