Lotus TOP 1 Racing Team Siap Berlomba Time Attack 2011

30 April 2011. Mengambil tempat di Wisma Lotus Jl. TB Simatupang Raya No. 18 Cilandak Jakarta Selatan,  PT Artha Auto selaku ATPM mobil sportcar merk Lotus, bekerja sama dengan PT Topindo Atlas Asia distributor oli Top 1 di Indonesia, membentuk sebuah tim balap “LOTUS TOP 1 RACING TEAM” yang siap  berlomba di ajang Time Attack Series 2011.

Balap Time Attack merupakan cabang olahraga motorsport yang baru di Indonesia yang dimulai sejak tahun 2010 lalu. Untuk tahun 2011 ini akan mulai berlangsung pada hari Minggu 1 Mei 2011. Sistem lomba sendiri cukup sederhana karena pesertanya akan di lepas satu per satu kemudian mengelilingi sirkuit dengan catatan waktu secepat mungkin, namun harus melewati berbagai rintangan, seperti zig-zag cone, dan sebagainya.

Endy Kusumo, CEO EuroSports Lotus, pembalap nasional Fitra Eri, dan Derrick Surya Head Of Marketing PT Topindo Atlas Asia (oli TOP 1) dalam acara jumpa pers Jumat 29 April 2011

Endy Kusumo, CEO EuroSports Lotus mengatakan “Kami merasa ajang ini sangat tepat untuk menunjukkan keunggulan Lotus, sekaligus memperkenalkan langsung kepada masyarakat akan merek mobil sport legendaris ini.”

By the way, apa sih kehebatan mobil ini?

Lotus Elise SC (supercharged) adalah salah satu mobil sport asal Inggris yang mengusung mesin bekapasitas 1.796 cc supercharger dengan bobot bersih 900 kg sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 217 hp. Dengan power-to-weigth ratio yang lumayan kecil ini menjadikan akselerasi Lotus dari 0-100 km / jam hanya memakan waktu 4.6 detik.

Pembalap Fitra Eri sebagai pembalap utama Lotus TOP 1 Racing Team

Handlingnya sudah pasti mantap karena Lotus memakai sasis premium alumunium plus suspensi Double Wishbone.  Ban standarnya sudah menggunakan Yokohama Advan Neova AD07 LTS, dan piranti penghenti laju kendaraan pakai merk kenamaan keluaran AP Racing dan Brembo di keempat rodanya.

Bapak Endy juga menambahkan bahwa Lotus Elise SC merupakan varian entry level kami. Dan merupakan mobil standar pabrik, untuk ajang Time Attack kami tidak melakukan modifikasi balap apapun. Kedepannya kami juga sudah menyiapkan sejumlah varian lain untuk diturunkan pada ajang ini seperti Exige S dan Exige 260.

Pada proyek ini Lotus menggandeng Top 1 sebagai partnernya, mengingat mesin turbo supercharger Lotus Elise memang sangat membutuhkan pelumas berbasis sintetik yang berkualitas.

TOP 1 Evolution 5w-30 100% Full Synthetic dituang kedalam mesin mobil Lotus disaksikan oleh para wartawan otomotif

“Kami bangga dan bersemangat menjalankan proyek ini. TOP 1 Evolution 5w-30 100% Full Synthetic adalah salah satu varian premium kami dipercaya untuk melumasi dan melindungi mesin 2ZZ-GE. Dimana sebelumnya produk ini telah mendapat referensi dari OEM LOTUS Malaysia di tim balap Lotus empire Motorsport,” Jelas Derrick Surya Head Of Marketing PT Topindo Atlas Asia.

Derrick menambahkan bahwa produknya sudah menjalani uji ketat untuk spesifikasi mobil balam Corvette dan bersertifikasi GM 4718M dan ILSAC GF4.

Fitra Eri siap jajal mobil Lotus Elise SC di ajang Time Attack

Fitra Eri pembalap berbakat yang sudah punya segudang prestasi baik ini dipercaya untuk jadi pembalapnya.

“Sesungguhnya tim balap Lotus TOP 1 Racing Team di Indonesia ini merupakan kelanjutan dari kerjasama tim balap Lotus dengan TOP 1 di Malaysia, dimana mereka sudah mengukir prestasi pada event internasional seperti balap ketahanan 24 jam di Malaysia dan Dubai. Semua kegiatan proyek ini sudah mendapat persetujuan dari prinsipal kami di Inggris,” pungkas Endy.

Nah, seri perdana Time Attack akan di gelar pada Minggu 1 Mei nanti di sirkuit Sentul. Berhubung kejuaraan Time Attack baru pertama kali ada di Indonesia, hanya akan ada 3 seri saja tahun ini dan semuanya berlangsung di Sentul. Nantikan hasil liputannya pada artikel selanjutnya.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

Leave a Reply