Fitur Penting BMW Seri 6 Convertible

image006

2 Juni 2011. Mobil terbaru dari PT BMW Indonesia yang diluncurkan hari Selasa (31/5), BMW 650i Convertible terlihat memiliki desain yang elegan dan sporty. Kamera wartawan tak henti-hentinya memotret saat diperkenalkan di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, apalagi ketika disuguhkan model dengan rok mini, wartawan pun jadi semangat memotret.

Hingga artikel ini ditulis, SL.com memang belum pernah merasakan langsung mobil baru BMW Seri 6 Convertible ini, tapi sepertinya mobil ini memiliki sensasi dinamika berkendara. Hal ini sudah tampak dari tampilan fisiknya yang sporty. Yuk, kita simak satu persatu.

Yang pertama terlihat mulai dari kap mesin yang memanjang ramping, kompartemen penumpang yang ditarik ke bagian belakang, jarak antara sumbu depan dan belakang memanjang, serta sosoknya yang berotot — semua menegaskan kehadiran sebuah mobil khas BMW Convertible. Permainan garis desain yang menarik perhatian dipadu dengan permukaan bodinya jelas memikat semua mata yang memandangnya.

Dari bagian ujung depan, BMW Seri 6 Convertible terbaru kelihatan sekali karakternya sebagai sebuah mobil yang dinamis. Gril BMW kali ini tampil lebar dan agak menonjol ke depan, yang oleh para pecintanya dinamai “shark noose” menyerupai hidung ikan hiu. Penampilan ini sendiri sudah terasa menciptakan kesan dorongan ke depan.

Sementara itu, tampak pula air intake yang lebar, kap mesin yang berkontur dinamis, lengkung spatbor yang berotot, semuanya menegaskan akan ketangguhan mesin mobil ini yang bertenaga dan seolah lengket dengan permukaan jalan pada saat dipacu. Masih di bagian depan, terdapat pula lampu kabut LED di bagian paling depan dari seluruh instrumen yang serba krom.

Yang kedua, adalah penampilan lampu depan “twin round” yang menggunakan Xenon, dan di atasnya terdapat garis lampu LED yang memberikan aksen pada fitur Adaptive Headlight di BMW 650i Convertible ini. Pada siang hari, sepasang lampu ini mudah dikenali berkat lingkaran cincin korona yang memancarkan sinar putih berkilau, mempertegas penampilan bagian depan mobil ini. Dan di bawah cincin korona terdapat lampu sein datar memanjang.

Yang ketiga pada bagian depan hingga belakang, dimana BMW Seri 6 Convertible menampakkan garis memanjang tanpa putus. Sementara, garis lengkungnya memunculkan kesan gerakan gelombang. Garis bodi khas BMW sejajar dengan handle pintu, memanjang hingga ke spatbor depan — tempat lampu indikator samping berada — yang kemudian juga ditarik memanjang ke belakang sampai menyentuh lampu belakang.

Permukaan yang lebar dan datar menandai tampilan belakang BMW Seri 6 Convertible terbaru ini. Secara samar, tercipta bentuk huruf V oleh beberapa elemen garis, termasuk sisi ujung kap bagasi , seputar plat nomor, serta kontur reflektor yang berada di bemper.

Nah, yang menarik adalah bagian atap mobil dapat membuka dan menutup otomatis, dan bekerja dengan menekan tombol pada center console. Atap dapat membuka dalam waktu 19 detik, dan menutup sendiri dalam waktu 24 detik. Gerakan membuka dan menutup atap dapat dilakukan sambl mobil terus melaju pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Yang keempat, adalah soal warna bodi dan interior dapat dipilih sesuai dengan keinginan individu pemiliknya. Atap soft top pada BMW Seri 6 Convertible hadir dengan pilihan warna—Black atau Beige. Sementara itu, untuk warna eksterior tersedia beberapa pilihan, antara lain Black Sapphire, Alpine White, Space Grey, Titanium Silver, Vermilion Red, Havana Brown, dan Orion Silver.

VIDEO

Selanjutnya bagaimana soal interior dengan kokpit yang katanya dapat memanjakan pengemudi, dengan ciri khas penfemudi kelas BMW?

Yang pasti BMW Seri 6 Convertible terbaru didesain untuk memuat empat penumpang. Seluruh bagian mobil terbuat dari material berkualitas tinggi, dengan perpaduan warna yang dibuat menyatu secara teliti, lekuk yang juga dibuat secara cermat, yang semuanya menciptakan kesan elegan, mewah, dan tetap mengedepankan fungsionalitas. Dan khusus di bagian interior, perhatian paling besar adalah berupa desain tata-letak kokpit yang memanjakan pengemudi.

Tempat duduk penumpang di bagian depan memiliki pembatas berupa permukaan yang elegan melengkung mulai dari sandaran tangan di bagian atas sisi center console, memanjang ke atas dan menyentuh panel instrumen, dan terus lurus horisontal ke arah pintu. Ini semua menciptakan kesan harmonis serta rasa aman bagi penumpang di tempat duduk penumpang di depan.

Sementara itu, kontur garis di bagian belakang, yang memanjang ke arah bagian interior di antara sandaran kepala, menciptakan tatanan tempat duduk terpisah di bagian belakang. Pada BMW 650i Convertible, panel kontrol nya menggunakan lapisan porselen yang mewah.

Interior BMW 650i Convertible hadir dengan bahan kulit Nappa, sementara BMW 640i Convertible hadir dengan bahan kulit Dakota. Kedua opsi bahan kulit tersebut hadir dengan SunReflective Technology untuk membuat para penumpangnya senantiasa merasa nyaman.

Terbaru Central Display terpisah dengan flatscreen

Area panel instrumen warna hitam pada BMW Seri 6 Convertible tampil dengan kombinasi instrumen khas mobil sport yang sarat sentuhan teknologi tinggi. Hadir pula sebuah layar monitor 10,2 inci dengan tampilan yang terpisah, yang merupakan kali pertama diaplikasikan pada BMW Seri 6 Convertible.

Central Display tampil dengan tata-letak baru, kali ini mencapai ruang penumpang, memberikan aksen pada sentuhan arsitektural pada panel instrumen, yang naik tajam di depan pengemudi dan penumpang di sebelahnya.

Driving Dynamics Control

Pengemudi dapat memilih setting COMFORT, NORMAL, SPORT, dan SPORT+ dengan menggunakan tombol pada center console. Beberapa pilihan setting tersebut mengacu pada tingkat respon gas, power steering, shock absorber, dan pilihan cara kerja perpindahan gigi pada transmisi otomatis.

Pada pilihan setting SPORT+, mobil mengaktifkan Dynamic Traction Control, yang berarti bahwa mobil melaju dengan karakter sport penuh yang mengedepankan stabilitas manuver. Teknologi chasis mendukung kerja mesin berteknologi tinggi untuk menciptakan kenyamanan mengemudi dan kenyamanan berkendara lebih tinggi dari Seri 6 Convertible generasi sebelumnya.

Material ringan, piranti keselamatan

BMW Seri 6 Convertible hadir dengan jok ringan hasil ciptaan terbaru yang terintegrasi dengan sabuk keselamatan dan 20 pilihan pengaturan posisi. Semua kursi dibuat mampu mengamankan kepala penumpang begitu terjadi benturan atau hentakan seketika.

Untuk mendukung fitur keselamatan, mobil ini juga dilengkapi airbag di bagian depan, aibag di bagian samping kursi untuk melindungi kepala hingga dada, three-point automatic belts di semua jok, belt force limiters, dan front belt pre-tensioners, ISOFIX mounting untuk tempat duduk anak-anak di bagain belakang, serta Roll-Over Protection System.

Roll-Over Protection System pada BMW Seri 6 Convertible ini terdiri dari dua batang aluminum berkekuatan tinggi yang tersebunyi di belakang sandaran kepala. Begitu ada sinyal akan terjadinya resiko mobil terguling, maka mekanisme piroteknis segera mengaktifkan roll-bars aluminium hanya dalam hitungan detik.

Seluruh bagian mobil ini dibuat dari bahan pilhan melalui riset yang sangat teliti. Ini terutama untuk bagian kendaraan yang bekerja berat. Dengan demikian, mobil ini memiliki sistem keamanan dan keselamatan tinggi. Tingkat rigiditas torsi statis mobil ini 50% di atas generasi sebelumnya. Untuk menciptakan keseimbangan prima, mobil ini menggunakan bahan aluminium untuk pintu, kap mesin, dan mounting per depan. Sedangkan panel-panel di bagian depan, atap, dan kap bagasi terbuat dari bahan komposit.

Optimasi berat kendaraan juga diimbangi dengan peningkatan faktor keselamatan pasif. Bodi mobil ini, misalnya, memiliki kekuatan 29% lebih tinggi dari pada pendahulunya. Ini berkat digunakannya berbagai tingkat dan jenis baja serta aluminium.

Kamera pemantau tampak depan, atas, dan belakang

Mobil ini dilengkapi Park Distance Control menggunakan sensor ultrasonik untuk memonitor jarak sebuah benda baik di belakang maupun di depan kendaraan. Itu masih dilengkapi pula dengan kamera untuk memantau keadaan di belakang mobil.

Kamera ini terpasang pada bagian luar bagasi, di bawah bulatan badge BMW yang berfungsi melindungi kamera dari debu. Begitu kamera belakang diaktifkan, maka bulatan badge BMW tersebut akan terbuka sehingga lensa kamera siap berfungsi. Semua pemandangan di bagian mobil akan ditampilkan di layar monitor. Dan selanjutnya, monitor akan menampilkan opsi bagi pengemudi berupa beberapa pilihan lajur yang bisa diambil untuk memarkir kendaran ataupun pilihan jalur belok paling sempit.

Parking Assistant

BMW 650i Convertible terbaru kali ini hadir dengan sistem Parking Asistant, sebuah fitur unik dari BMW ConnectedDrive. Sistem ini berperan untuk membantu pengemudi dalam melakukan manuver parkir pararel secara aman dan tepat.

Sistem ini mula-mula bekerja mencari ruang kosong untuk parkir, dengan menggunakan sensor gelombang ultrasound yang terintegrasi pada piranti indikator sekeliling mobil. Dengan mobil dalam keadaan tetap meluncur pada kecepatan hingga 35 kilometer per jam, alat sensor ini sanggup terus bekerja mengukur panjang dan lebar tempat parkir kosong yang ada di samping kanan-kiri mobil.

Begitu Parking Assistant diaktifkan, alat ini akan mengirim informasi kepada pengemudi mengenai lokasi kosong untuk parkir, setidaknya ruang tersebut harus memiliki panjang lebih 1,20 meter dari panjang mobil. Proses ini berlangsung sembari mobil tetap berjalan.

Begitu menemukan areal parkir yang sesuai, manuver dapat dilakukan begitu pengemudi menginjak rem dan menarik tuas perseneling mundur. Jika sistem ini tak diaktifkan, piranti ini akan terus melakukan scanning lokasi parkir. Dan begitu pengemudi menggeser tuas perseneling mundur dan memang ada lahan kosong untuk parkir, maka alat sensor parkir ini akan mengirim informasi kepada pengemudi melalui layar monitor Control Display.

Sebagai respon, pengemudi melakukan konfirmasi dengan menekan tombol iDrive Controler. Setelah itu, tugas pengemudi tinggallah menyentuh pedal gas dan rem, dan mengawasi sekelilingnya. Sedangkan tugas mengarahkan stir akan dilakukan sendiri oleh Parking Assistant. Selama manuver mundur berlangsung, sinyal dari Park Distance Control, kamera belakang, serta kamera samping akan membantu pengemudi menjaga jarak antara bodi mobil dengan benda-benda di belakang mobil.

BMW EfficientDynamics: Fitur Automatic Start/Stop

Sistem ini mampu membuat mobil mencegah terjadinya konsumsi bahan bakar yang mubazir dengan cara mengurangi beban mesin pada saat dalam keadaan idle ketika berhenti di antrean lampu merah atau di lalu-lintas yang sedang macet. Begitu mobil berhenti, maka mesin akan mati dengan sendirinya.

Dan begitu mobil siap kembali berjalan, maka yang perlu dilakukan pengemudi hanyalah melepaskan pijakan kakinya dari pedal rem. Maka, mesin mobil pun kembali menyala dan mobil mulai menggelinding tanpa perlu waktu jeda. Piranti Auto Start-Stop ini bisa tak difungsikan jika dikehendaki.

BMW EfficientDynamics: Brake Energy Regeneration

Baik BMW 640i Convertible dan BMW 650i Convertible juga dilengkapi dengan Brake Energy Regeneration. Sistem ini bekerja dengan intelligent energy flow management yang memungkinkan terjadinya proses yang fokus pada pengisian listrik pada baterai mobil pada saat mobil meluncur atau rem dinjak. Dengan demikian terjadi pengurangan beban pada mesin dan memungkinkan terjadinya pengisian tenaga listrik pada baterai tanpa membuang banyak bahan bakar.

Sistem Entertainment dan komunikasi

BMW 650i Convertible dilengkapi pula dengan sistem entertainmen terbaik dikelasnya, yaitu HiFi Professional dengan 12 buah loudspeaker dan amplifier berkekuatan 500 Watt, sedangkan pada 640i Covertible berkekuatan 205 Watt.

Tersedia juga layar monitor 10,2 inci beresolusi tinggi yang bisa berfungsi menayangkan siaran televisi analog maupun digital, juga memainkan fungsi DVD dari hard disk drive berkapasitas 12 GB. Sementara itu, masih ada pula USB/audio interface untuk mendukung Cover Art display, dan juga Bluetooth Audio Streaming untuk transfer data wireless dari sebuah audio player atau hand phone.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply