Jakarta Fashion Week 09/10 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo

PRESS RELEASE!

fauzibowoJakarta, 14 November 2009. Hari ini Jakarta Fashion Week 2009/2010 (JFW 09/10) secara resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Bertempat di The Pacific Place Mall Jakarta, event mode internasional ini akan mengantar Anda pada gambaran tren fashion Indonesia 2010. Peragaan busana yang berlangsung akan menyatakan bahwa fashion Indonesia siap men-dunia. Dan Jakarta pun siap menjadi salah satu fashion hub di Asia.

Gubernur DKI Fauzi Bowo menyambut baik pergelaran ini. Acara ini memiliki arti penting untuk memberikan stimulus terhadap perkembangan industri fashion, tekstil, dan pedagang garmen, serta pengembangan ekonomi kreatif yang nantinya akan memantapkan Jakarta sebagai kota mode.

Mengulang kesuksesan tahun lalu, kali ini JFW dimeriahkan lebih dari 100 desainer top lndonesia yang tergabung dalam APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia), IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia), dan desainer independen yang sudah punya nama besar seperti Carmanita, Ghea Panggabean, Poppy Dharsono, Stephanie, Taruna Kusmayadi, Anne Avantie, Oscar Lawalata, Deden Siswanto, Sarli, dan Oka yang akan hadir menghibur para penikmat mode dengan karya-karya indah mereka.

“Kami berharap event ini bisa mengundang buyer dan klien yang iebih besar dari sebelumnya. Tahun ini APPMI akan tampil dalam dua hari, membawa fashion tendance kami, yang menjadi tren APPMI,” kata Taruna Kusmayadi, Ketua Umum APPMI.

“JFW adalah pencapaian masyarakat fashion Indonesia. Kami dari IPMI senang bahwa pencapaian ini bisa membuat fashion Indonesia makin diakui oleh dunia,” tambah Kanaya Tabitha, perwakilan IPMI.

Selain kembali menyajikan mahakarya para desainer terdepan Indonesia, event JFW 09/10 juga akan mempertemukan eksotika budaya Indonesia dan India dalam industri mode. Sebuah kolaborasi unik dalam dua festival, yaitu Festival of India dan Jakarta Fashion Week 09/10 (JFW 09/10).

Kolaburasi ini hadir melalui pertukaran desainer Indonesia, yaitu Sebastian Gunawan dan Priyo Oktaviano, serta dua desainer dari India berskala internasional, Tarun Tahiliani dan Malini Ramani. Ke-empat perancang terpilih ini telah merekam kekayaan aneka ragam kain dari dua negara dan mereka akan menampilkan intepretasi ke dalam show pembuka di gala dinner charity night bersama majalah dewi.

“Mengangkat tema Friendship Through Culture dalam Festival India, kami berharap kerja sama ini bisa membuat kedua negara berbagi warisan budaya. Mudah-mudahan festival ini akan memberikan dampak positif bagi hubungan kedua negara,” jelas Siren Nanda, Duta Besar India untuk Indonesia.

Dukungan senada juga datang dari sponsor utama, yaitu Bank BRI. “Bank BRI sebagai bank milik negeri sendiri berharap melalui event Jakarta Fashion Week 2009, dunia mode Indonesia akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan industri kredit perbankan, yang sebagian besar adalah pengusaha UMKM yang merupakan core business dari pada Bank BRI. Kami turut bangga turut serta bisa mengembangkan dunia fashion Indonesia, karena mode dan fashion merupakan suatu industri yang bisa meneruskan warisan budaya bangsa melalui perkembangan industri fashion dan mode,” demikian papar Tony Soetirto, Managing Director PT Bank Rakyat Indonesia¬† (Persero) Tbk.

Langkah FeminaGroup untuk mendorong fashion Indonesia tak pernah kenail kata final. FeminaGroup juga dikenal sebagai tempatnya kelahiran para desainer mode melalui Lomba Perancang Mode Indonesia (LPM), yang merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian acara JFW 09/10.

Ajang yang pertama kali diusung oleh Majalah Femina clan Gadis sejak tahun 1979 ini, merupakan kesempatan besar untuk membuka jalan bagi para perancang baru potensial. Beberapa perancang terkenal yang lahir dari LPM adalah Anne Rufaidah, Carman ita, Chossy Latu, Edward Hutabarat, Itang Yunasz, Musa Widyatmodjo, Samuel Wattimena, Tuty Cholid, Widhi Budimulia, Sally Koeswanto, dan Denny Wirawan.

Pergelaran JFW 09/10 ini kembali berlangsung di gedung Pacific Place, pusat perbelanjaan terbesar dan termewah di kawasan Jakarta Selatan.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Pacific Place (PP) kembali menjadi tuan rumah pada acara sebesar Jakarta Fashion Week 2009/2010, Selain bangga akan hasil karya para desainer besar dan berbakat di Indonesia, PP turut memberikan kontribusi untuk menyukseskan JFW event ini sejalan dengan konsep yang dilahirkan oleh PP, yakni High End Shopping Mall yang selalu mengapresiasi dan mengikuti perkembangan industri fashion nasional dan internasional,” papar Scott Butler, Vice President Pacific Place Mall Jakarta.

Festival Mode Indonesia, maupun Jakarta Fashion Week (FMI – JFW) 2008 berhasil masuk kedalam peta fashion dunia dengan ditayangkannya oleh stasiun Fashion TV. Siaran berskala internasional tersebut, senantiasa berdampingan dengan acara fashion-week lainnya dari pusat mode dunia. Berita mengenai FMI,/JFW 2008 juga sudah diliput oleh 203 media outlet yang datang dari dalam dan luar negeri, termasuk media internasional dari negara AS, Eropa, Australia dan negara-negara Asia.

Sukses dan selamat buat acara Jakarta Fashion Week 2009/2010.

Leave a Reply