Sekilas TOP 1 Journey Riding Experience

27 Januari 2011. Teman-teman mungkin sudah baca artikel acara “HTML Kopdar Regional Jabodetabek 2011” yang akan belangsung hari Sabtu 29 Januari 2011 di Depok. Terlihat dengan jelas pelumas TOP 1 menjadi sponsor utama dalam acara tersebut. Kali ini sedikit dibahas soal pelumas TOP 1. Apa dan bagaimana?

Jika mau disimak, sebenarnya pelumas TOP 1 asal Amerika Serikat melalui perusahaan PT Topindo Atlas Utama sudah memiliki banyak gebrakan yang melibatkan klub dan komunitas, baik klub sepeda motor, mobil ataupun event balapan nasional. Sebagai contoh, mari kita lihat acara di bulan Desember 2010 lalu dimana pelumas TOP 1 pernah bikin acara heboh bersama media online Otomotifnet.com untuk merasakan sensasi naik sepeda motor sambil menggunakan pelumas sintetik TOP 1.

Singkat kata, seperti apa sih isi acara heboh tersebut. Selain itu, apa pula maksud dari pelumas TOP 1 bikin acara tersebut yang telah melibatkan klub dan komunitas otomotif.

Sesuai tema TOP1 Journey Riding Experience sebenarnya kami ingin mengajak rekan-rekan perwakilan komunitas/klub motor untuk merasakan sensasi berkendara dengan motor sambil menguji pelumas sintetik TOP 1. Hal ini dibuktikan di berbagai trek atau jalur yang berbeda-beda, dengan maksud memberikan kesimpulan kongkrit terhadap kualitas oli TOP 1,” ujar Derrick Surya, Marketing Manager PT Topindo Atlas Asia, selaku distributor oli TOP 1 di Indonesia.

Dalam pengujian kali ini dipilih TOP 1 Action Matic 10W-30 dan 20W-40 JASO MB. Sesuai peruntukannya, kedua jenis pelumas mesin tersebut digunakan pada Honda BeAT dan Yamaha Mio Sporty. Dua skutik ini kemudian dipakai berkendara oleh tester dari perwakilan 12 klub/komunitas roda dua di Jakarta.

Karena pengetesan ini juga bertujuan untuk melihat dampaknya terhadap jeroan mesin setelah pemakaian oli TOP 1 secara berkala, maka total jarak tempuhnya mencapai 7.500 km. Dimana setiap kelipatan 2.500 km, dilakukan penggantian oli baru. Dari total jarak tempuh, jika dibagi jumlah komunitas/klub yang terlibat dalam event ini maka masing-masing punya jatah 625 km. Setiap klub bebas melakukan perjalanan dengan rute yang mereka kehendaki se-ekstrim mungkin.

Tak heran bila ada yang sengaja turing Jakarta – Lampung seperti yang dilakukan Honda Supra Jakarta (HSJ) atau turing Jakarta – Ciwidey (Bandung) oleh Jakarta Mio Club (JMC) dan Honda Revo Jakarta (HRJ).

BELAH MESIN DAN UJI LABORATORIUM

Selama perjalanan menuju 7.500 kilometer terdapat tiga kali penggantian oli yaitu 2.500 kM, 5.000 KM dan 7.500 KM. Sampel oli bekas setiap penggantian dibawa ke laboratorium independen untuk dilakukan pengetesan kualitasnya setelah dipakai sejauh 2.500. Dipilih dua laboratorium sekaligus yaitu Petrolab dan Corelab, dan hasilnya masih sangat baik, TOP 1 Action Matic mampu melumasi dan melindungi mesin dengan baik.

Tidak berhenti sampai disitu. Untuk membuktikan dampak penggunakaan oli TOP 1 Action Matic terhadap komponen dalam mesin yang bergesekan maka dilakukan belah mesin Honda BeAT dan Yamaha Mio. Keduanya dibongkar dihadapan para tester (12 komunitas/klub) lalu diperiksa per komponen untuk dilihat apakah ada kerusakan dan keausan akibat dari pemakaian TOP 1.

Secara teknis dan nyata, sama sekali tidak ada kerusakan yang ditimbulkan ke mesin karena penggunaan oli. Mulai dari dinding piston, silinder, camshaft, kruk as dan bearing-beraingnya masih tampak normal dan seperti baru, hal ini membuktikan TOP 1 Action Matic bekerja maksimal melindungi semua komponen mesin

Kalaupun ada kerusakan hanya terjadi pada komponen fast moving diluar mesin dan tidak berhubungan dengan oli, seperti kampas rem, roller dan belt CVT. Karena memang rata-rata selama pengetesan, kedua motor digeber secara ekstrim melewati medan yang sangat berat dan memang sudah waktunya untuk di ganti.

APA KATA KOMUNITAS SOAL KUALITAS TOP 1 ACTION MATIC?

Tester yang terlibat dalam “TOP 1 Journey, Riding Experience” selama 4 bulan lebih terdiri dari 12 klub/komunitas pemakai motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Dari klub/komunitas Honda antara lain HBC (Honda Beat Club), HRC (Honda Revo Club), HSJ (Honda Supra Jakarta) dan HVC (Honda Vario Club).

Klub/komunitas Suzuki seperti JSC (Jakarta Satria Club) dan NSC (New Shogun Club). Dari Yamaha terdiri dari JMC (Jakarta Mio Club), KCDj (King’s Club Djakarta), JJC (Jakarta Jupiter Club) dan MCD (Mio Club Depok). Dari Kawasaki diwakili KANIBAL (Kawasaki Ninja Banten Lion). Dan terakhir adalah komunitas roda dua di forum Otomotifnet.com yaitu OMR (Otonetters Moto Rider).

Umumnya mereka sangat puas dengan performa oli sintetik TOP 1 Action Matic dan merasakan perbedaan yang jauh lebih baik dibanding menggunakan oli merek lain. Para Tester makin yakin setelah melihat secara langsung kondisi jeroan mesin Honda BeAT dan Yamaha Mio tetap kondisi bagus setelah secara periodik menggunakan oli TOP 1.

Dengan oli TOP 1 Action Matic 10W-30, tarikan Honda BeAT serasa lebih gesit dan responsif,” urai Mugi, dari HBC yang melakukan tes dalam perjalanan turing Jakarta-Lampung. Berbeda lagi dengan Cici sang ketua JSC, “Meski cuma mencoba dua hari, saya merasakan BeAT dengan pelumas TOP 1 Action Matic terasa lebih ngacir dibandingkan dengan BeAT saya di rumah. Padahal motornya sama-sama baru loh, cuma beda olinya doang.”

Pendapat lainnya disampaikan Abdurrahman dari MCD yang menggunakan Mio. “Awalnya ingin melakukan pengetesan dengan cara atraksi freestyle. Tapi batal karena tidak menambah jumlah kilometer. Akhirnya kami jajal ke Anyer. Dan saya salut, karena performa oli tetap tidak drop kendati digeber habis-habisan di sepanjang jalan.”

TURING JAKARTA – PUNCAK, TUTUP TOP 1 JOURNEY 2010

TOP 1 Journey Riding Experience ditutup dengan melakukan turing bareng bersama 12 klub yang terlibat dalam pengetesan ini. Rutenya dari kantor redaksi OTOMOTIFNET.com (Kebun Jeruk, Jakbar) menuju Via Renata Resort di kawasan Puncak, Bogor, pada Sabtu (18/12) 2010 lalu.

Dalam acara penutupan tersebut, semua peserta terlihat bersenang-senang. Mulai dari beraktifitas outbound, berenang hingga mendapatkan pengetahuan seputar pelumas dari pihak Technical Support TOP 1.

Pada kegiatan ini dilangsungkan juga belah mesin dua skutik yang digunakan selama pengetesan dan pengundian hadiah lomba foto. Acara ini dilangsungkan selain untuk membuktikan kualitas TOP 1 Action Matic, juga diselenggarakan dalam rangka menjalin kekerabatan antar ke-12 Komunitas Motor yang ada di Jabodetabek, sehingga tali silahturami antara para Bikers semakin erat dan membawa sesuatu yang positif.

Wah.. asyik juga tuh. Kalau gitu kapan nih giliran klub/komunitas otomotif lainnya? Gimana caranya kalau mau ikutan jadi tester?

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Sekilas TOP 1 Journey Riding Experience

  1. meet_hana says:

    wah ide yang bagus.. jangan lupa journey ridingnya memperhatikan aspek safety.. btw, motor-motor beatnya cakepp

  2. Aank wijaya says:

    ich bingung…
    mau apa yaaa..
    ga usagh sekilas,,semua jha gpp!!!
    wkwkwkwkwk…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *