Perkenalan Gran Turismo Indonesia Community

4 Mei 2011. Komunitas penggemar online games yang lebih sering beraktifitas di dunia maya, Gran Turismo Indonesia Community (GTIC) memperkenalkan dirinya di ajang Drift Camp 2011 Seri 3-4 pada 23-24 April 2011 yang lalu. Mereka ikut meramaikan ajang Drift Camp bukannya ikut drifting, tetapi berkompetisi online games motorpsort melalui monitor.

Mengutip artikel dari Online Blog for Indonesian GRAN TURISMO Community disebutkan bahwa Komunitas Gran Turismo Indonesia berdiri sejak akhir tahun 2007. Merupakan gabungan dari dua komunitas pemain Gran Turismo yang berada di situs KASKUS.us dan situs grup Gran Turismo yang ada di Friendster.

Pada tahun 2007 seorang pemain Gran Turismo JonasRS menciptakan sebuah grup kecil di sebuah situs jejaring sosial yang terkenal pada saat itu, walaupun hanya sebuah grup kecil namun pertukaran informasi antar member grup sangat aktif. Sehingga akhirnya seorang member baru Abraham (Nordschleife) yang pada saat itu adalah ketua dari milis game racing arcade Wangan Maximum Tune 2, berinisiatif untuk membuat rumah baru atau forum yang berdiri sendiri.

Forum tersebut menjaring beberapa member baru dan memperbesar jaringan pemain Gran Turismo di Indonesia, diantaranya Tito (apRevolution), Yosua (Josh256) dan lainnya.

Forum Komunitas ini kerap kali berganti nama dan hosting baru, dari Gran Turismo Experts atau GTE(di Friendster) tahun 2007, Gran Turismo Indonesian Community atau GTIC tahun 2008, karena terhambat kesulitan promosi untuk mendapatkan member baru, JonasRS berinisiatif untuk ikut bergabung di Forum Pusat Gran Turismo dunia yaitu GTPlanet.net. Kemudian bertemu dengan diptob79 (Didit) yang kebetulan saat itu adalah ketua dari komunitas Gran Turismo di Kaskus.us.

Pada saat itu kedua komunitas bergabung pada sebuah forum bernama Gran Turismo Indonesia Community atau GTIC, ber-host di yourme.com yang dibuat oleh Abraham (Nordschleife) tahun 2008, dan kemudian berubah menjadi forum yang lebih umum bernama Drift Simulator Forum atau DSF yang dibuat oleh Tito (apRevolution) pada tahun 2009.

Pada tahun 2009 para member komunitas sangat antusias untuk mengadakan Gathering, namun mengalami kesulitan karena tidak adanya tempat yang memadai. Sehingga pada akhir tahun 2009 JonasRS dan Abraham (Nordschleife), menemukan sebuah tempat yang sangat berpotensi untuk diadakan Gathering pertama yaitu Xtreme Gaming Experience(XGE) yang dioperasikan oleh Hendy (HANHERDARNATH).

Setelah melakukan perundingan maka diputuskan untuk mengadakan gathering ditempat tersebut. Acara gathering sukses dan dihadiri oleh member-member yang berperan penting di Komunitas Gran Turismo Indonesia. Pada saat gathering tersebutlah para member memutuskan untuk membuat sebuah forum baru yang bernama Racing Games Indonesia atau RGI, yang secara resmi dibuat oleh Tito (apRevolution) dan Abraham(Nordschleife) dan masih aktif sampai sekarang.

Pada saat ini para member komunitas Gran Turismo Indonesia kerap aktif bertukar informasi disebuah Thread disitus Kaskus.us tentang taktik dan pengalaman online race di Gran Turismo 5 Prologue dan juga menyebarkan informasi tentang seri terbaru Gran Turismo yang sedang ditunggu-tunggu yaitu Gran Turismo 5. Hal tersebut dilakukan untuk penghematan beban hosting forum RGI dan juga secara langsung untuk mencari member-member baru untuk bergabung di Gran Turismo Indonesia.

Player Gran Turismo Indonesia juga exist di dunia Online Race. Maksud online race disini adalah fitur terbaru yang ditawarkan oleh seri Gran Turismo 5 Prologue yaitu balapan yang menggunakan jaringan internet dan tersebar secara worldwide, yang dapat mensinkronisasikan para pemain GT5P dari seluruh belahan dunia kedalam suatu bentuk balapan virtual.

Balapan Online Race dapat berupa tipe balapan touring/grip juga drifting yang melawan player dari luar negeri, dan kemudian diacak secara random oleh server pusat Gran Turismo yang ada di Gedung Polyphony Digital, Japan. Selanjutnya, yuk kita simak pernyataan dari bro Didit (Ketum GTIC) dan bro Jonas (Online Manager GTIC) yang mana keduanya merupakan sosok founder dari komunitas Grand Turismo Indonesia Community (GTIC).

Video

4 thoughts on “Perkenalan Gran Turismo Indonesia Community

  1. :toast
    Feel free to visit our blog or our discussion thread http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6533136 :tkp
    Bagi yang rumahnya deket ciganjur, grogol, atau kalimalang, ayo kita main bareng merasakan online racing Gran Turismo

    bravo SL.com :pertamax

  2. GTIC_pramono says:

    Mantabs Om … 🙂

    Info nya lengkap & detail banget …. 🙂

    Proud to be GTIC memeber

  3. GTIC_pramono says:

    Mantabs Om … 🙂

    Info nya lengkap & detail banget …. 🙂

    Proud to be GTIC member

  4. Aank wijaya says:

    Alat ini mirip seperti Riding Trainer yaa..
    yang kalo kita mau buat SIM..
    kalo main alat ni udh kayag naik mobil betulan ga seeehh????
    jadi kpengen!! :maho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *