Motor Plus Award 2008: Honda CS-1 Bike of The Year!

image006

motorplusJakarta 16 Agustus 2008. Peristiwa yang berlangsung di awal pembukaan pameran nasional sepeda motor Indonesia yang lalu hampir saja luput dari pengamatan publik.

Hanya berselang 4 jam dari pembukaan pameran JMCS 2008 (Jakarta Motor Cycle Show 2008) tepatnya pukul 14.00 WIB waktu JCC Senayan Jakarta (6/12), tabloid otomotif kelas nasional khusus untuk roda-dua: MOTOR PLUS dari GRAMEDIA Group membuka acara pengumuman “Motor Plus Award 2008.”

Dihadiri oleh para tamu undangan, petinggi dan pejabat Gramedia Group dan juga para wartawan serta para penulis artikel kawakan dari tabloid Motor Plus dengan sabar mengikuti acara tersebut yang ditemani oleh sebuah layar lebar.

Perhelatan Motor Plus Award 2008 yang digarap oleh redaksi tabloid Motor Plus ini adalah ajang yang kedua kalinya digelar. Yang pertama kali digelar bersamaan dengan pameran yang sama, JMCS di tahun 2006 yang mana penghargaan diberikan kepada untuk motor-motor yang diproduksi oleh anggota AISI (Asosiasi Sepedamotor Indonesia).

Mengikutsertakan 6 produsen atau pabrik motor Indonesia yang tergabung sebagai anggota AISI, sebut saja Honda, Kanzen, Kymco, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha. Namun yang menarik, merek Kymco walaupun ada masalah internal dan sementara tidak berproduksi tapi masih bisa ikut serta dan mencuri kemenangan untuk beberapa kategori.

Untuk ajang tahun 2008, total lebih dari 30 motor disleksi dan diuji oleh tim redaksi Motor Plus. Tahap pengujian pertama dilakukan pada tanggal 15 November 2008 di Cibinong. Semua merek motor diuji untuk kadar emisi lewat perangkat engine analyser. Juga, pengetesan performa mesin dengan alat dynometer.

Tahap berikutnya, tanggal 22-23 November di kawasan Ancol adalah pengujian tahap ke-dua untuk konsumsi bahan bakar, ergonomi, handling, pengereman, dan keseimbangan. Untuk penilaian desaintiap motor dilakukan di tempat yang sama dibantu oleh orang-orang dari kalangan akademis dan pakar dibidang desain produk terutama untuk kategori motor.

Nah, untuk Life Time Achievement sebenarnya semua sudah pada kenal dengan tokoh nasional Alm. Jend. Hoegeng Iman Santoso sebagai pelopor yang meminta pengendara motor pakai helm ketika ia menjabat Kapolri.

Beliau diberikan anugerah karena saran dan petunjuknya bagi pengendara motor untuk menggunakan helm demi keselamatan berkendara, walaupun ajakan ini dulu sempat mendapat tekanan dan kontroversial di kalangan pemerintah dan masyarakat. Tapi nyatanya sekarang.. :-)

Respected Bike of The Year: HONDA TIGER

Shocking Bike of The Year: KAWASAKI NINJA 250R

Rookie of The Year: HONDACS-1

Bike of The Year: HONDA CS-1

Memang rada aneh, khususnya merek HONDA yang punya penampilan dan desain motor yang rasanya masih belum diterima oleh masyarakat Indonesia.Tapi itulah faktanya.. :-)

Hasil keseluruhan lihat tabel:

img-motorplus-award-640
Sumber data: Harian Kompas 16/12/08.

The End.

6 thoughts on “Motor Plus Award 2008: Honda CS-1 Bike of The Year!

  1. Di forum2 dan komunitas dibahas abis..Mayoritas tidak setuju, ada beberapa yg fanatik tetap mendukung. Kembali ke pribadi masing2 menilai apakah penilaian ini fair/ tidak… Who knows..ww

  2. [...] Honda CS1 pernah mendapatkan kritikan-kritikan karena faktanya menggondol juara pertama sebagai Pemenang MotorPlus Award 2008. Dan hingga kini, tampaknya kehadiran motor ini masih saja tetap dipertanyakan dan menjadi bahan [...]

  3. tukeran karbu ramer? mau says:

    boz,, mau tukeran karbu ori ramer supra x 125?? ane dah bosen maen mtr, pkok nya dijamin masuk 120km/jm… w mau standard karbu ori supra x 125 …. ga ush pke byr2n…okkk

  4. tukeran karbu ramer? mau says:

    boz,, mau tukeran karbu ori ramer supra x 125?? ane dah bosen maen mtr, pkok nya dijamin masuk 120km/jm… w mau standard karbu ori supra x 125 …. ga ush pke byr2n…okkk

    hub 089636151136 santoso

Leave a Reply