About Husqvarna: The World Supermoto Bike

image006

logo-husqvarnaHUSQVARNA? Nama ini bagi orang Asia kederangannya memang masih asing. Sebaliknya, bagi mereka yang datang dari dataran Eropa, sudah pasti mengenal nama Husqvarna ini dengan baik.

Yang pasti, nama Husqvarna belakangan ini agak sedikit menonjol setelah adanya “EICMA Bicycle and Motorbike Exhibition” yang berlangsung di Milan, Italy pada awal November 2008. 

Apa dan siapa makhluk Husqvarna ini? Husqvarna adalah sebuah merek dagang yang berasal dari Swedia dan memiliki karateristik sejarah lebih dari 100 tahun. Berdiri sejak tahun 1904. Untuk katregori sepeda motor, merek ini lebih banyak bermain di kelas Motor Enduro, Motor Cross dan Supermotard yang telah memperoleh 74 gelar kejuaraan dunia.

Sebelumnya Husqvarna menjadi bagian dari MV Agusta untuk beberapa tahun. Tapi mulai dari tanggal 1 Oktober 2007, perusahaan Husqvarna diakuisisi dan dimiliki oleh Grup BMW (BMW Motorrad).


Husqvarna SM610 (Sumber: wikipedia.org)

Tersedia 21 jenis model dan merek dagang motor yang dipasarkan yang terbagi dengan kategori Enduro, Motocross, Supermotard dan Dual Purposes. Semua merek dan jenis motor tersebut diproduksi di pabrik ‘Cassinetta di Biandronno’, yang berada di provinsi Varese, Italy.

365Husqvarna diciptakan khusus untuk mengikuti berbagai balapan yang memiliki sejarah tradisi yang ternama, bahkan mengikuti berbagai kejuaraan dunia yang sudah dimulai sejak 50 tahun yang lalu.

Pada tahun 2008 ini Husqvarna meraih kemenangan balapan dunia yang paling bergengsi: “The World Titles in the Supermoto World Championship S2 class” dengan pembalap asal Perancis, Adrien Chareyre (26) dan motornya jenis SM 530RR.

Husqvarna saat ini sudah megembangkan berbagai jenis produk, dan motor bermesin 4 Tak juga sudah tersedia, antara lain dengan kapasitas mesin 250cc, 450cc dan 610cc. Bagaimana keberadaanya di Indonesia? Apakah Husqvarna sudah beredar? Apa sudah ada Importir Umum yang jualan motor ini?

Catatan: Artikel dan foto dikuti dari berbagai sumber.

The End.

8 thoughts on “About Husqvarna: The World Supermoto Bike

  1. ni motor europe, tapi kok logonya??? mirip babrikan jepang ya? itu tu..

  2. FYI : motor Husqvarna udah dipajang di diler Sun Motor Piaggio, importirnya PT SKN, beritanya ada di otomotifnet.com
    http://otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/1170

  3. @wopie : mirip honda ya bro, he….he…
    tapi inget honda motor lambangnya sayap lho…

  4. @bennyps,
    Thanks bro. Ternyata sudah pernah ada media yg meliput lebih ke arah teknis.
    http://otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototest/Content/0/0/1/7/1170

  5. Horas bah…
    Aku dari Medan bang…
    Kalau boleh tau,di mana dapat motor Husqvarna SM 610??????

    Thanks buat info nya.

  6. @abang ala’
    Coba kau kontak langsung ke alamat ini:

    KAPPA BOX/PIAGGIO/HUSQVARNA
    PT SENTRA KREASI NIAGA/DUTA PUTRA SUMATERA
    Jl. Slamet Riyadi No. 6
    Jakarta Timur
    Telp. (021) 8518888
    http://www.sunmotor.com/piaggio/

  7. Selamat siang bang.
    Aku punya Husqvarna 125. Apakah ada perkumpulan penggemar Husqvarna di Jkt bang.
    Thanx

  8. [...] Bagaimana komentar saya? “Unspokeable”. Nantikan ulasan selanjutnya. Atau bisa juga membaca tulisan Bro Stephen Langitan tentang Husqvarna di sini. [...]

Leave a Reply