Video & Photo Mobil Sport LOTUS ELISE SC di Time Attack 2011 Seri-1

image006

3 Mei 2011. Masih ingat dengan artikel The ultimate sport car: LOTUS Exige S? Ya, ditahun 2009 yang lalu SL.com pernah melihat mobil sport Lotus di kawasan Pacific Place, Jakarta. Kali ini SL.com melihat mobil sport LOTUS ELISE SC bertenaga 217 HP melakukan aksinya  di ajang Time Attack 2011 Seri-I di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat pada hari Minggu 1 Mei 2011. 

Kehadiran mobil LOTUS di lintasan Sirkuit Sentul tampaknya masih baru, terbuki para wartawan, penonton, dan para pembalap yang berlaga ikut pula memandangi mobil sport asal Inggris ini dengan rasa penasaran. Bagaimana tidak kalau mobil ini akhirnya menjadi tontotan baru? Soalnya dari bentuk atau body mobil sudah menggambarkan sebagai mobil sport bermesin 1.796 cc dan bersasis aluminium, dan kabarnya punya bobot kurang dari 900 kilogram.

Dari artikel sebelumnya sudah ditulis bahwa mobil sport LOTUS ELISE SC ini punya tipe mesin 2ZZ-GE dan sanggup dipacu hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu hanya 4,6 detik, atau terpaut 0,7 detik dibandingkan Porsche Carrera GT (612 tenaga kuda) yang mengunakan mesin alumunium 68 degree (3,9 detik).

Selain itu, kecepatan LOTUS ini hanya punya selisih 1,3 detik dari Lamborghini Murcielago LP 640 yang bermesin V12 dengan tenaga 640 tenaga kuda, padahal tenaga kuda Lotus hanya 217 HP atau kira-kira sepertiga dari Murcielago.

“Tanpa modifikasi khusus, Lotus Elise SC sudah sangat bisa bersaing dengan sportcars lain buatan Eropa dan Amerika. Modifikasi yang kami lakukan hanya pada sistem keamanan seperti penggunaan atap keras dan pemasangan sabuk pengaman empat titik,” ujar Endy Kusumo Chief Operating Officer EuroSports Lotus Indonesia.

Pembalap Fitra Eri yang dipercaya sebagai pembalap “LOTUS TOP 1 Racing Team” ini berhasil menoreh kemenangan sebagai Juara Pertama The FASTEST REAL TIME dengan catatan waktu 1 menit 56,769 detik.

Perlu dicatat bahwa, ini adalah catatan waktu ajang TIME ATTACK yang mana beberapa tempat di lintasan diberikan hambatan atau handicap. Jadi, kecepatan ini bukan kecepatan utuh memutari Sirkuit Sentul dalam ajang balapan yang sesungguhnya.

“Terima kasih buat tim LOTUS TOP 1 Racing Team yang mampu mengoptimalkan kinerja mesin yang ada.. Begitu pula dengan pelumas TOP 1 EVOLUTION 5W-30 100% Fully Synthetic yang mendongkrak performa kendaraan yang saya pakai dalam balapan ini, sehingga saya bisa menjadi yang tercepat,” ujar pembalap Fitra Eri setelah balapan usai

Kita nantikan balapan selanjutnya dan lihat kiprah mobil LOTUS di arena balap.

Video

PHOTO GALLERY

Leave a Reply