Presentasi Pulsar DTS-i 220 Dari PT BAI

image006

13 Maret 2011. Ketika SL.com ikut acara PT Bajaj Auto Indonesia (PT BAI) di Sirkuit Sentul (8-9 Maret 2011), beruntung bisa banyak ngobrol dengan pimpinan (management) PT BAI, dan tentu saja ada banyak informasi yang didapat tentang sepak terjang PT BAI. Salah satunya gimana PT BAI menghantam pasar motorsport dengan Pulsar DTS-i 220 harga Rp. 18.6 juta saja.

Suka atau tidak suka itulah faktanya! PT BAI telah resmi meluncurkan Bajaj Pulsar 220, sekaligus uji coba (test-ride) langsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Faktanya, PT BAI mampu memberikan harga terbaik dikelas 200 cc ke-atas, sementara itu dipihak kompetitor masih menjual dengan harga diatas Rp. 20 juta, misal Yamaha Scorpio 125 cc dijual Rp. 23.8 juta dan Honda Tiger 200 cc dijual Rp. 24.5 juta.

Dalam obrolan santai dengan Dinesh Kulkarni selaku Vice President Director PT BAI, baik di muka lintasan Sirkuit Sentul, maupun disaat makan siang bersama dapat dirangkum sebagai berikut:

“Kami memang secara berkelanjutan telah mengembangkan Pulsar untuk memberikan produk yang bernilai seni tinggi dan didukung dengan performa serta teknologi yang tidak tertandingi kepada kalangan konsumen. Pulsar 220 baru ini akan menaikkan standar segmen performa tinggi dengan menjadikan Bajaj Pulsar 220 sebagai sepeda motor yang terkuat dan tercepat di kategorinya,” kata Dinesh dalam Bahasa Inggris dengan penuh semangat.

Dinesh juga menambahkan, “bahwa model kami yang pertama, Pulsar 180 pada tahun lalu telah di-upgrade dengan sejumlah fitur baru dan kami menjualnya dengan harga Rp. 15.4 juta (setelah program cashback) di Jakarta. Pertumbuhan pasar sepeda motorsport di Indonesia ini terus meningkat dengan pesat dimana kami sudah punya produk Pulsar 220 yang terus semakin kuat di Indonesia,” ujar Dinesh saat makan siang bersama.

Dalam hal ini jelas PT BAI telah menaikkan standar performa berkendara motor di mana Pulsar 220 adalah sebuah sepeda motor yang memiliki performa paling tinggi di kelasnya dengan tenaga 21 PS daan kecepatan maksimal 144 km/jam yang berasal dari mesin 220 cc DTS-i (Digital Twin Spark Ignition) bermesin empat langkah (4 Tak).

Selain itu, Vaibhav Gupta selaku DGM Marketing & Customer Satisfaction PT BAI menceritakan:

“PT BAI telah menawarkan Pulsar 220 sebagai motor yang berforma tinggi dan cocok untuk mereka “Yang Mau Kencang” sesuai slogan motor terbaru Bajaj Pulsar DTS-i 220. Lewat tenaga yang disemburkan sebesar 21.04 PS, bergaya sporty dan fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau Rp. 18.6 juta on the road di Jakarta, jelas Pulsar 220 merupakan motor yang sangat menantang bagi kalangan biker yang suka dengan motor kencang.”

“Selain itu, motor ini telah dilengkapi berbagai fitur canggih sebagai penunjang performa, antara lain head lamp proyektor dengan model mata serigala, rem cakram pada roda depan dan belakang, ban tubeless bertapak lebar, garpu depan yang lebih tebal, clip-on handle-bar, tempat duduk split, engine oil coller, speedometer digital, dan lampu belakang sporty,” jelas Vaibhav yang pernah jalan bareng dengan SL.com ke Singapura selama empat hari pada bulan September 2010 yang lalu.

Belum lagi Bajaj Pulsar sudah dilengkapi dengan karburator venturi 32, intake port pada kepala silinder yang sudah dimodifikasi, begitu juga dengan durasi dan sudut bukaan cam dibuat lebih tinggi. Untuk meningkatkan performa, Pulsar 220 sudah menggunakan resonator yang lebih besar dan catalytic converter. Performa mesin yang lebih tinggi itu bisa dicapai dengan memodifikasi rasio gear ke-lima, sehingga Pulsar 220 menjadi motor yang lebih kencang.

Selanjutnya apa kata Rizal Tandju sebagai Networl Development Manager PT BAI?

“Lewat tenaga yang disemburkan 21.04 PS, bergaya sporty dan fitur-fitur yang lengkap serta harga Rp 18,6 juta on the road di Jakarta, maka motor Pulsar 220 ini merupakan motorsport yang sangat menantang bagi kalangan biker yang suka dengan motor-motor performa tinggi. Lagian, Pulsar DTS-i 220 sudah mengusung mesin dengan temperature based ignition mapping di mana waktu pembakaran dioptimalkan untuk pembakaran mesin pada saat di-start akan semakin baik, pemanasannya akan semakin cepat dan torsinya pun akan menjadi maksimal,” kata Rizal.

“Yang pasti Bajaj Pulsar 220 masih import, tapi sudah kita rakit di pabrik kami di Cikarang dengan lima pilihan warna yang tersedia, yaitu hitam, biru, merah, silver dan orange. Nah, sekarang gimana? Fitur sudah oke, harga sudah oke. Apa motor sudah dijajal habis di lintasan? Kalo belum coba, ayo buruan test-ride Pulsar 220. Tadi ada media cetak bisa katanya sudah tembus 140 km/jam. Sekarang buktikan bisa lebih dari itu,” imbuh Rizal sambil mengajak SL.com test ride Pulsar 220.

Selain kehadiran Dinesh Kulkarni, Vaibvav Gupta, Rizal Tandju, ikut pula hadir Setyo Pribadi sebagai Service Manager, dan juga sejumlah pimpinnan setingkat manager dari perusahaan PT BAI yang berkantor di Menara Imperium, Lt 12 X Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Video Presentasi (singkat)

ALBUM PHOTO

Leave a Reply