Piaggio Indonesia di Mal Pacific Place Jakarta

imgp3569-small4 November 2008. Mungkin ini bukan cerita baru, tapi bisa jadi sebuah langkah dan strategi marketing yang pas buat menangkap segmen pasar kelas atas, yaitu jualan motor di dalam shopping mal yang modern.

Inilah strategi baru Piaggio Indonesia. Buka show-room di mal Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD) Complex Jl. Jend. Sudirman Jakarta Selatan. 

Biasanya yang kita sering temui jualan motor di mal hanya bersifat sementara, yaitu antara dua sampai empat hari. Nah, begitu calon konsumen balik lagi, ternyata stand motor yang dicari sudah bubar.

Kalau tidak salah, Harley Davidson dulu pernah membuka showroom di sebuah di mal di kawasan Jakarta Selatan, tapi belakangan sudah tidak kelihatan lagi, apalagi sejak PT Mabua HD Indonesia memusatkan semua penjualan motor HD serta merchandise-nya di outlet resminya.

Piaggio Indonesia dibawah bendera PT Sentra Kreasi Niaga termasuk pendatang baru. Mulai beroperasi pada bulan Desember 2006. Website resmi Piaggio Indonesia: http://www.sunmotor.com/piaggio/

Perusahaan PT Sentra Kreasi Niaga masuk dalam Grup Sun Motor sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pabrikan sekaligus asembling produk legendaris Vespa yang lebih dulu dikenal dengan nama PT Danmotors Vespa Indonesia.

Namun pabrik Vespa Danmotor itu sendiri sampai sekarang masih dikenang, pabrik tua masih berada di kawasan Pulo Gadung Jakarta Timur.

imgp3573-small1PT Sentra Kreasi Niaga resmi menjadi distributor khusus untuk produk ex CBU Brand Scooter Italia khsusnya untuk merek Piaggio.

Selain dari pada menjual produk Scooter Piaggio, perusahaan ini juga melengkapi dengan produk Itali lainnya, yaitu Scooter Gilera dan juga beberapa merchandise assesories motor seperti helm Italy merek AGV.

Cukup menarik berjualan motor di shopping mal. Konsumen melangkah ke dalam mal Pacific Place lantai tiga kini dihadirkan dengan pajangan motor yang berkelas.

Suasana adem, tidak panas, tidak hiruk pikuk, bahkan calon konsumen bebas mengamati secara dekat produk yang dipajang.

Namun demikian, Automall yang berada di samping Mal Pacific Place, sebenarnya sudah lebih dulu menjual berbagai merek moge kelas atas didalam ruangan mal. Antara lain ada moge Harley Davidson, moge Ducati, moge KTM, dan berbagai jenis moge lainnya.

Automall sejak dulu memang sudah full-aircon, dan lokasi ini pun sesuai namanya khusus menjual aneka ragam automotive roda empat dan roda dua yang khusus ada didalam mal. Automall bahkan melengkapi penjualan asesories yang sudah dikenal masyrakat luas, antara lain produk Italy merek GIVI.

Biasanya publik datang ke mal hanya ingin jalan-jalan, selain itu mereka datang untuk sebuah appointment, meeting, dating, lunch, dinner, hang-out, hingga nonton bareng, tetapi yang namanya window shopping biasanya tak pernah dilewatkan.

Apalagi pada jam-jam istirahat makan siang, biasanya Pacific Place kerap dikunjungi oleh para pegawai yang bekerja di gedung-gedung bertingkat sekitar Jl. Jend. Sudirman. Para karyawan memang perlu refreshing melangkah masuk ke area shopping mal untuk cuci-mata.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika berjualan motor di dalam mal dan motor bisa dipajang di dalam toko yang resmi. Sekaligus berjualan aneka merchandise, maka hal ini akan jadi lebih menarik bagi para pengunjung mal. Pelan tapi pasti, yang namanya ‘prospek’ pasti ada.

Paling tidak ‘marketing and brand-awarness‘ untuk sebuah produk dan merek bisa tercapai.

Soal keseriusan calon pembeli membuat transaksi, apakah ‘deal‘ atau tidak adalah hal nomor dua. Yang penting ‘kenyamanan’, dimana calon konsumen bisa membawa teman, sang-pacar, atau istri.

Bisa juga bagi yang lagi ‘PDKT’ ama calon pacar boleh-boleh saja mengumbar ‘seribu janji’ dengan motor yang lagi di pajang.

Apa yang diharapkan oleh konsumen dengan membawa teman maupun pasangan di tempat yang nyaman, apalagi tempat favorit setidaknya bisa memberikan masukan. Kalaupun menemui kesulitan, di mal selalu ada tempat buat mojok sekaligus untuk membuat rayuan. Katanya sih one stop dating. 🙂

Piaggio Space, Pacific Place 3-08, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Telp. 5797-3376

CATALOGUE PIAGGIO INDONESIA 2008

Informasi mengenai “Sejarah Vespa”, bisa di baca melalui weblog dibawah ini:

Garasi Eko Banana Blog: Sejarah Vespa

Maulana Suger Blog: Sejarah Vespa

The End.

Please follow and like us:

21 thoughts on “Piaggio Indonesia di Mal Pacific Place Jakarta

  1. akmal eky says:

    Another outstanding report from Bro Stephen, ampuuuun, ampuuuuuuuun…

  2. Mantap reportnya.
    Baru beberapa hari yang lalu mampir showroom tersebut untuk liat2. Daridulu lumayan naksir MP3

    sedikit koreksi, mabua (Harley) masih punya outlet resmi di PIM 2 sampai sekarang.

  3. yep!!! outstanding reports.
    Rata2 motor yg ditampilin Bro stephen bikin mupeng abidsss…(Ducatinya jg.hehehe…)

  4. i’m speechless…
    one step behind…hikshikss (nangis meratapi nasib)…
    salut lah reportnya…

  5. boleh minta paket cicilan harganya?thx

  6. gue naiksir yg 82 jt tuh. Bro 10 HRB bisa Dicicilenggak tuh

  7. aria irawan says:

    numpang tanya nih…! katanya vespa px 150 yang baru masih di pasarkan di sini yah. bener ga sih tuh kalo bener berapa harganya trus belinya dimana ya…? thanx

  8. @ aria irawan,
    Sorry, tdk punya info lengkap tentang pertanyaan anda. Sebaiknya langsung aja hubungi:

    PIAGGIO INDONESIA
    PT SENTRA KREASI NIAGA/DUTA PUTRA SUMATERA
    Jl. Slamet Riyadi No. 6
    Jakarta Timur
    Telp. (021) 8518888
    http://www.sunmotor.com/piaggio/

  9. Riza P Latief says:

    Selamat siang Bang.

    Aku punya husqvarna 125 cc. tolong infokan bengkel resmi Husqvarna.
    Tq

  10. sekedar saran aja, gimana di blog ini ditambahin sejarah munculnya vespa, dari pendiri sampai jenis-jenis vespa, jadi bisa buat referensi untuk para scooteris Indonesia.

  11. @adam,
    lagi di cari2 dulu nih..
    maksudnya dikumpulin dulu,
    soalnya yg gw dapat banyak versi..
    bingung aja mana yg paling bener.. 🙂

  12. Salam kenal, Mas Stephen. Mas Stephen, Mas sndri seharihari mgunakan spda m0tor? itu gambar yg d atas, Mas nunggang spda m0tor apha? Terima kasih, ya, Mas Stephen ….

  13. Ismail pake ET 2001 silver, sekarang lagi nyari box ET + crashbar….belum ketemu

    Piaggio Pacific bisa bantu info nggak ya ?

    Thanks sebelumnya

  14. widyantoro says:

    salam kenal pak stephen, sbg info bhw akan diadakan Kontes Vespa “Jakarta Scooter Park” di TMII, Minggu, 26 Juli 2009, acaranya Jual – Beli Scooter, Kontes Scooter, Hiburan dan Bursa Accessories Scooter, Kami sbg Komunitas Fanatik Scooter Indonesia mohon kalau bisa bergabung ke acara tsb, sbg contact person event adalah sdr.Herry (021-9163 4597), sdr.Joko Bromo (021 6873 9543), besar harapan kami bisa menyambung tautan sejarah teknologi scooter internasional sejak 1945 – kini. See You There !

  15. sy bisa info fly 150 apa perbedaan nya dengan fly 125, kalau bisa minta di email ke
    ferymusa@yahoo.com

  16. bisa g ya ply setara matik yg ad di kita,,,,,, coba dech… moso org cina aj bisa ko..!!

  17. Hendro Budiharjo says:

    Bro. ada kabar gembira niy…
    Di kawasan Arteri Pondok Indah ada Ruko yg Di Jual dan pas untuk di jadikan Showroom Piaggio & Vespa. Ukuran LT/LB 8 x 28 / 600, 4 Lantai, Lokasi SANGAT STRATEGIS, di apit oleh showroom Mobil Hammer & Toko Kue HARVEST.
    Mudah2an Piaggio bisa hadir di kawasan Elite ini.

    Hubungi:
    Century21 Gracia
    Jln. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Inda) no 8c Jaksel.
    021-91651281
    0812 8949 3092

  18. Piaggio Indonesia urus Aprilia juga, khan?

  19. sy mau tanya tempat yang jual merchandise vespa piaggio di jakarta, dimana ya? thanks

Leave a Reply