Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?

kymco-logoJakarta, 18 November 2008. Masih ingat motor skutik pertama di Indonesia? Kymco. Saat ini apa kabarnya ya? Usut punya usut rupanya ada sebuah berita di harian Kontan, Selasa 18/11/2008 yang menyebutkan jika PT. KYMCO LIPPO MOTOR INDONESIA (PT KLMI) sebagai ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) KYMCO sedang ada perkara.

Selain dari pada perkara atau gugatan dengan pihak ketiga, ternyata PT KLMI juga punya masalah dan konflik internal yang terjadi didalam tubuh PT KLMI yang menyebabkan kegiatan pabrik Kymco harus menghentikan semua kegiatan produksi.

Yang lebih parah, dikatakan jika karyawan Kymco telah menerima surat untuk tidak bekerja sementara hingga Desember 2008.


Pemilik PT KLMI adalah ‘Kwang Yang Motor’ memiliki 75% saham, dan sisanya 25% dimiliki oleh ‘PT Metropolitan Tirta Perdana.’

Sangat disayangkan, kehadiran merek Kymco ex Taiwan ke Indonesia sudah dianggap sebagai pelopor dalam industri motor skutik atau ‘automatic bike’.

Kymco pada awalnya diminati oleh pasar di beberapa di daerah, khususnya Pulau Dewata Bali. Ketika itu motor skutik yang dianggap aneh karena masih baru, tetapi akhirnya pasar mulai dimasuki dan direbut oleh produsen besar seperti Yamaha dan Honda.

Sejarah Kymco di Indonesia

Pada bulan April 2000 motor Jetmatic KYMCO telah terbukti sebagai motor paling tangguh dengan tes performa Jakarta-Bali NON STOP 100 JAM, dan rekor ini tercatat di MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai rekor yang tak tertandingi.

Pada tahun 2002 KYMCO resmi menjadi anggota AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) bergabung dengan Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki & Piaggio.

Pada bulan Juli 2005 motor Jetmatic KYMCO kembali membuktikan diri sebagai motor satu-satunya dan pertama di Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI 150 Jam Non-Stop Jakarta – Bali – Jakarta.

Jetmatic KYMCO Free-EX diberi penghargaan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup sebagai motor dengan standar Emisi Gas Buang EURO 2 terbaik dikelasnya sesuai dengan Program Peringkat Hasil Uji Emisi Gas Buang Kenderaan Bermotor Tipe Baru Tahun 2005.

sooner100s-2Ironis memang jika produsen tidak siap masuk dalam pertarungan pasar motor skutik yang begitu ketat. Pada akhirnya membuat PT KLMI agak keteteran dalam persaingan motor skutik di Indonesia. Beberapa persoalan pun muncul, apalagi dalam situasi krisis pada saat ini.

Beberapa motor terbarunya di tahun 2005 antara lain Kymco Free EX sudah mulai menghilang dari pasaran. Website resminya www.kymco.co.id pun tidak punya berita terbaru. Artikel yang dimuat sudah basi, terakhir dimuat bulan Mei 2007 dan setelah itu diam seribu bahasa.

Disatu sisi ada kesedihan, namun dilain pihak ada yang lagi tersenyum.

The End.

50 thoughts on “Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?

  1. Padahal akhir2 ini lagi tert6arik sama kymco nih, karena testimoni teman2 pengguna.
    Value for money-nya & performa-nya ternyata sangat menggoda.
    Tapi emang agak ragu dengan aftersales-nya karena ga pernah liat bengkel kymco di daerah deket rumah ane. Tambah berita ini, jadi makin ragu deh

  2. FYI : sekarang pusat sparepart motor KYMCO ada di BeRes Bintaro, kedepannya menurut info dari http://www.kymco.or.id, main dealer Jakarta, Bandung dan Bali akan bertindak seperti IU, kurang lebih modelnya seperti PT Sentra Karya Niaga yg jadi dealer sekaligus importir Piaggio, Aprilia dan Husqvarna di Indonesia,
    cmiiw

  3. @ Bro Benny,
    Thanks untuk infonya.
    Kalau punya nama/alamat lengkap Impotir Umum KYMCO, mungkin bisa disampaikan disini agar para pembaca/masyrakat yang minat beli Kymco punya datanya.

  4. Kyk nya emg nih pabrik lg bermasalah, dah sebulan ini gua liat, di sekitar parkiran depan Kymco ada tenda dari pekerjanya, kyk lagi demo solidaritas atau apa gua gak ngerti.

  5. Aku pengguna Kymco baru 4 bulan lebih. merk: LX sporty. Sparepart sampe skrg gak ada masalah. Importer diluar atpm pastinya ada. Buktinya, Ribuan pengguna Kymco seIndonesia masih eksis motornya. bahkan besok 7-9 Maret di Pangandaran ada perhelatan besar KYMCO Jambore ke-3 se-Indonesia. kurang dari 400 pengguna Kymco hadir bro… Info lanjutnya di http://www.kymco.or.id

  6. Aku pengguna Kymco baru 4 bulan lebih. tipe: LX sporty. Lebih mantap dari matic sejenis dan sekelas merk Jepun (menurut saya). Sparepart sampe skrg gak ada masalah. Importer diluar atpm pastinya ada. Buktinya, Ribuan pengguna Kymco seIndonesia masih eksis motornya. bahkan besok 7-9 Maret di Pangandaran ada perhelatan besar KYMCO Jambore ke-3 se-Indonesia. kurang dari 400 pengguna Kymco hadir bro… Info lanjutnya di http://www.kymco.or.id

  7. saya pengguna kymco trend SR dan easy JR menurut saya tutup gak tutup pihak pabrikan kymco para user tetap eksis dengan kymconya saya yakin mereka sependapat dengan saya bahwa sampai saay ini blom ada motor kelas premium yang bisa senyaman, seirit, setangguh kymco jd tidak usah taku dengan kelangkaan spare part karna banyak part subtitusi dan dr beberapa user masih sanggup untuk mendatangkan part dari taiwan langsung ….

  8. sangat disayangkan kalo gak bisa dilanjutkan KYMCO di indonesia..
    sumpah.. nih motor emang enak banget…!!

    Pinky Libero

  9. Pertama saya pake Kymco Metica sejak th 2001 sampai saat ini masih berjalan dengan baik, dengan perjalanan Touring seperti
    -Gunung : Bromo,Dieng,Merapi,Sarangan/Solo,Dll
    -Pulau : Bali, Sumatera(Selatan)
    Yang Kedua pake Trend SR sejak th 2008, sering ke Bandung dan majalengka(tmpt istri). Terakhir mengikuti Jambore III kymco 2009 (7-9maret). Kedua Motor Kymco sayapun jadi kendaraan Harian/kerja. Kesimpulan saya selama 8thn (s/d Juni)mengendari Matic kymco khususnya yg 125Cc (Matica&Trend SR), inilah motor matic nyaman yang bisa dipakai utk perjalanan Dekat dan Jauh sesuai dgn kebutuhan dan kemampuan saya… Jadi apapun yg melanda pabrikan kymco di Indonesia (bisnisnya).. saya tetap pake Matic Kymco… selanjutnya impian utk memiliki Matic 150Cc. ***Jika ada Rezekinya… Bravo Kymco Matic -
    http://www.kymco.com.tw/products/models/techno/techno.asp

  10. Tadi nye gw bangga sama Kymco punya gue Free ECX merah
    Motor yg paling enak dan sangat nyaman di kendarainya.
    Tapi mendadak semua bengkel tutup,sparepart tutup,bintaro,kebon jeruk tangerang,ada apa gerangan?
    para konsumen mulai terlantar,,,
    pemuja melarikan diri karena diacuh kan,,,
    memutuskan hubungan secara sepihak tanpa basa basi,,,
    merugikan penggemar2xnya,,,
    nama baik yg di ukir di rusak sendiri oleh kymco,,,
    konsumen bingung,,,
    BT gw ama Kymco,emang kaga mikirin konsumennya apa?

  11. Ga nyesel koq pakai kymco, walaupun tahu pabriknya udah tutup, baru sebulan kemarin gw nekad juga beli libero hitam… nyatanya nyaman banget, klo lagi blanja bisa ampe tiga kantong plastik masuk (hehe), klo isi bensin ga perlu turun dari motor dan bisa sampe 5 liter lebih, kualitas plastik bodynya beda, keliatan lebih keker… dan getarannya itu yg minim, gas responsif banget (klo yg ini gw kurang paham, apa mungkin efek dari tunning2 si montir kymco)

    Klo ga percaya coba deh pinjem punya temen yg pakai kymco…
    penasaran khan… :-)

  12. aku pake dink… meski kymco gi resah dan ribut2 mo tutup… aku mau beli trend SR baru… kmren aq cba kontak dealer2 bdg dah ga ada stock barang baru karena lgi krisis… buat rekan2.. mohon infonya buat order produck. siapa tau jkt atau dealer lain daerah msih punya stock SR baru. thanks

  13. Tapi klo service sama masalah spare partnya gimana om?
    brani mau ambil kymco lagi???

    sekarang yg lagi saya pusingin klo ada kerusakan mesin bagaimana benerinya, klo spare partnya aja ga ada di indonesia…

  14. @abdus salam
    sevice pda umumnya sama ma mtor2 matic lainnya, makanya Persaudaraan kita antara sesama biker mesti solid, terutama rekan2 montir2 dibengkel. klo beres tutup.. ya tinggal call aja rekan2 montir.. trus klo masalah spare part. pengalaman saya pke kymco.. kymco ga banyak masalah trus ga rewel ya tpi semuanya jga kembali lagi ke kita masing2 bagaimana kita merawatnya… spare part yg sering diganti bisa pke spare part merk lain.. kya kanvas rem. ban, accu.. bahkan ampe daleman mesin bsa pke punya merk lain.. trim’s buat rekan2 ditunggu info stock SR brunya…

  15. @eful, waah penjelasannya udah bikin saya lega om… trims.

    btw : ada nomor kontak rekan2 montir kymco pa? klo berkenan boleh di email ke abdusxsalam@gmail.com… please! buat antisipasi :-D

  16. saya perlu drive belt kymco easy 100pc dan lx 50 pc….. mohon info harganya, barang tersebut diatas akan dijual kembali di toko kami, mohon diberikan harga yang terbaik. trims

  17. saya ada 3 kymco; cevira, metica dan free lx karena demen ama kymco. tapi agak minder juga denger pabriknya bangkrut. ngga ada yang dibanggain lagi. mudah2an akur lagi, produksi lagi.

  18. bos, g usah kuatir banyak beres (red=bengkel resmi) yang tutup, ane juga baru punya trens sr sekitar 4 bulan lalu last stock dari beres kebon jeruk, emang sempet bingung juga waktu mo service gratis, eh tau2 nya beresnya dah tutup, bingun mo service kemana, akhirnya baca2 dari milis http://www.kymco.co.id ini thread alamat2 bengkel yg bermunculan setelah banyak beres tutup istilahnya mati 1 tumbuh seribu :) http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=4139, kalo masalah nyaman , speed, lincah, stabil, canggih, kymco dah rajanya.

  19. gw sedih banget kymco indonesia udah g produksi lagi..gw punya free lx sporty,,smp skrng seh g ada masalah,makanya gw pengen beli libero.coz menurut gw lebih keren lagi. tapi gw cari2 di dealer kymco yg msh aktif ga ada stock satupun cing!!sold out!. gw pikir waktu ada kabar kymco bangkrut,motor matic sisa bakal jadi sampah,,tp ternyata orang tetep percaya sama merk kymco. SALUT!!

  20. gw udah ngrasain enaknya motor matic kymco. Bener2x ga ada tandingannya, nyaman bgt.

  21. Bissmillah….
    semenjak ane denger KLMI bangkrut, ane makin berhati2 dalam merawat SR-ane, Dulu kalo make gas POOOL teruys.., Tapi sekarang agak hati2…….. banget. karena sedikit khawatir umur mesin ga panjang. dan untuk nyari spare part-nya langka bgt. Tapi alhamdulillah sampe sekarang Trend SR ane masih AJIB aje. rekor ngebulin motor laen: Jupi MX di Fatmawati, Satria FU (Rival Bebuyudan): X- Malang,Matic Jepun TEWAS semuanya. Lokasi bekasi, bengkel: SOMATIC deket gapura JATIMULYA (Mekanic: Mas Bilal), KYSS LARASATI Pdk. Guede(Maknic: Pak WITO). Mudah-mudahan Produksi motor KYMCO di Indonesia bakal ada yang Ngelanjutin dengan Bendera baru jangan KLMI !!!! supaya bisa meminang lagi kymco jenis lainnye….

  22. eazycomeneazygo says:

    Ada baiknya Bro Admin SL sebagai blogger yang banyak menulis tentang dunia roda dua langsung saja menyebutkan http://www.kymco.or.id sebagai referensi bagi para peminat/pemerhati Kymco di Indonesia, terutama jika ada pengunjung blog anda yang lain yang meminta informasi tentang Kymco.

    Dan perlu diketahui juga bahwa website tersebut dikelola secara independen oleh para kymco-mania, dan tidak mempunyai hubungannya dengan produsen (ATPM) kymco di Indonesia.

  23. Tolong dong bantu supaya kymco bisa eksis lagi di Indonesia,
    dukung petisi kymco Indonesia dgn menuju link ini:

    http://www.petitiononline.com/kymcoid/

    moga2 para petinggi kymco taiwan bisa mendengar dan segera bertindak untuk Indonesia..
    ***Indonesia peoples are waiting to buy more Kymco products!

    note: ga perlu nunggu KLMI atau Lippo Group yg ga pernah beres……..

  24. Hallo everyone…
    Mo nanya, dealer kmyco bandung di mana ya ?
    Uda pake segala jenis matic selain kymco, ternyata kymco gada lawannya, buset dah tu motor.
    Skrng pgn balik beli kymco baru lagi, tp bingung nyarinya dmn di bandung ? Trus bengkelnya dmn ?

    Anyone knows ?? Thanx berat.

  25. ( lanjutan )

    Di bandung uda muter muter, di tlp tlp, nanya sana sini.
    Ngontek k jkt ga nyambung nyambung, email ga di bales bales, demi kymco haha,
    nyaman bgt si, what can i say.

    Anyone knows ??

  26. nyari Cymco easy 100 nih,,, di malang.
    ada yg punya info g yak?
    tolong donk kalo ada,
    thnx’s

  27. orang goblok yg bilang kymco ga ada spare part nya di pasaran..
    banyak kok …body jg ada..lengkap…search dulu yg bener baru komentar.

  28. Krishna Kymco User says:

    @ felix… jangan komentar kosong lah… gw udah pake kymco sejak pertama kali tuh motor diimport dari Taiwan… asal lo tau aja basic mesin skutik di indonesia seperti honda vario, Honda Beat, Yamaha mio,nuovo Suzuki Spin, Skywave & Skydrive menggunakan Basic desain konstruksi type GY6 Engine dan CVT (Continous Variable Transmission) yang di kembangkan oleh Kwang Yang Motor Co. alias Kymco dan Polini Italy … dan asal lo tau aja bahwa sejak tahun 1970 Kwang Yang Motor alias Kymco gabung dengan Honda Jepang dan memiliki market Share dan riset untuk motor jepang seperti Honda GL, CB, C70, Supra dan Mesin Neotech yang di pakai GL Pro, Tiger merupakan desain dari KYMCO.. dan lo tau Honda CBR 150 ? sebelum di launching Desain tersebut sudah di pakai oleh KYMCO dengan nama Quanon KR125- KR 150..
    masalah sapre part.. KYMCO sudah import lagi dari Taiwan dan sekarang ATPM sudah di pegang oleh Benson Power Mobility (Bali) mulai maret 2010… komplit dari fast moving sampai body part dari type lama sampai terbaru …

    Gw jabanin tantangan lo adu kymco Libero Gw sama mio atau Spin… Punya Gw sudah gw bore up sampai 150cc, Cylinder Head set sudah gw ganti dengan type SOHC 4 Valve asli impor dari NCY taiwan, boring keramik coating dan kompresi sudah 11.5:1 roller udah gw ganti Kawahara 8gr per CVT sudah ganti TDR 2000rpm kampas kopling CVT sudah ganti punya TDR racing punya Beat… top speed 135Km/h akselerasi 7.2 detik 201m… mau coba?!

  29. Krishna Kymco User says:

    @ felix cat kymco yang luntur disebabkan karena pada type keluaran th 2000-2004 Kymco masih impor langsung dari Taiwan yang merupakan negara sub Tropis jadi riset cat dan body part memang untuk pasar negara sub Tropis.. jadi maklum aja kalau dibawa ke jakarta yang tingkat polusi dan radiasi UV nya tinggi tuh cat dan plastik jadi luntur… tapi lo boleh lihat produksi th 2005-2008 sudah di sesuaikan dengan negara tropis seperti indonesia.. bahan lebih kuat dari pada produk lokal seperti punya mio, vario atau beat dan cat umumnya sdah diberikan lapisan vernis anti gores…

  30. Krishna Kymco User says:

    kalo mau cari Kymco Seken yang berkualitas dan gress bisa tlf gw di 02144753366 krishna.. gw bisa bantu cariin kymco yang lo maksuda mulai dari metica, easy, Easy JR, Free EX,LX MX sampai Libero dan Trend SR 125 keluaran terakhir.. tapi konsekwensinya lo kudu siapin duit yang banyak karena gw dapat dari para kolektor jadi harga masih tinggi bahkan ada yang sampe 13 juta untuk type Kymco Dink 150 Built Up th 2004 dan 8.5 juta untuk Libero dan Trend SR 125 th 08 akhir dengan Digital speedo meter

    • bro Krishna.. terima kasih sudah gabung dan share di blog ini. Gw akui Kymco adalah pelopor motor matic di Indonesia, dan motor yang bagus. Hanya saja gara2 masalah internal dari pemegang saham Lippo dgn principal Kymco, akhirnya perusahaan ini mengalami kesulitan permodalan. Dulu tahun 2005 gw sempat bolak-balik ke dealer Kymco di Arteri Pondok Indah untuk menjajal Free EX, tapi akhirnya yg dibeli Yamaha Mio. But eniwei, thanks a lot untuk comment anda, paling tidak membuat pembaca disini makin paham soal Kymco.

  31. betu2 om krishna, orang kebanyakan tahunya kaya’ kacang goreng, paling banyak diiklan di tv yaitu yg paling laris, jarang yang tahu rasanya menu dari KYMCO yg udah menuhi syarat 4 sehat 5 sempurna, makanya jadi santapan istimewa bule2 eropa maupun amerika & australia

  32. Kita2 Kymcois amat prihatin sekali KLMI yg melopori Skutik di Indonesia, namun Buah madunya dipetik produsen lain. Dan kasihan konsumen gak tahu kebanyakan matik yg beredar itu BBM-nya jelmaan dari motor 2T dulu

  33. BENSON di Bali tolong dong datengin Matik jangan yg untuk mau naik kelas aja, tapi banyak lo baru mau masuk TK, SD, & seterusnya, kasihan mereka diserobot oleh si-Y si-H and lain-lain yang kurang pengalamannya

  34. mo nanya dealer2 Kimco di Jawa Tengah,ya.
    atau pusat jual spare part nya thanks

  35. aq pengguna kymco , dah masuk thn ke 8 nggak ada maslah tuh, masih irit, bandel please kymco bangkit, pokoke nganggo kymco eunaaak tenan ………..

    • imanMckeenan says:

      you know what, Kymco Jetmatic 125 sekarang banyak yang nyari loh..soalnya bisa dimodif bodypainting yang lebih banyak daripada motor lainnya, plus body bantet_nya itu yang ngegemesin>>

  36. rafliansyah says:

    maaf nih, ane mau jual motor kimco free lx. warna ijo. kalo ada yg minat hubungin aja ane.
    rafli:08567371724.
    makasih.

  37. Gw ada rencana mo beli motor matic taon depan……pilihan pertama mo beli Kymco. Semoga cepat hadir lagi di Indonesia..

  38. kymco uda meluncur kembali …akhir februari 2014 barang udah sampai bali…udah banyak yg pesen ;;) …more info kunjungi UD. Tri Tunggal motor…jl diponegoro 131 singaraja bali .. 0362 22309 / nonik 081999555830 heri 087762041999

  39. @Pras..
    Sukses bro.. salut deh anda penggemar setia motor Kymco.
    Maju terus.. semoga komunitas bikers Kymco jg tetap eksis..
    Ditunggu cerita2 touring-nya… info ke sini juga ya.. :-)

  40. @bang topik,
    setahu saya pemilik Kymco punya komunitas yang solid, silahkan browing di google.

  41. bener bgt bro. gw baru pertama pake metic punya temen, langsung ngefans. akhirnya gw ja ikut beli kymco free ecx

  42. buat konsumen yang membanggakan Kymco…its u’r choice men!!!up to you lah….Ok lah spare part mesin masih bisa subtitusi ma motr laen……tapi tuk part cover-cover gmana?masa’ kalo pecah di tambal trus…ato bisa juga pk merk laen…brand Kymco anda bisa luntur lho!!!!!!u know……..yang rasional ajalah….

  43. mau gak ma tanding ma MIo 2006,?,,,,,,,,,,,,,Bengkel JAS- Malang….Jatim…….

  44. Setuju bro!

    -original message- Subject: [stephenlangitan.com] Comment: “Apa Kabar Motor Jetmatic Kymco?”

Leave a Reply